ENTERTAINMENT

WHEN AN ANIMATION MOVIE COULD BE YOUR COMFORT MOVIE WITH WHOLESOME MEANING

todayMarch 7, 2022 37 2 5

Background
share close

Ultimafriends, kamu suka menonton film di waktu senggang enggak, sih?

Kalau kamu suka menonton film dan lagi mencari rekomendasi, you’re in a right place and a right site with the right time!

Sebagian besar Ultimafriends pasti masuk ke dalam kategori remaja yang hendak memasuki fase dewasa baru dan hal tersebut enggak sepenuhnya mengartikan bahwa film animasi menjadi suatu hal yang enggak menarik dan relate lagi karena stigmanya yang lekat sebagai film anak-anak.

That’s why reporter akan rekomendasikan film animasi Encanto buat kamu! Memang perilisan dan penayangannya di bioskop sudah dilakukan beberapa waktu lalu. Namun, nyatanya banyak hal bermakna yang bisa kita pelajari dari setiap karakter dan storyline yang disajikan loh Ultimafriends!

 

Walt Disney Pictures & Walt Disney Animation Studios, Encanto. (Sumber: themoviedb)

 

Secara garis besar, Encanto sendiri merupakan film yang menceritakan tentang permasalahan dalam keluarga besar Madrigal dengan sentuhan sihir di dalam diri mereka. Adapun perjuangan salah seorang gadis di keluarga Madrigal, yaitu Mirabel, yang tidak memiliki kekuatan sihir spesial.

Eits! Nyatanya, film ini lebih dari sekedar Desa Encanto, Mirabel, dan keluarganya aja loh, Ultimafriends! Encanto bisa dikatakan sebagai comfort movie karena memiliki nilai dan pesan yang sangat heartwarming mengenai family matters. 

Selain itu, target pasaran dari film Encanto ini bukan hanya untuk anak-anak saja, melainkan remaja sampai dewasa yang sudah merasakan beban sebuah tanggung jawab.

1. Si Paling Tua Harus Paling Kuat

Anak pertama, yuk raise hand!

Nah, dalam film Encanto ini terdapat karakter Luisa yang memerankan sebagai kakak tertua dalam keluarga Madrigal. Selain kakak tertua, Luisa juga memiliki kekuatan yang menjadikannya super kuat. Dia sering menggunakan kekuatannya untuk membantu kebutuhan desa Encanto dan selalu diandalkan semua orang.

Luisa selalu bertanggung jawab penuh dalam perannya sebagai yang terkuat dan berani, membuatnya merasakan tekanan berat atas ekspektasi yang harus dia tanggung.

Melalui film ini, kita diingatkan untuk menormalisasikan diri untuk meminta bantuan kepada orang lain, Ultimafriends!

So, don’t be so hard to yourself, ya! Kalau kamu sudah lelah, it’s okay to take a rest! Tanggung jawab yang diberikan pada kamu itu tidak mendefinisikan nilai diri kamu.

Jadi, jangan khawatir untuk istirahat sejenak, Ultimafriends! We all need some time to rest.

 

2. Si Anak yang People Pleaser

Selain Luisa, salah satu karakter yang berperan sebagai kakak dalam keluarga Madrigal adalah Isabela. Dia adalah salah satu karakter yang digambarkan sangat sempurna. Dia adalah karakter yang sangat dibanggakan oleh Abuela (Si Nenek), membuat Isabela selalu berusaha untuk tampil seperti apa yang Abuela inginkan.

Dia selalu terlihat dengan warna feminin, anggun, tersenyum, dan menggunakan kekuatannya untuk hanya membuat bunga mawar. Namun, di balik semua itu, Isabela merasa tidak bisa menjadi dirinya sendiri.

Nah, Ultimafriends, kalau kamu ternyata punya kebiasaan untuk menjadi people pleaser, yuk berhenti! Pasti capek kan untuk selalu tampil sesuai keinginan dan ekspektasi orang lain.

Ayo, biasakan diri untuk tampil menjadi diri sendiri! Pasti tidak mudah, tetapi saat semuanya sudah bisa dilewati, pasti akan terasa melegakan karena hidup mu tidak lagi berada di bawah keinginan dan ekspekstasi orang lain.

Embrace the imperfection and just be yourself, Ultimafriends!

 

3. Si Anak yang Di-Underestimate

Tokoh protagonis utama dalam Encanto adalah Mirabel. Dia tidak memiliki kekuatan spesial seperti keluarganya yang lain. Hal itu membuatnya berbeda dari yang lain. Maka dari itu, Mirabel selalu berusaha keras untuk membuat Abuela terkesan dan membuktikan kepada Abuela bahwa dirinya juga spesial. Namun, Abuela selalu berpikir bahwa Mirabel tidak useful seperti saudaranya yang lain dan memperlakukan Mirabel berbeda.

Buat Ultimafriends, kalau kamu merasa diremehkan, tidak pantas berada di suatu tempat, dan merasa nothing, jangan khawatir ya! Perasaan seperti itu valid lho dan pasti kita semua pernah merasakan hal tersebut.

Namun, perasaan itu tidak boleh menjadi kepribadian kamu. You need to believe in yourself that you’re special and have worth. Ada masanya orang tidak menyukai kamu, tapi ada juga orang yang akan melihat kamu sebagai dirimu sendiri, and they will cherish it!

 

4. Si Anak yang Disalah Pahami

Dalam Encanto terdapat juga karakter yang kerap disalah pahami oleh orang-orang, yaitu Bruno. Bruno memiliki kekuatan yang dapat melihat masa depan. Namun, saat ia menyampaikan ramalan yang telah dia lihat, tanpa disengaja, orang disekitarnya menjadi marah dan tidak terima. Bruno percaya kekuatannya menyebabkan banyak orang menganggap yang terburuk dari dirinya.

Hal itu membuatnya merasa terisolasi dan anxious, tetapi dia tetap sayang dan mencintai keluarganya itu. Apa yang Bruno alami, relatable dengan Ultimafriends kah?

Kalau ya, reporter kasih peluk dulu buat kamu!

 

Pelukan hangat untuk Ultimafriends! (Sumber: Giphy)

 

Memang merasa disalah pahami itu sangat tidak enak. Namun, kamu bisa mencoba untuk membicarakan dan menjelaskan masalah tersebut secara baik-baik dalam kondisi yang tenang. Jika memang masih disalah pahami, jangan sampai terbawa ke dalam hati ya, Ultimafriends!

Kamu sudah berusaha dengan sebaik mungkin dan tetaplah lakukan sesuatu dengan niat baik. Kamu juga bisa menjadi lebih selektif dalam melakukan niat baik tersebut, lho!

Itu dia, Ultimafriends! Problematika dalam keluarga yang ada di film Encanto dengan sentuhan realita dari hidup kita. Apabila sebelumnya kamu belum tertarik untuk menontonnya, apa salahnya mencoba?

Cuz Encanto’s is one of an animations movie that really worth to watch!

Featured Image: Unsplash

Editor: Stephanie Risyana

Written by: Raudhah Salsabila

Rate it

Previous post

HIGHLIGHT

UMN RADIO TRY: SLOWLY, BERSURAT TAK PERNAH SEMENYENANGKAN INI

“Yang klasik memang asik” Setuju enggak, Ultimafriends? Hal-hal klasik memang selalu punya cara magis untuk memberikan pengalaman yang berbeda. Meskipun, kadang enggak secepat dan semudah seperti semenjak internet. But, doesn’t satisfaction lies in the effort? Sama halnya seperti bersurat. Di masa sekarang, kita lebih banyak menerima surat dalam bentuk surel, yang sering kali berakhir menumpuk di akun e-mail. Surat bukan lagi soal prangko dan harap-harap cemas, menunggu kapan akan sampai […]

todayMarch 7, 2022 36 8

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%