UMN Radio Try: Satu Minggu Tanpa Uang Tunai

Written by on February 16, 2021

Pembayaran cashless sudah sering digaungkan di masyarakat, terutama dari pihak-pihak developer aplikasi uang elektronik. Namun, belum semua masyarakat melakukannya loh, Ultimafriends! Contoh nyatanya adalah reporter sendiri (hehe, maaf developer uang elektronik). Oleh karena itu, reporter memutuskan untuk mencoba menjadi ‘manusia cashless‘ —sapaan yang dibuat oleh reporter sendiri— selama satu minggu. So, here’s the result!

 

Di UMN sendiri, cashless sudah mau dilaksanakan sejak 2020 lalu loh, Ultimafriends! (Foto: Dylan Chandra)

Kalender saat itu menunjukkan tanggal 4 Februari, reporter menjadi manusia cashless starts today!

Mungkin Ultimafriends pikir apa sulitnya menganut paham cashless kalau reporter cuman di rumah aja. Eits, tenang. Reporter memang ada janji untuk pergi membantu teman. So, reporter akan keluar rumah dan berkemungkinan besar mengeluarkan uang.

Meski begitu, reporter tetap menaati protokol kesehatan, ya Utltimafriends! Selalu memakai masker (bahkan bawa masker tambahan untuk ganti setiap 4 jam), mencuci tangan dengan air mengalir, dan menjaga jarak pastinya. An extra hand-sanitizer is also necessary to instantly clean your hands loh, Ultimafriends!

Back to the topic, menjadi manusia cashless selama seminggu adalah sebuah dinamika dalam 3 hari pertama karena reporter berada di luar rumah. Jujur, reporter deg-degan kalau komitmen cashless ini akan gagal.

Mengingat sistem cashless bisa dilakukan lewat ponsel, dompet benar-benar tidak perlu dikeluarkan. Bisa dibilang, tadi itu menjadi poin plus menjadi manusia cashless. Kecuali kalau sistem cashless-nya menggunakan kartu. Baru deh reporter akhirnya mengeluarkan dompet, ‘kan kartunya di dompet. Eits, tapi jangan pakai kartu remi ya bayarnya, hehe.

Pengalaman yang mengejutkan terjadi di hari kedua. Saat itu, reporter hendak makan di tempat kaki lima di daerah Sektor 1 Gading Serpong. Dagangan tukang nasi goreng gerobakan bisa dibayar cashless! Pertama kali liatnya, reporter cukup terkejut dan senang. Terkejut karena tukang nasi goreng saja sudah mencoba menggunakan sistem cashless, sedangkan reporter baru memulainya.

Namun, ada satu penghalang untuk menjadi manusia cashless, yaitu kendala jaringan.

Hampir semua sistem cashless menggunakan jaringan agar bisa melakukan transaksi pembayaran. Terutama jika menggunakan aplikasi uang elektronik di ponsel. Nah Ultimafriends, reporter juga mengalami pengalaman kendala jaringan ini.

Menunggu sinyal membaik untuk melakukan pembayaran di kasir cukup membuat reporter canggung ya, Ultimafriends. Bayangkan saja, ketika kamu sudah tinggal melakukan pembayaran, tetapi jaringan ponsel lagi enggak bersahabat. Sembari menunggu kehadiran sinyal, enggak banyak hal yang bisa kamu lakukan. Basa-basi masalah sinyal? Paling hanya bertahan satu sampai dua dialog dengan kasir. Sisanya? Melihat ponsel, lihat menu yang ada, lihat kasirnya, dan kembali melihat ponsel lagi.

 

Waktu seakan berjalan lebih lambat ketika menunggu proses transaksi berhasil~ (Sumber: Giphy.com)

Tips dari reporter, ketika memang kamu terkena kendala jaringan, stay cool aja, Ultimafriends! Walaupun di belakang kamu ada yang antre juga, mereka pasti pengertian kok. Toh, kendala ini kan bukan sepenuhnya salah kamu sebagai pelanggan.

So, begitu pengalaman reporter selama satu minggu mencoba untuk menjadi manusia cashless.

Sebagai manusia cashless, Ultimafriends bakal jarang mengeluarkan dompet. But, hati-hati saja sama kendala jaringan kamu, ya! Di samping banyaknya pertimbangan yang bisa kamu tarik dari pengalaman reporter, sistem pure cashless ini akan diterapkan di kehidupan Ultimafriends atau enggak sih?

Feature Image Source:  Freepik
Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST