UMN Info

UMN Radio Try: Mencoba Digital Note-Taking untuk Kuliah dengan Notion

todayOctober 24, 2022 16 1 5

Background
share close

Hey, hey Ultimafriends! Apa kabarnya, nih?

Reporter pengen tanya deh, pas kuliah kalian suka catat pelajaran pakai buku atau di mobile devices?

Kalau Reporter jujur pakai mobile device, yaitu laptop atau Ipad. Nah, sebenarnya mencatat di buku dan aplikasi digital punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun, kali ini Reporter mencoba sebuah aplikasi note-taking bernama Notion yang kayaknya bakal cucok banget buat Ultimafriends!

Notion itu apa sih?

Notion adalah aplikasi task-manager dan note-taking yang memiliki fitur-fitur pelengkap untuk memudahkan penggunanya dalam mencatat atau tracking to-do lists mereka.

Yuk, gak usah berlama-lama, Reporter mau spill pengalaman Reporter mencoba aplikasi ini untuk kuliah.

 

Pembagian kategori di aplikasi Notion. Foto: Darlene Verica Angel.
  • Notion memiliki fitur untuk membagi section tertentu

Ultimafriends bisa memasukkan kategori yang diperlukan, misalnya kuliah, pekerjaan, atau kehidupan personal. Setelah kategori tersebut sudah dibuat, Ultimafriends bisa membuat page-page baru lagi di dalamnya.

Untuk fitur ini, Reporter gunakan untuk membagi catatan dari setiap mata kuliah yang ada. Ini akan memudahkan Reporter untuk mencari catatan dari setiap pelajaran yang ada!

 

Berbagai macam fitur yang bisa digunakan user. Foto: Darlene Verica Angel.
  • Fiturnya beragam!

Tidak seperti aplikasi notes biasa bawaan handphone, Notion memiliki banyak fitur tambahan untuk merapikan tampilan Notion setiap orang. Buat Reporter, yang paling berguna adalah fitur to-do list, table, dan juga insert image/attachments.

 

Beberapa contoh pengaplikasian fitur yang membantu Reporter dalam mencatat. Foto: Darlene Verica Angel.
  • Customizable dan mudah dipelajari 

Ultimafriends bisa lihat diatas Reporter membuat sebuah tabel yang berisi acara-acara atau keperluan pribadi Reporter. Hal yang Reporter suka adalah tabel tersebut bisa kembali disesuaikan dengan kebutuhan kita. 

Misalnya, kita bisa menambahkan tanggal, waktu, kategori acara, dan juga checklist dalam tabel tersebut. Dengan demikian, tabel yang ada jadi lebih tertata dan aesthetic juga, loh!

Jadi, itulah pengalaman Reporter dalam menggunakan Notion untuk mencatat dan mengorganisasikan kehidupan kuliah Reporter. Sayangnya, Notion hanya bisa digunakan dengan Internet, jadi kalau kalian lagi gak dapet sinyal, aplikasi ini tidak bisa dibuka.

Namun, aplikasi ini Reporter rekomendasikan untuk Ultimafriends yang suka mencatat secara digital dan go paperless! Semoga bisa membantu, ya!

 

Editor: Stephanie Risyana

Featured Image: Darlene Verica Angel

Written by: Darlene Verica

Rate it

Previous post

ENTERTAINMENT

Dongkrak Pop Culture Indonesia Lewat Indonesia Comic Con 2022

Now, raise your hands if you’re familiar with ‘Pop Culture’! If you’re, so do Reporter, Ultimafriends! Pop culture, pastinya udah enggak asing lagi enggak sih bagi Ultimafriends? Setelah dua tahun absen, kini Panorama Media kembali menghadirkan acara selebrasi budaya pop culture terbesar di Indonesia lewat Indonesia Comic Con 202 dengan menggandeng TikTok Shop pada 1-2 Oktober 2022 lalu di Hall B Jakarta Convention Center. Kalau Ultimafriends masih asing dengan acara […]

todayOctober 7, 2022 16


Similar posts

UMN Info

Demo Day Skystar Ventures UMN Sukses ajak Mahasiswa Kenalkan Ide Bisnis Kreatif

Sebanyak lima startup buatan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berkesempatan mengenalkan ide bisnis mereka dalam acara Demo Day yang diselenggarakan oleh Skystar Ventures, Jumat (11/11/2022). Untuk informasi, Demo Day sendiri merupakan tahapan akhir dari Skystar Ventures Incubation Program. Tahun ini, Demo Day diselenggarakan bersamaan dengan penutupan rangkaian Level Up Program […]

todayNovember 12, 2022 3


0%