Yakin Kamu Tau Unit Kegiatan di UMN Ini?

Written by on August 26, 2018

Ultimafriends, memilih tempat yang cocok untuk mengembangkan bakat dan minat kamu mungkin susah-susah gampang, mengingat jumlah satuan kegiatan di UMN juga bisa terbilang tidak sedikit. Untuk itu, hadirlah Maxima, acara tahunan yang ditujukan untuk para mahasiswa baru untuk dapat mengenal UKM, organisasi, komunitas, serta media kampus yang ada di UMN.

You might also wanna read: Fakta-fakta di Balik Meriahnya Maxima 2018

Dari sekian banyak satuan kegiatan di UMN, ada beberapa UKM, media kampus, organisasi yang memiliki banyak anggota. Katakan saja Ultima Sonora, grup paduan suara yang telah mengikuti banyak perlombaan kelas internasional, Rencang yang bergerak di bidang aksi sosial, atau UMN Radio yang menemani ruang dengar kamu dengan menyuguhkan informasi terkini dan menarik.

Tapi di luar UKM-UKM tersebut, ada pula organisasi yang jarang terdengar namun tetap berdampak bagi sekitar. Atau bahkan, sering disalahartikan oleh mahasiswa/i UMN sendiri.

Berikut adalah beberapa organisasi dan UKM yang mungkin belum kamu kenal sebelumnya namun tidak kalah serius dalam mewadahi mahasiswa/i dengan interest masing-masing.

1. USO (UMN Symphony Orchestra)

(Sumber: maxima.umn.ac.id)

Sesuai dengan namanya, USO adalah wadah untuk kamu Ultimafriends  yang memiliki interest pada instrumen klasik. Namun pada praktiknya, lagu yang dimainkan tidak terbatas pada lagu klasik, tapi terkadang juga lagu nusantara, lagu pop dan lagu genre lainnya.

Penyebutan namanya yang mirip dengan Ulson (sebutan yang biasa dipakai untuk menyebut Ultima Sonora) seringkali membuat orang mengira USO adalah UKM yang sama dengan Ultima Sonora. Keduanya memang menekuni bidang musik, namun USO berfokus pada instrumental sedangkan Ultima Sonora berfokus pada olah suara vokal. Apabila kamu memiliki bakat atau tertarik untuk bermain dalam sebuah orkes, USO bisa menjadi UKM yang cocok buat kamu.

2. Social Designee

(Sumber: maxima.umn.ac.id)

Apabila Ultimafriends memiliki jiwa sosial tinggi dan ingin menyalurkannya, tidak usah jauh-jauh karena UMN mempunyai komunitas sosial berbasis kreativitas, yaitu Social Designee. Menariknya, komunitas ini bersifat inklusif dan terbuka untuk masyarakat umum. Menurut Reina Tjhindana dari Departemen Marketing Social Designee, hal tersebut berdasarkan pada kepercayaan komunitas yang rutin bermain dan belajar bersama adik-adik di desa ini bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama untuk melakukan aksi sosial dan tidak harus terbatas pada keanggotaannya di institusi tertentu.

Hingga saat ini, Social Designee telah melibatkan lebih dari seribu relawan dan membina lebih dari lima belas desa. Jumlah ini terus bertambah seiring berjalannya waktu, mengingat mereka mengadakan rutin mengadakan kegiatan setiap hari Sabtu dan Minggu.

 

3. FLY UMN

FLY UMN adalah singkatan dari Friends of the Library Universitas Multimedia Nusantara, komunitas yang berisi mahasiswa/i pecinta buku dan literasi. Anggota FLY berkumpul setiap Rabu sore di perpustakaan untuk mendiskusikan sesuatu yang berbau literasi, misalnya interpretasi dari buku atau film tertentu. Selain itu anggota FLY juga sering menonton film-film untuk didiskusikan bersama. Ketua FLY UMN, Alifia Nur Utami, menjelaskan bahwa kegiatan FLY tidak sebatas itu saja, tetapi juga pernah mengadakan sebuah acara bernama RAK UMN yang diisi dengan aktivitas bedah buku dan mengundang penulis era 1990-an. Kalau kamu tertarik dengan literasi, FLY UMN cocok banget tuh sama kamu Ultimafriends!

Itulah Ultimafriends, beberapa UKM atau organisasi yang mungkin kamu belum pernah dengar, atau yang selama ini kamu enggak tau apa aktivitasnya. Kalo ada yang cocok dengan minat kamu, don’t feel hesitate to sign yourself up, Ultimafriends!

Editor: Vania Evan

 



107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST