Koma Berulang: Kita Rayakan Menang

Posted Sat, Dec 23, 2023.

By -.
Edited by -.


UMN Radio Gen 12 berakhir. Apakah ini akhir dari cerita kita?
Sebelum makin sedih, let’s take a look back perjalanan panjang yang terasa sekejap ini ya, Ultimacrews! Enggak perlu berlama-lama lagi, let’s dig up semua hasil kerja keras Gen 12, ya!

Media Affairs
Penonton video akun TikTok @umnradio tembus satu juta. (Sumber: TikTok @umnradio)
Penonton video akun TikTok @umnradio tembus satu juta. (Sumber: TikTok @umnradio)
“Tahun ini berhasil memecahkan rekor views TikTok selama UMN Radio berdiri,” jelas Carla sebagai anggota divisi Media Affairs. Yup, seperti yang bisa Ultimafriends lihat sendiri penonton video TikTok di akun @umnradio beneran pecah banget! Dua juta penonton menjadi pencapaian terbaik selama perjalanan akun TikTok UMN Radio dibuat. Pencapaian ini tentunya berasal dari ide-ide cemerlang Ultimacrews dalam menciptakan konten yang menghibur penonton.

Producer
Program, kalau kata orang-orang menjadi ujung tombak dari UMN Radio. Di balik itu, tentunya tidak asing dengan segudang lika-liku yang mewarnai hari-hari Producer. Mengudara terus selama dua paruh, dari Senin sampai Jumat semuanya berkat Produser-produser keren di UMN Radio Gen 12.
“Kita semua bener-bener ngedukung satu sama lain,” ujar Rivan, salah satu Producer yang enggak muluk-muluk. Bagi Producer, ketika semua program bisa berjalan dengan minim permasalahan selama setahun menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Terutama ketika seluruh anggota divisinya bisa saling mendukung dan menjaga profesionalitas dalam bekerja.

IT & Website
Mungkin ini menjadi terkesan seperti rahasia dapur, kalau website UMN Radio pernah mengalami sedikit kendala. Tapi, berkat tangan ajaib teman-teman Divisi IT & Website, semuanya berhasil dibereskan dalam waktu kurang lebih 3 minggu! Untung saja cepat tertangani dan jadwal on air tidak terganggu. Memang seperti pesulap sih, divisi IT & Website ini!

Maintenance
Studio UMN Radio enggak bisa berjalan kalau bukan karena bantuan dari Maintenance. Ibaratnya, merekalah penjaga studio beserta seperangkat alat tempur siar. Ada yang spesial dari Maintenance Gen 12, yaitu kemajuan perlengkapan yang dimiliki sehingga bisa meningkatkan kualitas audio yang memuaskan bagi Ultimafriends. Jadi, dijamin deh kualitas suara UMN Radio is improving a lot!

Partnership
Partnership juga dengan bangga memperkenalkan berbagai macam hasil kerja sama dengan klien-klien. Target dua paruh berhasil dicapai, bahkan dua kali lipatnya! Apa enggak keren banget nih Ultimafriends? Enggak cuma berhasil deal dengan klien yang luar biasa, tetapi teman-teman Partnership juga berhasil menjalankan semua kerja samanya dengan lancar. Kalau boleh curhat dikit, reporter-reporter sih sampai kebanjiran liputan klien dari Partnership!

Event
Radioactive. Pasti enggak asing di telinga Ultimafriends deh! Tapi, pada tahu enggak siapa orang-orang hebat di baliknya? Jawabannya adalah Divisi Event! Mulai dari yang ngonsepin acaranya, mempersiapkan segalanya, melaksanakannya di Hari-H, hingga mengevaluasi acara semua diborong oleh teman-temen Event. Membawakan konsep yang segar dan fun menjadi kunci dari kesuksesan Radioactive 2023. Berhasil menghadirkan band ternama Lomba Sihir, 90hp, Laidback Horses, Karaokemon, dan lainnya. Radioactive dihadiri oleh lebih dari 300 penonton yang memenuhi lapangan parkir UMN.

Music Director
Keluarga. Menjadi satu kata yang melebihi segala pencapaian luar biasa Music Director di Gen 12. Ultimafriends dengerin enggak pas Jebung main ke studio untuk siaran Musikalitas? Enggak cuma Jebung, tapi masih ada Syahravi, Vintonic, Alsa Aqilah, dan 40 lebih artis lainnya yang pernah diundang dan datang ke studio UMN Radio untuk siaran. “Dari bond, kita jadi bisa raih lebih banyak achievement,” tambah Helena dari Music Director. Memang kunci kesuksesannya ada di hubungan yang erat antar anggota.

