UMN RADIO TRY: Memperoleh Manfaat Dari Budaya Sabu-sabu

Written by on October 18, 2021

Budaya Sabu-sabu: budaya satu bulan satu buku.

Dilansir dari repositori Kemdikbud, indeks aktivitas literasi membaca Indonesia masih sangatlah rendah. Kondisi Indonesia sedang tidak baik-baik saja dalam hal membaca, lhoUltimafriends!

Rasa malas membaca memang terkadang kerap kita alami, termasuk reporter sendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, reporter sendiri paham bagaimana pentingnya membaca. Nah, sesuai dengan judul di atas yaitu, “Budaya Sabu-sabu”. Budaya ini memiliki kepanjangan sebagai budaya satu bulan satu buku. 

Yup! betul sekali, sesuai namanya, di UMN Radio Try kali ini, reporter mewajibkan diri untuk membaca minimal satu buku di setiap bulannya. 

Aduh! tapi mager banget.

Eitsss, santai dulu Ultimafriends, awalnya reporter juga gitu kok. Enggak ada penyesalan sama sekali dan justru malah ketagihan. Itulah yang sekarang dirasakan. 

Kok bisa ketagihan?

Awalnya reporter juga ragu untuk mencoba, ditambah mager juga, tetapi ketika mencoba menerapkannya di bulan pertama, reporter justru ketagihan dan merasa nyaman, sehingga bisa lanjut sampai saat ini. Bagaimana tidak, tak sedikit manfaat yang reporter dapatkan dari membaca buku, lhoUltimafriends!

 

Saking ketagihannya, ada dua buku (The Alpha Girls Guide dan The Return Of Sherlock Holmes) yang sudah reporter baca selama satu bulan ini, loh, Ultimafriends!

Menemukan Kegiatan Hiburan Lainnya Selain di Ponsel/PC

Dengan membaca buku, kita bisa terlepas dari ponsel atau komputer kita sejenak. Dari membaca buku, reporter menemukan kegiatan yang menyenangkan selain hal berasal dari ponsel yang memang kerap kita gunakan, bahkan setiap waktu. Di sini, reporter menyarankan untuk membaca buku sesuai dengan genre buku yang kamu suka, entah itu novel, buku pelajaran, self-improvement, biografi, dan lain-lain. Hal ini bertujuan agar kamu nyaman ketika membaca. Kalau reporter sendiri adalah penggemar novel, jadi sudah pasti bacanya novel, hihihi.

Menambah Kemampuan Berbahasa

Dengan membaca, reporter merasa bahwa kemampuan berbahasa reporter meningkat. Yang awalnya tidak tahu menjadi tahu. Misalnya, di suatu ketika, reporter tidak mengetahui arti dari kosa kata A dan kemudian mencari tahunya, lalu reporter menjadi tahu. Di sanalah kemampuan berbahasa, terutama pemahaman akan kosa kata bertambah. 

Melatih Imajinasi

Ketika kita menonton sebuah film atau video, visualisasinya sudah tersedia di hadapan kita. Namun, berbeda halnya ketika reporter membaca buku. Sebut saja saat membaca sebuah novel, penulis merincikan rupa tokoh dengan sebuah kata-kata dan nantinya kita sendiri yang akan membayangkan rupa dari tokoh tersebut hanya berdasarkan dari rangkaian kata yang tertulis. Imajinasi yang baik menjadikan reporter terinspirasi untuk menulis karena banyaknya ide yang didapat dari membaca sebuah buku. 

Kesimpulannya adalah, budaya satu bulan satu buku yang reporter coba kali ini membawa beberapa manfaat yang berdampak bagi pengembangan diri. Reporter sudah mencobanya dan bahkan berlanjut hingga saat ini, bagaimana dengan Ultimafriends? Apakah berniat mencoba budaya bermanfaat yang satu ini?  


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST