“Exhuma”: Kulik Sejarah Panjang Korea dan Jepang

Posted Sat, Mar 16, 2024.

By Servina Viviene.
Edited by Servina Viviene.


Hayo siapa di antara Ultimafriends yang sudah nonton film “Exhuma”?
Iya bener, film yang ada Lee Dohyun dan Kim Goeun! 
Dijamin Ultimafriends yang ngefans dengan hiburan Korea enggak asing lagi deh sama film satu ini.

 
Kim Goeun dan Lee Dohyun dalam poster karakter "Exhuma". (Sumber: Hancienma)
 
Bagi Ultimafriends yang belum nonton, tenang saja reporter enggak akan cerita banyak tentang keseluruhan filmnya. Tapi ada satu hal unik yang reporter tangkap dari dalam filmnya.

Selain kemampuan akting dari setiap aktornya yang enggak usah diraguin lagi dan sinematik cantik yang dipersembahkan sama sutradara, tetapi ada luka sejarah panjang yang mau diceritain di sini. 

Di balik cerita horor yang mau disampein, pembuat film ini juga berusaha untuk munculin sisi okultisme atau kepercayaan terhadap hal-hal gaib yang bisa dikendalikan oleh manusia. Jadi bisa dibilang, film ini lebih dari film horor biasanya.

“Exhuma” berusaha mengangkat sejarah kelam perang Korea dan Jepang yang terjadi sekitar abad ke-16 nih Ultimafriends. Siapa yang baru sadar kalau secara tidak langsung film ini ngebahas tentang sejarah? Tapi pastinya  in a very good way biar penonton enggak bosen ya!

 
Perang Imjin yang terjadi di Korea pada 1592-1298. (Sumber: Wikimedia Commons)
 
Perang itu juga dikenal dengan Perang Imjin yang terjadi sekitar 1592 sampai 1598. Nah, awalnya Jepang hanya mau melawan Dinasti Ming di Cina, tetapi Korea jadi kena imbasnya karena letak negara yang berada di tengah-tengah. Jadi, Korea harus ikut-ikutan karena posisinya butuh dilewatin oleh negara yang lagi perang itu.

Awalnya Jepang mau ngelawan Cina dengan melewati Korea, tapi masalahnya hubungan Jepang dan Korea sudah tidak begitu baik. Di sisi lain, hubungan antara Korea dan Cina masih terjaga dengan baik. Makanya, enggak mungkin Korea membiarkan negara lawan yang mau nyerang sekutunya dong!

Tujuan utama Jepang sebenarnya untuk menguasai Cina. Namun, karena mengalami hambatan dari Korea di tengah rencananya, akhirnya Jepang memperluas strategi dengan menguasai Korea terlebih dahulu. 

Jepang melancarkan invasinya ke Korea. Nah, di masa itulah muncul banyak samurai perang Jepang. Kalau yang ada di dalam cerita “Exhuma”, berbentuk sebagai kaisar atau mungkin Ultimafriends pernah dengar dengan sebutan Shogun. 

Yup, Shogun atau Panglima Tertinggi Jepang yang punya keahlian menghabisi lawannya pertama muncul di akhir abar ke-7. 

 
Ilustrasi Shogun atau Panglima Tertinggi Jepang. (Sumber: KURT ISWARIENKO)
 
Sesuai yang sudah reporter sebut, Jepang melakukan invasi ke Korea beberapa kali. Invasi pertama Jepang pada 1592 di Busan, Korea. Saat itu, Korea tidak begitu memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi serangan Jepang. Intinya terjadi pembantaian besar-besaran di sana. 

Namun, hebatnya setelah itu Korea berhasil menyusun strategi untuk comeback dengan lebih kuat. Saat itu dipandu oleh Laksamana Yi berhasil menyusun strategi yang bisa membalas kengerian serangan dari Jepang. 

Dengan persiapan dari segi sumber daya manusia, strategi, hingga senjata perang, Korea mampu bangkit di invasi kedua pada 1597. Mendapat bantuan dari pasukan China, akhirnya Korea berhasil memukul mundur tentara Jepang. 

Akhirnya, pasukan Jepang dipanggil mundur untuk meninggalkan daerah Korea. Jepang pulang tanpa hasil dan itulah yang membuat hubungan antara Korea dan Jepang masih tidak baik hingga saat ini.

Menarik banget ya, Ultimafriends! Ketika tanpa disadari kita jadi belajar sejarah cuma melalui film horor yang sebenarnya punya tujuan untuk menghibur. 

Gitu deh Ultimafriends, kalau yang sudah nonton dan jadi penasaran dengan sejarah yang melatarbelakangi cerita perang Korea dan Jepang di film tersebut.

 
Choi Minsik dan Yoo Haijin yang ikut berperan di dalam "Exhuma". (Sumber: YONHAP News)
 
Karena film ini beda dengan film horor lainnya. Ada sensasi sejarah, okultisme, dan treatment baru dalam  menyampaikan cerita horor kalau dibandingkan dengan film lainnya. 

Nah, makin penasaran enggak tuh?

Kalau Ultimafriends masih ragu mau nonton atau enggak, reporter 100 persen nyaranin untuk langsung sekarang juga ke bioskop mumpung masih diputar ya. Tonton dan nikmati “Exhuma” yang berasa kayak lagi nonton karya seni dengan visual yang juara!

 

Latest Posts

Featured Image

Mendadak Jadi Keluarga Cemara

KEPAYANG PENASARAN Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Berbuka dengan Senyuman: Pilih Makanan yang Beriman

SEPORSI Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Putus Cinta: Mending lakuin ini!

LIFESTYLE Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Maksimalkan Potensi Untuk Hari Penuh Ambisi

CAMPUS TALK Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Koma Berulang: Kita Rayakan Menang

Sat, Dec 23, 2023

VIEW MORE