Audio Creative
Siapa di sini yang masih belum pernah buka U-Podcast di Spotify? Hasil kerjanya teman-teman. Audio Creative yang super menarik bikin kita enggak berhenti dengerin, semuanya ada di U- Podcast. Enggak kalah keren, ada 4 episode UMN Radio Drama (URD) yang berhasil diproduksi dan dirilis. Semua episodenya wajib didengerin karena mulai dari menyentuh sampai menegangkan ada! Benar-benar membangun theater of mind pendengar deh. Magis banget semua karya teman-teman Audio Creative.

Digital Creative
Ultimafriends, tahu enggak sih, kalau setiap poster yang muncul di akun Instagram @umnradio itu hasil keringat dan sentuhan teman-teman Digital Creative? Bisa menghasilkan poster setiap minggunya dengan motion graphic betul-betul luar biasa! Menjadi pertama kalinya Divisi Digital Creative Gen 12 berhasil mengunggah television commercial (TVC) program ke Instagram Reels. Lebih mencengangkannya lagi adalah penontonnya yang tembus 100 ribu! Enggak selesai di situ aja, apresiasi kepada Digital Creative juga terpancar dari cakepnya design stiker merchandise. Reporter sih enggak meragukan lagi, stikernya beneran bagus!

Public Relations
Gen 12 ini, Public Relations berhasil menjalin kerja sama dengan Synchronize Radio, loh! Bentuk kerja samanya adalah Ultimacrews mendapatkan kesempatan untuk siaran di radionya Synchronize. Pengalaman ini sangat menyenangkan dan menjadi pengalaman baru yang begitu mengesankan.
Enggak hanya itu, terima kasih sebesar-besarnya kepada Public Relations yang memberikan apresiasi kepada seluruh Ultimacrews di setiap akhir paruh. Kegiatan apresiasi ini disebut UMN Radio Wrapped dan menjadi program kerja yang belum pernah ada sebelumnya. Tujuan diadakannya UMN Radio Wrapped adalah untuk mengapresiasi setiap kerja keras Ultimacrews yang sudah berjuang bersama untuk UMN Radio. Mulia sekali ya Public Relations ini!

Human Resource Development (HRD)
Enggak punya pengalaman dalam suatu bidang tertentu, bukan berarti akan selalu berujung dengan kegagalan. Begitulah yang dibuktikan oleh teman-teman HRD, ketika tidak ada pengalaman bukan menjadi penghambat kesuksesan mereka. Bahkan bagi teman-teman HRD, tidak punya pengalaman dimanfaatkan sebagai tujuan untuk belajar bersama-sama dan malah mempererat satu sama lain.
Setelah melewati berbagai terpaan badai, HRD tetap berdiri kokoh untuk selalu menemani setiap Ultimacrews yang sedang membutuhkan tempat bercerita. Seperti yang Ultimafriends ketahui, HRD bisa menjadi gelas kosong yang kita isi kapan pun dan dalam hal apa pun. Bahkan kalau Ultimacrews masih meragukan kemampuan dirinya, HRD siap membantu memberi pencerahan. Apresiasi luar biasa patut diberikan kepada HRD yang selalu ada untuk setiap Ultimacrews!

Badan Pengurus Harian (BPH)
Terakhir dan yang paling dinanti, jantung dari UMN Radio Gen 12, yaitu Badan Pengurus Harian (BPH). Berjalannya UMN Radio Gen 12 tidak lepas dari kerja sama yang luar biasa antara BPH dan Kabinet. Semuanya bersinergi dan saling mengisi posisinya masing-masing. Menjadi pencapaian tersendiri bagi BPH ketika mimpi studi banding bisa tergapai. UMN Radio akhirnya melakukan studi banding dengan Fourtyfive Radio dan Radio Institut Perbanas FM (IPFM) secara offline!


Mungkin benar Gen 12 tutup buku, tetapi buku jurnal perjalanan ini akan terus dibawa di hati masing-masing Ultimacrews. Enggak mudah untuk mencapai titik perjalanan setahun ini. Segala batu, kerikil, hingga badai sudah pernah menerpa setiap Ultimacrews. Namun, itu yang akan membuat kami semakin kuat dan punya batu loncatan untuk ke depannya.
Selamat Ultimacrews Gen 12, kita berhasil mencapai garis akhir. Satu tahun untuk selamanya ya, Crews.

Latest Posts

Featured Image

Ketipu dengan Duit Rp50 ribu di UMN?

MEDIA RELEASE Fri, May 10, 2024
Featured Image

Semangat dan Kekuatan dalam Dukungan Erat Orang Tua

LIPUTAN Tue, Apr 30, 2024
Featured Image

“Exhuma”: Kulik Sejarah Panjang Korea dan Jepang

ENTERTAINMENT Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Mendadak Jadi Keluarga Cemara

KEPAYANG PENASARAN Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Berbuka dengan Senyuman: Pilih Makanan yang Beriman

SEPORSI Sat, Mar 16, 2024

VIEW MORE