Kepada Yth. Maba: Apa Kabar Kali Ini?

Posted Wed, Aug 23, 2023.

By Lungayu Endahrum.
Edited by Lungayu Endahrum.


“Buka lagi visimu, kau tahu mana urutan satu”

Sepenggal lirik dari lagu “33x” milik Perunggu jadi salah satu kalimat paling tepat untuk menggambarkan tahun-tahun kehidupan sebagai mahasiswa.

Ultimafriends, sebagai Maba mungkin lo merasa overwhelmed dengan hal-hal baru di masa awal perkuliahan. Mention it, OMB, perkenalan fakultas, teman-teman baru, sistem belajar yang baru, dan masih banyak hal lain. Rasa-rasanya semua terjadi dalam sekedip mata.

Di antara banyaknya hal yang harus dihadapi, mungkin seringkali lo berakhir kebingungan mana yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Bahkan mungkin, ketika akhirnya lo berhasil menyelesaikan satu tugas, tiba-tiba ada tugas lain yang berbaris menunggu untuk dikerjakan. Lalu, ketika lo lihat ke kanan kiri, mungkin mulai tumbuh perasaan kalau lo belum mengusahakan sekeras orang lain.

Tenang, kali ini lo enggak sendiri.
Ultimafriends, sepertinya kita semua bisa sepakat bahwa kuliah bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti enggak bisa diselesaikan. Ketika lo merasa sedang ada di titik bawah dalam kehidupan perkuliahan, selalu ingat kalau ada banyak hal kecil yang bisa membuat lo kembali kuat.

Seperti kata Cila, kuliah adalah sesuatu yang harus lo nikmatin pelan-pelan. Ketika lo sudah sanggup menemukan alasan-alasan baik untuk tetap kuat, lo akan bisa dengan jelas melihat pintu keluar untuk semua masalah. You’ll survive, Ultimafriends. Finger crossed!

Enggak bisa dipungkiri, sebagai mahasiswa pasti akan ada masanya lo dibuat kelimpungan menyelesaikan tugas yang datang bersamaan. Untuk itu, lo bisa mencoba untuk membuat to-do-list seperti Maria, supaya lo bisa menentukan mana yang paling penting untuk segera diselesaikan. One step at a time, Ultimafriends!

Don’t be shy, Ultimafriends, raise your hand kalau lo merasa overwhelmed dengan banyaknya pilihan kegiatan di kampus! Tenang, lo akan punya banyak waktu untuk mempelajari masing-masing organisasi. Kalau dalam perjalanannya nanti muncul banyak pertanyaan soal mana yang paling baik dan tepat untuk lo, jangan merasa takut untuk bertanya. Just like what Maria said, the seniors have your back!

Ultimafriends, sebagai Maba, mungkin lo akan merasa dihantam dengan rasa bingung dan kaget di masa-masa awal kuliah. It’s full of surprise, they said.

Tarik napas, Ultimafriends. Ada saatnya lo harus mencoba meletakkan semua pikiran-pikiran ramai di kepala. Anggap hal-hal tadi adalah tantangan dalam petualangan lo. Kalau nanti ada waktunya semua energi lo habis terkuras, silakan ambil waktu untuk istirahat sebentar. Isi bensin dan coba lagi untuk lain hari.

Persis seperti kata Dave, kuliah adalah waktunya lo berpetualang dan menentukan pijakan. Mungkin akan ada beberapa jalan yang terasa buntu, beberapa keputusan yang salah, atau bidikan yang salah arah. But, one thing for sure, masa-masa kuliah memberikan lo banyak kesempatan untuk mencari tahu kemauan diri sendiri dan belajar memecahkan masalah masa depan.

Kindly remember, Ultimafriends, lo enggak harus selalu jadi yang terbaik di antara semua orang. Sebebasnya lo boleh mengarang makna untuk proses pendewasaan. Besok atau hari ini, lo akan selalu jadi pemegang kendalinya. Selamat berpetualang sebagai mahasiswa, Ultimafriends!



Latest Posts

Featured Image

Ketipu dengan Duit Rp50 ribu di UMN?

MEDIA RELEASE Fri, May 10, 2024
Featured Image

Semangat dan Kekuatan dalam Dukungan Erat Orang Tua

LIPUTAN Tue, Apr 30, 2024
Featured Image

“Exhuma”: Kulik Sejarah Panjang Korea dan Jepang

ENTERTAINMENT Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Mendadak Jadi Keluarga Cemara

KEPAYANG PENASARAN Sat, Mar 16, 2024
Featured Image

Berbuka dengan Senyuman: Pilih Makanan yang Beriman

SEPORSI Sat, Mar 16, 2024

VIEW MORE