HIGHLIGHT

UMN RADIO TRY: SLOWLY, BERSURAT TAK PERNAH SEMENYENANGKAN INI

todayMarch 7, 2022 59 11 5

Background
share close

“Yang klasik memang asik”

Setuju enggak, Ultimafriends?

Hal-hal klasik memang selalu punya cara magis untuk memberikan pengalaman yang berbeda. Meskipun, kadang enggak secepat dan semudah seperti semenjak internet.

But, doesn’t satisfaction lies in the effort?

Sama halnya seperti bersurat. Di masa sekarang, kita lebih banyak menerima surat dalam bentuk surel, yang sering kali berakhir menumpuk di akun e-mail. Surat bukan lagi soal prangko dan harap-harap cemas, menunggu kapan akan sampai kepada penerima.

Dulu, butuh waktu cukup lama untuk bersurat. Mulai dari menulis surat, mencari topik pembahasan yang sekiranya enggak akan basi, siapin amplop dan prangko, datang ke kantor pos, menunggu suratnya sampai ke tujuan.

Such a long journey ya, Ultimafriends, only for sending a letter. But, wait until you received another letter and suddenly, the efforts pays off!

Sebenernya, tim reporter punya keinginan untuk bisa berkirim surat seperti di masa dulu. Walaupun, kadang juga terpikir gimana ribetnya cari prangko. Belum lagi harus datang ke kantor pos untuk bisa mengirim suratnya.

Duh, agak pr juga ya, Ultimafriends!

Contoh surat yang lengkap dengan prangko, klasik abis! (Sumber: Unsplash)

Bukan zaman digital namanya, kalau enggak bisa bikin semua hal jadi serba cepat dan mudah. Termasuk, pengalaman bersurat klasik tanpa harus datang ke kantor pos!

Yes, lo ga salah denger, Ultimafriends! Ada aplikasi yang bisa bikin kita rasain sensasi serunya bersurat kaya zaman dulu. It’s called, Slowly. Just like its name, kita bakal diajak pelan-pelan nikmatin proses menulis sampai mengirim surat.

Nah, tim reporter udah cobain aplikasi ini dan it brings tons of fun, loh, Ultimafriends!

STEP  1 : Pelan-Pelan Berkenalan

Enggak seperti bentuk pesan yang lainnya, sebuah surat berserah penuh pada kata-kata. No face, no emojis. Let your words tells who you are. Begitu juga di Slowly, Ultimafriends.

Di aplikasi ini, kita bisa jadi anonim dan tetap jadi diri sendiri. Slowly cuma akan memperlihatkan sedikit informasi, both about ourself and other users. Jadi, semakin banyak surat yang kita tulis, semakin banyak juga informasi yang didapat dari teman pena kita.

Don’t worry, Ultimafriends, kita bisa pilih teman pena sebebas-bebasnya. No pressure, deh!

Contoh tampilan profil di Slowly. Data kita dijamin aman, kok!

Kalau diperhatikan, informasi yang diperlihatkan hanya sebatas nama, tanggal lahir, usia, negara asal, dan topik yang diminati.  Bahkan, profile picture yang digunakan hanya semacam avatar dan kita boleh pakai nama samaran. Bener-bener berasa lagi bersurat klasik ya, Ultimafriends?

 

STEP  2 : Pelan-Pelan Menulis Surat

Nah, ini dia bagian yang paling tricky, Ultimafriends! Tim reporter juga awalnya bingung cari topik dan mengawali pembicaraan. But, luckily, seperti yang udah sempet dibahas sebelumnya, Slowly menyediakan informasi tentang topik favorit tiap penggunanya.

Jadi, ketika lagi menulis surat pertama ke teman pena, tim reporter berusaha untuk membahas topik favoritnya. Itu jadi jurus andalan tim reporter untuk memulai pembicaraan. Kalau kata sebuah iklan, “trust me, it works!”

 

STEP  3 : Pelan-Pelan Koleksi Prangko

Setuju enggak sih, Ultimafriends, kalau surat tanpa prangko, tuh, rasanya hampa? Nah, di aplikasi Slowly, setiap surat yang dikirim juga harus disertai prangko. The fun doesn’t stops there, loh, Ultimafriends! Karena, prangko ini juga bisa dikoleksi. Tim reporter sendiri udah mengoleksi 13 prangko.

Prangkonya enggak kalah keren sama prangko asli, loh!

“Cara dapet prangkonya gimana dong?”

Ada dua cara buat dapetin prangko, Ultimafriends. Pertama, bertukar prangko dengan teman pena kita. Kedua, beli prangko sesuai yang kita mau. Persis kaya di real life gitu, deh, Ultimafriends!

 

STEP  4 : Pelan-Pelan Mengirim dan Menerima Surat

Ultimafriends, kalau biasanya aplikasi messaging lain cuma butuh waktu beberapa detik untuk mengirimkan pesannya, Slowly justru butuh waktu lebih lama untuk mengirimkan pesan (surat). Ini dikarenakan, waktu pengiriman surat dibuat mirip seperti mengirim surat konvensional.  Semakin jauh lokasi teman pena kita, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengirim suratnya.

Ketika tim reporter mengirim surat ke teman pena yang berada di Amerika, suratnya baru terkirim setelah 2 hari! Nunggunya bikin panik-panik ajaib gitu, deh, Ultimafriends!

 

Surat yang dikirim ke Amerika, butuh waktu 2 hari untuk sampai ke penerima.

STEP  5 : Pelan-Pelan Berteman Baik

Finally! Setelah sabar-sabar ngikutin semua step, tim reporter bisa punya hubungan baik dengan teman-teman pena dari berbagai negara. Pembicaraan yang awalnya cuma seputar apa kabar atau band favorit, sekarang jadi pembicaraan seru tentang kehidupan masing-masing. Pokoknya berasa udah kenal lama gitu, deh, Ultimafriends!

Well, berkirim surat memang punya daya tarik yang bikin siapa pun penasaran. Meskipun semuanya berjalan pelan-pelan, tapi selalu berhasil memberi semiliar kesan.

Selamat berbagi hangat lewat surat ya, Ultimafriends!

Editor: Stephanie Risyana

Written by: Lungayu Endahrum

Rate it

Previous post

HIGHLIGHT

Mengenal Pali-Pali, Budaya Gerak Cepat Asal Korea Selatan yang Buat Kamu Jadi Anti Mager

Ultimafriends, siapa nih yang baru pertama kali mendengar kata Pali-Pali? Well, Bagi Ultimafriends yang gemar dengan hal-hal berbau Korea Selatan mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Pali-pali yang nyatanya adalah sebuah budaya asal negara penghasil drama-drama kesukaan reporter hihi... Namun, bagi Ultimafriends yang belum tahu mengenai budaya Pali-Pali ini, do not worry, because we're going to talk about that. Sebenarnya apa sih budaya Pali-Pali itu? Kata “Ppalli-Ppalli” atau yang […]

todayMarch 7, 2022 204 2

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%