MIXTAPE: KADO SEDERHANA UNTUK MERAYAKAN LAHIR

Posted Fri, Mar 17, 2023.

By Lungayu Endahrum.
Edited by Lungayu Endahrum.


“Duh, gua harus beliin kado apa ya buat dia?”

Ultimafriends, pernah enggak sih lo kepikiran pertanyaan itu?

Pertanyaan yang selalu menuhin kepala, setiap ada orang terdekat yang mau merayakan ulang tahun. Feels like there’s nothing comes up in our mind when it comes to deciding what to give. Belum lagi, masih dihadapkan pada dua pilihan; kasih kado yang bisa dibeli di toko atau yang bisa kita buat sendiri?

Eits, jangan bingung dulu, Ultimafriends. Actually, there’s a way to combine both gifts, yaitu sesederhana dengan kasih song playlist sebagai kado!

Lo pasti bertanya-tanya kan, Ultimafriends, how can a playlist be a suitable gift.


Welcome to (not really) history 101!
Ide untuk kasih kumpulan lagu sebagai hadiah, marak banget di tahun 90-an, loh, Ultimafriends! Pada masa itu, lagu-lagu bakal dikumpulin ke dalam sebuah mixtape. Sebelum lo makin bertanya-tanya, mixtape itu adalah kumpulan lagu yang disalin ke sebuah media. Salah satu media yang paling populer untuk bikin mixtape adalah kaset pita.

There's always a mixtape for every ocassion! (Foto: Pinterest)
There's always a mixtape for every ocassion! (Foto: Pinterest)
Nah, pada masa itu, mixtape jadi salah satu hadiah andalan untuk dikasih ke orang-orang spesial. Karena, isinya adalah lagu-lagu pilihan dari si pembuat mixtape. Simple-nya, mixtape adalah surat dalam bentuk kumpulan lagu gitu, deh, Ultimafriends!

What a simple yet thoughtful gift, ya!

Enough with the history thing, deh, Ultimafriends. Daripada nanti lo ketiduran karena berasa lagi dengerin dongeng!

Proses bikin mixtape bisa dibilang cukup ribet, sih, Ultimafriends. Luckily, kita ada di zaman digital dengan hadirnya platform streaming musik yang maha mudah itu!

Platform streaming menyediakan fitur playlist yang memungkinkan kita untuk mengumpulkan lagu-lagu pilihan ke dalam satu folder. Konsepnya mirip-mirip mixtape, tapi jauh dari kata ribet!

Simple, yet sweet (Foto: Lungayu Endahrum)
Simple, yet sweet (Foto: Lungayu Endahrum)
So, it’s true what people say, that playlist is a way to express our feeling. Bikin makin yakin kalo playlist adalah kado ulang tahun yang tepat banget ya, Ultimafriends!

Lo bisa bikin playlist yang isinya lagu-lagu pilihan yang menggambarkan perasaan lo ke seseorang. Selain itu, lo juga bisa isi playlist-nya dengan lagu-lagu yang berisi doa dan harapan lo ke orang tersebut.

Biar kerasa lebih afdol, here are some songs about birthday yang bisa jadi referensi isi playlist lo!


Baangka – Biru Baru
Diambil dari bahasa Manado, “baangka” punya arti “berangkat”. Sama seperti ulang tahun, yang berangkat menuju satu tahun yang baru dalam hidup. Ditambah dengan kalimat pertama di lagu ini, “Selamat datang di hidup yang baru”, bikin lagu ini makin cocok dipakai sebagai ucapan ulang tahun sekaligus harap dan doa.


Stars Colliding – THE CHARM PARK
Lagu ini penuh dengan kalimat-kalimat harapan untuk seseorang yang lagi menyambut satu tahun baru dalam hidupnya. Lirik lagunya benar-benar terasa hangat dan tulus, misalnya pada kalimat “A new year, you see the world for more than they’d appear” atau “I hope you make the best of you from here”. Meskipun di lagu ini enggak ada ucapan ulang tahun secara langsung, tapi lagu ini tepat banget untuk dipakai sebagai birthday wishes.


Happy Birthday To You – JOY
Tanpa perlu banyak penjelasan, lo pasti tau kalau ini adalah lagu tentang ulang tahun. Meskipun hampir keseluruhan liriknya menggunakan bahasa Korea, bukan berarti makna dari lagu ini jadi hilang. Lagu ini menceritakan betapa bersyukurnya seseorang atas kelahiran seseorang yang lain dan bagaimana seseorang tersebut hadir dalam hidupnya.


Better Days – Elephant Kind
Dengan begitu mentah, lagu ini mau bilang bahwa meskipun kita udah ada di fase dewasa, bukan berarti api dalam diri kita, enggak boleh menyala dengan berani. Bukan berarti juga, kita enggak boleh punya mimpi yang tinggi kaya waktu kita masih kecil. Kalaupun ada hal-hal yang kurang menyenangkan, pasti bakal tetep ada sesuatu yang baik buat kita, entah hari ini atau besok. Cocok banget, deh, buat bikin temen lo yang lagi ulang tahun, semangat lagi buat menyambut umur yang baru!


Flags – Coldplay
Dipenuhi dengan banyak figur-figur yang dianggap penting, melalui lagu ini, lo bisa banget mengingatkan seseorang kalau mereka enggak perlu jadi figur-figur tersebut untuk kasih pengaruh baik ke hidup lo. Apalagi kalimat “And I just love you for yourself” diulang berkali-kali untuk makin memperkuat pesan di lagu ini. Di hari ulang tahun seseorang yang spesial, penting untuk ngingetin mereka untuk tetap jadi diri sendiri and this song describes it well!

Layaknya mixtape, playlist bisa jadi kado yang terasa personal. Esensinya sebagai salah satu pengganti surat, bikin playlist jadi sesuatu yang spesial. Selamat menyelami lagu-lagu untuk mengungkapkan perasaan ya, Ultimafriends!



Latest Posts

Featured Image

Ketipu dengan Duit Rp50 ribu di UMN?

MEDIA RELEASE Fri, May 10, 2024
Featured Image

Semangat dan Kekuatan dalam Dukungan Erat Orang Tua

LIPUTAN Tue, Apr 30, 2024
Featured Image

“Exhuma”: Kulik Sejarah Panjang Korea dan Jepang

ENTERTAINMENT Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Mendadak Jadi Keluarga Cemara

KEPAYANG PENASARAN Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Berbuka dengan Senyuman: Pilih Makanan yang Beriman

SEPORSI Sat, Mar 16, 2024

VIEW MORE