MAHASISWA: BUKAN SISWA BIASA

Posted Mon, Aug 15, 2022.

By Lungayu Endahrum.
Edited by Lungayu Endahrum.


“Kalian udah mahasiswa, bukan siswa lagi!”

Ultimafriends, rasa-rasanya belum sah jadi mahasiswa kalau belum pernah denger kalimat itu, ya! Semacam kalimat sakral yang menyambut kita memasuki dunia perkuliahan. Tapi, pernah enggak sih kamu bertanya-tanya, kenapa ada sebutan khusus untuk pelajar di bangku perkuliahan? Kenapa enggak disebut “siswa” aja?

Mahasiswa Menurut Etimologinya
Mahasiswa tersusun dari dua kata, yaitu “maha” dan “siswa”. Menurut KBBI, kata “maha” memiliki arti sangat; amat; teramat; atau besar. Sedangkan, kata “siswa” memiliki arti murid; pelajar. Sehingga, sederhananya mahasiswa memiliki makna, sangat terpelajar. Wajar sih, karena mahasiswa adalah tingkatan terakhir dalam jenjang pendidikan formal.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Alya, mahasiswi Strategic Communication 2021, “Mahasiswa itu istilah buat orang yang lagi nempuh pendidikan di masa kuliah, atau bisa dibilang juga level tertinggi dari seorang pelajar.

Memaknai “Maha” dalam Kata Mahasiswa
Kata “Maha” seringkali identik dengan “Tuhan”. Eits, tapi bukan berarti kita jadi Tuhan atas dunia ya, Ultimafriends!

Seorang mahasiswa diharapkan bisa mengatur dirinya sendiri, sesuai dengan yang diinginkan. Namun, harus tetap bertanggung jawab dengan kehidupan akademisnya, serta tetap sejalan dengan konteks kemasyarakatan dan kemanusiaan.

Hal-hal tersebut membuat mahasiswa memiliki peran yang istimewa, karena seorang mahasiswa memiliki kesempatan dan keleluasaan untuk menerapkan apa yang dipelajari di kelas dan belajar lebih banyak hal lain di luar kelas. Entah dengan berprestasi di bidang non- akademik, belajar bersosialisasi dan berorganisasi, atau memberi hal-hal baik bagi masyarakat. Bahkan bisa aja ketiganya dilakukan dalam satu waktu yang sama, loh!

Alya juga berpendapat kalau mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk belajar hal-hal lain di luar kelas, “Kalo menurut gua, mungkin karena ini jenjang terakhir kita buat belajar dan nambah ilmu sebelum bener-bener terjun ke dunia kerja. Arti kata “Maha” sendiri kan besar, so from my point of view, menjadi mahasiswa itu menuntut kita buat lebih mandiri dan bisa mikir lebih mateng lagi tentang what kind of career we want in the future, ga cuman semata- mata belajar sebagai formalitas selayaknya siswa biasa.

Keistimewan seorang mahasiswa inilah yang membuat kita jadi “Tuhan” untuk diri kita sendiri. Kata “maha” digunakan sebagai sebuah simbol kebebasan dalam menentukan arah dan tujuan hidup. Sembari memberikan hal-hal baik pada orang lain.


Maha Nilai atau Maha Ilmu?
Cari nilai atau cari ilmu?

Perdebatan soal nilai dan ilmu emang enggak ada habisnya ya, Ultimafriends. Di satu sisi, nilai jadi hal yang penting karena nilai lah yang akan tertulis di ijazah nanti. Di sisi lainnya, ilmu juga penting karena ilmu lah yang akan menunjang kemampuan di dunia kerja nanti. Nah, kalau gitu, sebetulnya lebih penting yang mana sih?

Mencari nilai itu sah-sah aja loh, Ultimafriends! Asal dilakukan dengan cara yang fair dan merupakan hasil usaha sendiri. Seorang mahasiswa juga punya tugas untuk bertanggung jawab atas pencapaian akademisnya, yang tercermin dari IPK-nya.

Nah, tapi enggak berhenti di situ. Capaian nilai juga harus diimbangi dengan penguasaan ilmu. Karena, sebagai seorang mahasiswa, penting banget untuk bisa memaknai apa yang dipelajari dan mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Bukan tanpa alasan kita disebut “mahasiswa” dan bukan hanya “siswa”. Dengan seluruh kebebasan yang dimiliki, kita punya banyak kesempatan untuk belajar, tentang diri sendiri, juga hal-hal di sekitar kita. Menjadi terpelajar dan tetap memanusiakan manusia. Pada akhirnya, sama seperti banyak hal di bumi, mencari nilai dan mencari ilmu harus seimbang ya, Ultimafriends!

Latest Posts

Featured Image

Ketipu dengan Duit Rp50 ribu di UMN?

MEDIA RELEASE Fri, May 10, 2024
Featured Image

Semangat dan Kekuatan dalam Dukungan Erat Orang Tua

LIPUTAN Tue, Apr 30, 2024
Featured Image

“Exhuma”: Kulik Sejarah Panjang Korea dan Jepang

ENTERTAINMENT Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Mendadak Jadi Keluarga Cemara

KEPAYANG PENASARAN Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Berbuka dengan Senyuman: Pilih Makanan yang Beriman

SEPORSI Sat, Mar 16, 2024

VIEW MORE