UMN Info

UMN Radio Try: Investasi Dini Demi Financial Freedom Lewat Bibit

todayMay 12, 2022 25 3 5

Background
share close

Financial freedom.

Satu kata yang lagi hits banget di kalangan generasi Z dan millenials. Namun, sebenarnya apa sih itu financial freedom? Sebenarnya, financial freedom adalah kondisi dimana Ultimafriends gak usah khawatir lagi tentang masalah finansial.

Yah, istilahnya pendapatan pasif dari berbagai investasi, tabungan, dan aset Ultimafriends tuh udah cukup banget untuk menuhin kebutuhan sehari-hari. 

Banyak juga generasi muda di zaman sekarang yang berbondong-bondong untuk melakukan investasi di berbagai bidang demi mencapai the-so-called “financial freedom” ini. Sayangnya, banyak yang malah jatuh ke jebakan investasi bodong.

Katanya untung dari investasi tersebut akan kembali ke kita sebanyak ratusan persen dalam waktu yang singkat. Perlu diingat ya Ultimafriends, gak ada kata instan dalam berinvestasi, janji manis itu mah too good to be true, kayak janji mantan, eh!

Aplikasi Bibit yang dipakai untuk berinvestasi reksadana. Foto: Darlene Verica Angel.
Aplikasi Bibit yang dipakai untuk berinvestasi reksadana. Foto: Darlene Verica Angel.

Nah, Reporter juga mau ‘kan ya mencapai financial freedom ini, tapi yang pasti harus dilakukan di tempat yang benar ya. Makanya, Reporter mencoba untuk memulai langkah kecil ini dengan berinvestasi lewat aplikasi Bibit!

Kenapa memilih Bibit dari sekian banyak aplikasi investasi di pasaran? Well, salah satunya adalah karena Bibit telah di-approved oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Uang yang nantinya Ultimafriends taruh juga gak disimpan sama Bibit, tapi sama bank kustodian kayak BCA, BNI, dan HSBC.

Kedua, Bibit juga cukup beginner-friendly buat Ultimafriends yang gak pernah terjun ke dunia investasi kayak Reporter, hehe. Bibit menawarkan investasi reksadana yang berarti kita bisa memilih tipe reksadana yang diinginkan, tanam modal, lalu nantinya manajer investasi lah yang akan mengelola investasi itu. Modal awal yang diperlukan Ultimafriends juga cukup kecil, bisa dimulai dari Rp 100.000,00 saja! 

Langkah awal untuk mulai investasi di Bibit. Foto: Darlene Verica Angel.

Setelah membuat akun dan memverifikasi data, langkah pertama saat Ultimafriends memulai investasi adalah mengisi kuisioner. Bibit bakal meninjau keuangan, kebiasaan, dan motivasi kalian dalam investasi. Sehabis itu, Bibit akan menggunakan Robo Advisor untuk menentukan profil risiko masing-masing.

Sesudah itu, Reporter sudah bisa mulai menggunakan aplikasi bibit dan mulai membeli reksadananya, deh! Ultimafriends tinggal pilih, bisa memakai rekomendasi dari robot Bibit atau bisa juga memilih reksadana dari pilihan yang tersedia disana.

Metode pembayaran yang dipakai juga cukup beragam. Ultimafriends bisa menggunakan virtual account, GoPay, ShopeePay, dan masih banyak lagi.

Metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pengguna Bibit. Foto: Darlene Verica Angel.

Setelah transaksi uang Ultimafriends akan diproses selama 1-2 hari kerja sebelum masuk ke profil investasi masing-masing. Reporter sejauh ini sudah mencoba memasukkan Rp 200.000,00 ke dalam aplikasi Bibit dan sedang dalam proses menunggu cuan nya kembali hehehe…

So far, Reporter bisa bilang kalau aplikasi ini cenderung mudah untuk digunakan bagi pemula atau bahkan bagi yang udah jago investasi, loh! Namun, kalau Ultimafriends mau semakin mahir lagi dalam menanam modalnya, jangan lupa untuk terus belajar dari sumber-sumber lain yang terpercaya ya.

Supaya umur 30 bisa financial freedom!

Enggak deh, gak usah terburu-buru ya Ultimafriends, yang penting berusaha dan belajar untuk melakukan yang terbaik!

Written by: Darlene Verica

Rate it

Previous post

UMN Info

RESTAURANT OF THE MONTH: BURGER LOKAL KELAS DUNIA DENGAN SENSASI AMERICAN CLASSIC

Burger enak sih banyak, tapi kalau burger enak yang udah diakui sebagai salah satu burger terbaik di dunia, now that is something. Bayangin lo bisa nikmatin burger yang semua bahannya homemade dan fresh tiap hari. Say no more, Ultimafriends, tim reporter rekomendasiin lo untuk cobain Five Monkeys Burgers! Something about Five Monkeys, burger mereka masuk ke dalam daftar 27 burger terbaik dunia versi Bloomberg. Awalnya, Five Monkeys hanya membuka outlet-nya […]

todayMay 11, 2022 23 7 2

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%