UMN Info

UMN Radio Try: Memulai Kebiasaan Baik dengan Olahraga Cardio di Tengah Kesibukan

todayApril 11, 2022 18 2 5

Background
share close

Bangun tidur, buka laptop, kelas online, makan, kelas online lagi, rebahan sebentar, makan lagi, rapat, mengerjakan tugas…..

Nah loh Ultimafriends! Siapa yang kerjaannya setiap hari seperti itu? Dari pagi sampai malam kerjaannya stay di depan laptop terus…

Bukan bermaksud menyindir, Ultimafriends. Reporter juga begitu kok, hihihi^^

Reporter dan Ultimafriends yang sama-sama stay di depan laptop dari pagi sampai malam. (Sumber: Giphy)

Reporter sendiri menghabiskan lebih dari 12 jam untuk duduk di depan laptop setiap harinya. Entah untuk mengikuti kelas, rapat kepanitiaan, mengerjakan tugas, sampai untuk sekadar refreshing dengan menonton film dan drama korea.

Very very typical sih….

Hal biasa yang kerap dialami sama pelajar dan mahasiswa. Namun, seiring berjalannya waktu, reporter menyadari bahwa kebiasaan tersebut bukanlah sebuah kebiasaan yang baik.

Kebiasaan duduk terlalu lama membuat reporter jadi kurang gerak, akibatnya jadi lebih mudah lelah, lebih malas untuk bergerak, dan bahkan berat badan bertambah. Awalnya reporter merasa enggak peduli, tetapi lama-lama tubuh rasanya enggak banget deh buat diajak jalan sedikit pun.

Jadi berat banget!

Singkat cerita, reporter berkonsultasi dengan keluarga serta teman terkait hal ini dan sebagian besar mengungkapkan bahwa apa yang reporter alami ini disebabkan oleh pola hidup tidak sehat yang dimiliki. Emang sih, reporter menghabiskan banyak sekali waktu untuk duduk di ruangan ber-AC, sehingga tubuh tidak banyak bergerak dan tidak memproduksi keringat sama sekali.

Dari sekian saran dan tips yang diberikan oleh orang-orang terdekat, reporter memutuskan menarik kesimpulan dari semua saran tersebut dengan memilih olahraga sebagai pilihan utama.

Well, harus reporter katakan bahwa ini tidak mudah, Ultimafriends.

Bagaimana tidak? Jadwal reporter tanpa meluangkan waktu untuk berolahraga saja sudah sangat padat. Apalagi ketika meluangkan waktu untuk berolahraga?

Berbagai macam alasan reporter kerahkan ketika mengingat harus meluangkan waktu untuk berolahraga. Mulai dari penundaan karena rapat kepanitiaan, tugas yang padat, sampai dengan hangout bersama teman-teman.

Namun, setelah menghindar untuk kesekian kali, reporter pun memutuskan untuk menantang diri sendiri agar bisa meluangkan waktu untuk berolahraga lantaran kondisi tubuh yang semakin tidak fit.

TBL TBL TBL. Terpaksa Banget Loch, Ultimafriends! (Source: Giphy)

Reporter mulai dengan meluangkan 30 menit untuk olahraga cardio menggunakan treadmill setiap harinya. Tepatnya setelah reporter usai mengikuti kelas daring dan sebelum reporter melakukan kegiatan selanjutnya. Ketika reporter sudah merasa terbiasa, reporter mencoba menambah durasi olahraga menjadi 40 menit atau bahkan 50 menit.

Reporter menghabiskan 31 menit untuk berolahraga. (Foto: Adeline Grace Kimline)

Reporter menghabiskan 46 menit untuk berolahraga. (Foto: Adeline Grace Kimline)

Reporter mulai menghabiskan 50-an menit untuk berolahraga. (Foto: Adeline Grace Kimline)

Biar reporter tebak, pasti Ultimafriends sedang bertanya-tanya mengenai apa hasil yang reporter dapatkan melalui tindakan ini….

Alih-alih menyesal karena buang-buang waktu untuk berolahraga, reporter justru menjadi ketagihan meluangkan waktu untuk berolahraga setiap harinya.

Ternyata, meluangkan waktu untuk berolahraga tidak seburuk yang reporter kira loh, Ultimafriends!

Nyatanya, dengan meluangkan waktu untuk berolahraga, reporter merasa bisa mengistirahatkan pikiran sejenak dari tugas dan pekerjaan yang ada. Saat berolahraga, reporter cenderung memikirkan hal-hal yang membuat reporter senang dan seketika melupakan beban-beban yang ada dalam benak reporter.

Selain itu, reporter juga merasa bahwa tubuh reporter menjadi semakin luwes untuk bergerak setelah rutin meluangkan waktu untuk berolahraga setiap harinya. Bahkan reporter menjadi lebih semangat untuk melakukan aktivitas loh, Ultimafriends!

Jauh berbeda banget deh dengan kondisi tubuh sebelum rutin olahraga.

Reporter juga menyadari bahwa sejak reporter rutin menerapkan kebiasaan ini, tubuh menjadi lebih jarang drop dan bahkan beberapa lemak yang sebelumnya terlihat menonjol di tubuh reporter turut mengecil diikuti dengan berat badan yang turun.

Ekspresi reporter ketika mengetahui berat badan turun. (Source: Giphy)

Intinya, olahraga merupakan sebuah keputusan terbaik bagi reporter untuk men-challenge diri sendiri dalam meluangkan waktu untuk mencoba pola hidup yang sehat. Ada banyak sekali manfaat yang reporter rasakan dari olahraga rutin yang dilakukan.

Kalau Ultimafriends bagaimana? Berniat mencoba?

 

Editor: Stephanie Risyana

Featured Image: Unsplash

Written by: Adeline Kimline

Rate it

Previous post

CAMPUS TALK

Work Life Balance: Produktif dan Bahagia di Tengah Kesibukan Mahasiswa

"Aduh, hari ini kelas sampe sore, malem ada rapat A, abis itu langsung kerja kelompok buat tugas kuliah, belum lagi urusin kerjaan magang. Wah, tidurnya kapan dong? ... cape banget ga pernah istirahat." Nah, Ultimafriends pernah gak ngerasa kayak gitu ? Mungkin juga Ultimafriends ngerasa seperti gak ada waktu buat nafas. Rasanya, udah lama banget gak jalan-jalan sama temen untuk refreshing. Bahkan, sekedar ngobrol untuk catch up aja gak ada […]

todayApril 11, 2022 25 3

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%