Mahasiswa Punya Identitas

Posted Mon, Sep 2, 2024.

By Akwilla Immanuel.
Edited by Servina Viviene.


 
“Kumpul dulu kumpul, foto KTM-nya bikin story Instagram!
Proses Orientasi Mahasiswa Baru UMN 2023. (Sumber: Dokumentasi pribadi)

 

Ayo ngaku! Hal wajib dilakukan setelah sah jadi mahasiswa dan dapat KTM alias Kartu Tanda Mahasiswa.

Menurut kalian, apa yang paling ditunggu-tunggu setelah rangkaian Orientasi Mahasiswa Baru (OMB)? Main handphone di kelas, pakai almamater dan berpakaian bebas, atau pakai KTM kemana-mana biar kayak anak organisasi?

Ultimafriends, setelah ngelewatin rangkaian ospek itu rasanya lega ya, apalagi saat sah dapat KTM dan dicap sebagai mahasiswa baru atau maba. 

Ngomongin KTM sekarang banyak banget yang sudah lupa sama kalung identitas yang seharusnya dipakai saat berada di lingkungan kampus. Padahal di kampus sudah ada aturan untuk selalu memakai KTM.

Sebenarnya ada yang tahu enggak sih kenapa kita harus menggunakan KTM di kampus?  “Menurut aku, KTM difungsikan sebagai tanda bahwa kita merupakan mahasiswa UMN sehingga jika ada sesuatu yang tidak diinginkan dapat diketahui bahwa kita adalah mahasiswa UMN,“ kata Joshua Hasbi, Anggota BEM Generasi ke-14.

Jangan sampai enggak pakai KTM ya dek ya! (Sumber: Dokumentasi pribadi)


Ultimafriends, ingat ya pakai KTM itu sama saja seperti kita menghargai kampus. KTM juga menjadi identitas kita dan tanda bahwa kita bagian dari kampus. 

Untuk maba dan lo semua yang sudah senior, jangan lupa digantungin di leher KTM-nya kalau lagi di kampus!

Ngomongin
identitas, bikin overthinking ya, Ultimafriends? Pastinya Ultimafriends punya ketakutan saat kalian memulai perjalanan di lingkungan baru. Biasanya,  ketakutan maba itu enggak punya teman dan takut enggak bisa ngikutin  mata kuliah dengan lancar.

Pada dasarnya, maba sering banget mengalami fase sulit, seperti pada awal semester, maba mengalami kecemasan, struggle, dan overthinking tentang akademik. Belum lagi ketakutan tentang pencarian jati diri.

Selain itu, biasanya setelah 2-3 bulan mulai muncul perasaan salah masuk jurusan karena enggak  sesuai sama passion kalian dan terpaksa ngikutin mimpi orang tua. Sebenarnya, enggak ada yang salah kok, Ultimafriends.

Passion itu berbeda dengan reality, tapi pasti ada cara untuk menemukan jalan. Tenang saja Ultimafriends, berikut cara yang bisa dilakukan untuk menemukan jati dirimu!

1. Identifikasi diri
 
Ultimafriends bisa mulai dari diri sendiri. Lo harus bisa mengenali siapa lo sebenarnya. Contohnya, kenali nilai dan prinsip hidup yang Ultimafriends percayai, seperti kejujuran, bertanggung jawab, kedisiplinan, dan pantang menyerah. 

Ultimafriends cukup berusaha dan fokus terhadap apa yang lo suka serta inginkan. Di samping itu, lo harus memiliki komitmen dan tujuan hidup untuk menghasilkan kebiasaan baik yang menjamin masa depan lo. Ultimafriends juga harus mampu terbuka terhadap masukan yang positif demi perkembangan diri.

2. Mencari komunitas yang sehat
Aktif mencari kelompok atau organisasi yang sejalan dengan visi misi Ultimafriends ya! (Sumber: Dokumentasi pribadi)
 
“Berteman dengan penjual minyak wangi, kamu akan terkena wanginya;
berteman dengan pandai besi, kamu akan terkena asapnya.”

Yup, Ultimafriends benar sekali pepatah di atas menjelaskan bahwa siapa teman kita akan menentukan masa depan kita.

Saat berada di titik terendah, komunitas dan pertemanan yang sehat akan menopang serta mengerti bagaimana cara membangkitkan kita.

3. Mengejar mimpi
 
“Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang,” pepatah dari Ir. Soekarno.

Ultimafriends, untuk menggapai mimpi memang butuh kesetiaan, kegigihan dan pengorbanan yang besar.  Tetaplah fokus dan bertahan pada tujuan hidup. Jangan pernah Takut dan berkata “tidak bisa!” 

Segala sesuatu bisa dicintai saat lo sudah cinta, tidak terasa lo dapat mempelajari dan menjalaninya dengan mudah. Dalam proses, kegagalan tidak ada yang salah, yang salah adalah orang yang tidak mau mencoba dan belajar dari kesalahan.


 

Latest Posts

Featured Image

Selain Keputusan, Inilah Aktivitas yang Bisa Kamu Selesaikan dalam Satu Hari

LIFESTYLE Fri, Aug 23, 2024
Featured Image

Saatnya Membuka Lembaran Baru dan Bermimpi!

LIPUTAN Mon, Aug 19, 2024
Featured Image

Peresmian Multimedia Nusantara School

LIPUTAN Tue, Aug 6, 2024
Featured Image

We The Fest: 10 Tahun Membudaya

LIPUTAN Fri, Jul 26, 2024
Featured Image

Soundsfest 2024: Mempersiapkan Keseruan yang Tak Terlupakan

LIPUTAN Fri, Jul 26, 2024

VIEW MORE