Maksimalkan Potensi Untuk Hari Penuh Ambisi

Posted Sat, Mar 16, 2024.

By Priscilla Victoria.
Edited by Servina Viviene.


Aduh pusing, capek, stres, enggak mau kuliah, mau cepat lulus aja…
Dengar-dengar sekarang Ultimafriends lagi pada stres banget nih…
Memangnya ada apa sih? Kok pada ngeluh terus akhir-akhir ini?
Eits, ternyata sebentar lagi Kampus UMN mengadakan UTS mulai 18-26 Maret 2024. 
Nah, Ultimafriends sudah pada nyiapin apa saja buat UTS nanti? 
 
Belajar saja enggak cukup loh ternyata. Berikut ini adalah beberapa tip yang bisa diikuti oleh Ultimafriends agar hasil UTS-nya memuaskan:
 
Catat semua materi dosen
Catat dengan baik materi dari dosen! (Sumber: Thinkstock)
Siapa nih Ultimafriends yang suka tidur di kelas atau main handphone mulu kerjaannya? Hayooo pasti banyak kan...
Kalo di kelas kerjaannya gitu doang sih bisa di mana saja. Sayang kan kalo datang ke kelas cuman buat tidur atau main handphone doang tanpa manfaat apa pun. Simak materi yang dijelaskan oleh dosen baik-baik dan jangan lupa untuk catat!
Nah, kalo gitu kan materinya jadi lengkap dan Ultimafriends bisa dengan mudah belajar untuk UTS.
 
Tanya materi yang belum dipahami
Biasanya sih kebanyakan Ultimafriends yang lagi kuliah bawaannya pengen cepat selesai saja kelasnya. Mau paham atau enggak yang penting buruan deh pulang. Betul apa betul?
Ultimafriends, ternyata kalo kuliah cuman untuk absen saja sia-sia tahu. Apalagi waktu dosen sudah menjelaskan panjang lebar, tapi tetap saja enggak paham. Nanya ke teman pun kadang mereka juga enggak paham dengan materi yang disampaikan. Ultimafriends daripada bingung mending langsung saja tanya ke dosen saat kelas berlangsung atau pun setelah selesai kelas. Dengan begitu, dijamin deh Ultimafriends lebih siap untuk menghadapi UTS.
 
Pelajari dan ulangi sendiri materi yang sudah dijelaskan di kelas
Siapa nih Ultimafriends yang kalo belajar cuman dengarkan dan lupakan? Apalagi kalo sudah capek banget bawaannya pulang langsung pengen main atau tidur.
Boleh-boleh saja sih, Ultimafriends...
Namun, lebih baik setelah melakukan semua aktivitas seharian, jangan lupa untuk baca kembali materi yang diberikan di hari yang sama ya!
 
Mengatur waktu
Masa muda memang adalah masa yang paling menyenangkan. Ultimafriends pasti lebih banyak main di luar dan mengeksplor banyak hal sama teman-teman. Namun, waktu mendekati UTS, Ultimafriends harus pintar mengatur waktu. Jangan sampai karena terlalu banyak main di luar sampai lupa waktu untuk belajar dan nilai UTS nya jelek!
Ultimafriends juga pasti enggak mau kan?
Jadi, yuk kurang-kurangin main di luarnya dan tingkatkan kemampuan time management untuk menyusun kembali prioritas Ultimafriends!
 
Istirahat yang cukup
Tidur yang cukup menjaga fokus Ultimafriends! (Sumber: iStockphoto)
Belajar yang rajin buat nilai UTS itu penting banget, Ultimafriends. Namun, sekarang banyak banget Ultimafriends yang cara belajarnya Sistem Kebut Semalam (SKS). Kebiasaan belajar seperti itu sebaiknya dihindari karena akan mengganggu jam tidur, Ultimafriends. Selain itu, kurang tidur akan membuat tubuh menjadi lemas dan tidak dapat berpikir jernih besok paginya ketika mengikuti UTS. Jadi, lebih baik mulai dari sekarang nyicil buat belajar dan ulangi semua materi yang sudah diberikan oleh dosen ya, Ultimafriends.
 
Beberapa langkah di atas penting untuk mendapatkan nilai UTS yang memuaskan. Jika bingung harus menerapkan kelima hal tersebut, Ultimafriends bisa memulainya secara bertahap. Dari langkah pertama dulu dijalankan konsisten, kemudian baru memulai yang kedua dan begitu seterusnya. Saat semuanya sudah dilakukan secara teratur, semuanya akan terasa ringan kok, tenang saja. Ultimafriends jadi lebih siap dan tenang menghadapi UTS.
 
Semangat UTS and keep up the good work ya Ultimafriends!

Latest Posts

Featured Image

Ketipu dengan Duit Rp50 ribu di UMN?

MEDIA RELEASE Fri, May 10, 2024
Featured Image

Semangat dan Kekuatan dalam Dukungan Erat Orang Tua

LIPUTAN Tue, Apr 30, 2024
Featured Image

“Exhuma”: Kulik Sejarah Panjang Korea dan Jepang

ENTERTAINMENT Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Mendadak Jadi Keluarga Cemara

KEPAYANG PENASARAN Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Berbuka dengan Senyuman: Pilih Makanan yang Beriman

SEPORSI Sat, Mar 16, 2024

VIEW MORE