UMN RADIO TRY : Lantunan Alam untuk Bisa Tidur Lebih Cepat

Written by on April 13, 2021

Ultimafriends, kamu pernah enggak sih merasa susah banget tidur? Kalau sudah rebahan pun pastinya scroll social media dulu, kadang bisa kebablasan sampai berjam-jam. Nah, kali ini reporter akan mencoba sesuatu yang cukup familiar di telinga kamu.

Mungkin kamu pernah tahu lagu-lagu meditasi atau suara alam yang biasanya ada di tempat spa. Lantunan ini biasanya membuat tubuh terasa lebih rileks. Suara yang menenangkan ini dapat berupa suara ombak, suara kicauan burung, bahkan suara piano dengan nada iringan yang calming.

Adem banget kalau sudah lihat yang begini.
(Source : giphy)

Nah, sekarang reporter sendiri sudah mencoba seminggu lebih mendengarkan lantunan relaxation sebelum tidur. Caranya gampang banget, Ultimafriends tinggal search di Youtube dengan kata kunci “relaxing music” dan pilih durasinya. Kalau reporter sendiri mencoba video yang berdurasi sampai berjam-jam, supaya lantunan tersebut tidak berhenti di tengah jalan.

Setelah setiap malam reporter memilih video yang berbeda-beda, reporter menemukan kecocokan dengan suara ombak tepi pantai yang diiringi dengan background lantunan piano. Eits, tapi jangan lupa juga untuk keefektifan program ini, usahakan tidak menggunakan ponsel minimal 30 menit sebelum tidur, agar kamu dapat terfokus dan langsung beristirahat, ya. Jangan sampai niat hati setel calming music, eh malah jadinya buka video mukbang. Haduh, yang ada laper nih.

Selain itu, pastikan ponsel kamu diset untuk mati otomatis sesuai dengan durasi dari video dan pilih yang tidak ada iklannya ya, Ultimafriends. Bisa-bisa nanti kamu kaget terbangun karena suara iklan yang kencang.

Cakep banget enggak, sih?
(Source : giphy)

Manfaatnya apa saja ya?

Lantunan suara alam yang relaxing ini memiliki manfaat tersendiri loh, Ultimafriends. Seperti yang dikutip dari sehatq.com, musik relaksasi bisa memperlambat pernapasan  dan membuat hirupan nafas menjadi lebih dalam, sehingga paru-paru tidak kelelahan.

Selain itu, lantuna suara alam ini bisa memicu pelepasan hormon untuk tidur, termasuk serotonin dan oksitosin. Pelepasan hormon ini terjadi karena tubuh sudah merasa nyaman dan siap untuk beristirahat.

Kalau reporter sendiri sudah merasakan manfaat-manfaat tersebut nih Ultimafriends. Reporter menjadi lebih cepat jatuh ke dalam mimpi dan tidur lebih pulas. Reporter merasa lebih cinta dengan alam dan semakin kagum dengan keindahannya. Semoga saja habit ini bisa berlanjut dan Ultimafriends bisa mencoba di rumah supaya tahu langsung efeknya. Atau mungkin Ultimafriends tipe yang harus sunyi total sebelum beristirahat? Either way, cari cara yang paling cocok buat kamu ya Ultimafriends, karena aku hanya ingin yang terbaik untukmu, hehe.

Featured image : pexels.com

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST