CAMPUS TALK

Work Life Balance: Produktif dan Bahagia di Tengah Kesibukan Mahasiswa

todayApril 11, 2022 25 3 4

Background
share close

“Aduh, hari ini kelas sampe sore, malem ada rapat A, abis itu langsung kerja kelompok buat tugas kuliah, belum lagi urusin kerjaan magang. Wah, tidurnya kapan dong? … cape banget ga pernah istirahat.”

Nah, Ultimafriends pernah gak ngerasa kayak gitu ? Mungkin juga Ultimafriends ngerasa seperti gak ada waktu buat nafas. Rasanya, udah lama banget gak jalan-jalan sama temen untuk refreshing. Bahkan, sekedar ngobrol untuk catch up aja gak ada waktu. 

Kalau Ultimafriends lanjut kayak gitu terus, yang ada Ultimafriends akan jadi burnout. Burnout ini sendiri itu gak bagus loh, karena bisa membuat fisik, mental, dan emosional kita lelah. Lama-lama, Ultimafriends bukannya semakin produktif, tapi malah jadi stres dan menunda pekerjaan yang ada.

 Ilustrasi Ultimafriends yang lelah dan stres sama tugas dan organisasi di dunia perkuliahan. Foto: Pexels.com

“Tapi, aku kan mau bisa aktif organisasi, kerja bantu orang tua, plus nilaiku juga harus bagus.”

Iya, paham kok Ultimafriends. Tenang saja, semua hal itu bisa kamu capai asal kamu menerapkan prinsip Work Life Balance.

 Apa itu Work Life Balance?

Singkatnya, work life balance ini berbicara tentang kemampuan kita membagi waktu antara tanggung jawab pekerjaan, kuliah, dan masih memiliki waktu untuk diri sendiri, keluarga, atau teman. Work Life Balance bisa sangat berguna untuk meningkatkan produktifitas dan motivasi kalau kita lakukan dengan baik loh, Ultimafriends!

  • Ketahui kapasitas diri sendiri
Jangan lupa untuk terus perhatikan skala prioritas kamu ya, Ultimafriends! (Foto: Pexels)

Ultimafriends harus tahu kapan harus berhenti bekerja dan beristirahat. Di  dunia perkuliahan, seringkali kita merasa tertinggal karena melihat orang lain yang sibuk di berbagai macam organisasi. Lalu, karena itu kita juga asal daftar di berbagai kepanitiaan atau organisasi supaya tidak tertinggal lagi.

Ups, salah besar ya Ultimafriends. Kamu harus mempertimbangkan segala pro dan kontra sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu. Kalau aku ambil semua organisasi ini, apakah aku masih punya waktu untuk mengerjakan tugas kuliah?

Kalau aku ambil magang disana, apakah aku masih punya waktu untuk diriku sendiri?

Jika jawabannya masih, maka Ultimafriends bisa mengambil keputusan tersebut. Namun, apabila jawabannya tidak, Ultimafriends harus memikirkan kembali keputusan itu. Ikut organisasi dan magang itu sangat baik untuk memperluas relasi dan menambah skill, tetapi jangan sampai asal-asalan ikut dan malah membuat Ultimafriends burnout ya!

 

  • Atur jadwal dan prioritas
Menyusun to do list menjadi salah satu cara untuk bekerja dengan efektif. (Foto: Pexels)

Mengatur prioritas itu penting supaya Ultimafriends bisa bekerja dengan efektif dan tahu mana yang harus dikerjakan duluan. Hal ini bisa Ultimafriends lakukan dengan berbagai cara loh.

Bisa menggunakan aplikasi bantuan seperti Google Calendar dan Notion. Atau Ultimafriends juga bisa menggunakan post-it dan buku jurnal untuk mengatur jadwalnya!

  • Healthy body, healthy mind
                             Hayoo… Ultimafriends sering olahraga gak, nih? (Foto: Pexels)

Percaya atau gak, olahraga, pola makan yang baik, dan istirahat yang cukup itu ngaruh banget ke produktifitas kita saat bekerja loh! Banyak mahasiswa atau mahasiswi yang lupa kalau badan mereka perlu diurus. Mereka sering begadang hingga subuh dan makan-makanan junkfood yang akhirnya membuat mereka merasa lelah dan suntuk.

Yuk, Ultimafriends kita ubah kebiasaan buruk seperti itu! Mulai olahraga setiap hari, misalnya dengan jalan-jalan sore selama 15 menit. Mulai ubah kebiasaan tidur begadang karena nonton drakor atau mulai nugas terlalu malam karena gak produktif di siang hari. Tubuh kita perlu 7-8 jam istirahat supaya bisa berfungsi dengan maksimal, nih!

Itu dia tips dari reporter supaya Ultimafriends bisa mulai mengubah pola hidup yang tadinya stres, banyak pikiran, dan gak punya waktu lebih jadi lebih seimbang.

Yuk kita mulai hidup sehat dan produktif dengan menerapkan prinsip Work Life Balance ini, enggak ada salahnya kan buat mencoba, Ultimafriends?

Written by: Darlene Verica

Rate it

Previous post

News

RESTAURANT OF THE MONTH: KETIKA KAMU BISA MAKAN HOTPOT ENAK DENGAN GRATISAN ESKRIM, BUAH, DAN CEMILAN

Balik lagi di Restaurant of The Month nih, Ultimafriends! Reporter mau tanya dulu dong, siapa disini yang suka makan hot pot? Yuk, kumpul! Di Musim hujan kayak gini, Hot pot tuh cocok untuk menghangatkan badan dan bisa juga untuk menghangatkan hati Ultimafriends kalau lagi sedih loh! Etss, bercanda ya Ultimafriends.  So-- kali ini, reporter mengunjungi restoran hot pot yang cukup terkenal dan kekinian di industri food and beverages. Apalagi kalau […]

todayMarch 8, 2022 303 3

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%