UMN DUKUNG MAHASISWA ENTREPRENEUR LEWAT PROGRAM START-UP BOOTH

Written by on April 6, 2018

Ultimafriends, ada yang udah mulai kepikiran belum, kira-kira setelah lulus nanti bakal kerja dimana? Kalau belum, mending dari sekarang coba luangin waktu kamu untuk ngebayangin, kira-kira dua atau tiga tahun lagi kamu bakal jadi seperti apa. Karena, dilansir dari rappler.co.id, ada prediksi dari perusahaan Price Waterhouse Cooper (pwc) yang bilang kalau pada tahun 2020 mendatang, separuh dari tenaga kerja di dunia diisi oleh generasi millenials. And that means us Ultimafriends!

Yap, dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun lagi, kita generasi millenials atau generasi yang lahir dalam rentang tahun 1981-2000 ini, bakal menggeser posisi senior kita, yaitu generasi Y. Terus apa hubungannya sama kita yang masih mahasiswa ingusan ini? Artinya, in less than two years, buat kita yang berencana mencari pekerjaan di sebuah perusahaan, udah harus siap terjun langsung ke dunia kerja dan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan applicants, untuk mendapatkan pekerjaan impian kita. Tentunya para pesaing kita ini punya dengan tingkat pendidikan yang sama (S1) atau mungkin lebih tinggi, dan bisa jadi jauh lebih kompeten daripada kita. Kalo kamu salah satu mahasiswa kayak gue yang selalu ngerasa “gue jadi mahasiswa kok mediocre amat yak?” Pastinya langsung geger setelah ngeliat fakta di atas, dan rasanya pengen jual ginjal aja untuk biaya bertahan hidup~

Padahal bekerja di suatu perusahaan bukan satu-satunya cara kamu untuk menggapai kesuksesan, loh! Jadi buat apa diperbudak dengan rutinitas kerja 9 to 6 dan 5 hari kerja dalam seminggu, belom lagi gak bisa ngambil break seenak jidat dikala penat dengan urusan pekerjaan, kalau kamu bisa be your own boss?

Artinya buat kamu yang mungkin pernah punya ide bisnis, atau memang udah punya bisnis kecil-kecilan buat nambah uang jajan, coba deh mulai diseriusin dari sekarang. Karena, banyak loh anak-anak muda seumuran kita yang udah mulai bisnis sendiri dan sukses! Nah, buat kamu yang sudah mulai meniti karier sebagai entrepreneur muda dan bingung di mana mau ‘menjajakan’ produk atau jasa kamu, well jangan khawatir karena…

Tau gak sih, kalau kampus kita punya program start-up booth, yang merupakan ajang bagi mahasiswa dan alumni UMN untuk berbisnis dan mempromosikan produk dan jasanya. Program ini  dimulai tanggal 12 Maret lalu, dan merupakan hasil kerjasama dari UMN dan Skystar Ventures. Start-up booth ini sendiri letaknya di kantin gedung C, tepatnya di sebelah kiri dan kanan Bank BRI, yang terdiri 10 booth yand disediakan untuk unit usaha.

Untuk persyaratannya, Dian Tauriana, dosen fakultas manajemen dan selaku PIC dari program ini mengatakan tidak ada persyaratan khusus bagi mahasiswa yang ingin mendaftar sebagai tenant start-up booth.

“Persyaratan khusus sih nggak ada, tapi dianjurkan bisnisnya nggak reseller, terus yang kedua ada unsur inovasinya, terus yang ketiga milik pribadi atau tim, tidak boleh ada masak memasak di sana, jadi praktis hanya transaksi dan promosi.”

Prosedurnya pun simple, cukup mendaftar lewat e-mail ke dian.tauriana@umn.ac.id, lalu kamu bakal nerima balasan e-mail ketentuan penggunaan booth berikut dengan formulirnya. Isi dan kembalikan form, lalu pilih booth mana yang akan kamu pakai serta periodenya, apakah 2 minggu atau 1 bulan. Kemudian akan diadakan technical meeting bersama pihak Skystar Ventures dan rektorat untuk membahas ketentuan dan regulasi pemakaian booth.

Dengan diadakannya program ini, diharapkan mahasiswa dan alumni UMN menjadi entrepreneur dan pembuat lapangan kerja setelah lulus. Dalam pelaksanaannya, karena program start-up booth ini juga berkolaborasi dengan Skystar Venture, para tenant bisa mengikuti pelatihan entrepreneurship yang diadakan oleh Skystar Venture.

“Karena program yg dicanangkan oleh universitas, kita maunya mencetak pencipta kerja atau job creator bukan lagi job seeker. Sebab ke depannya tantangan untuk lulusan sarjana S1 itu berat ya,” tambah Dian.

Pujita, salah satu lulusan UMN jurusan animasi yang merupakan salah satu tenant start-up booth mengaku terbantu dengan diadakannya program ini.

“Banyak sih yang nanya-nanya, apalagi mahasiswa animasi, dan mereka banyak yang contact emang mau cetak karakter mereka dari 3D nya, jadi bentuk aslinya. Dan dari penjualan sih lumayan juga, karena kemaren cuma jasa 3D printing, sekarang sudah ngeluarin produknya yang bisa dijual langsung.”

Ia berharap dengan diadakannya program semacam ini bisa encourage mahasiswa yang ingin memulai bisnisnya sendiri.

“Mulai dari event yang kayak gini sih, mahasiswa dari UMN mulai tertarik untuk jadi entrepreneur, dan mulai mikirin ide bisnisnya juga. Jadi mulai dipikirkan lah setelah lulus kuliah tuh mau ngapain, apakah mau kerja dibawa orang, atau punya ide bisnis yang bisa dijalanin.”

Jadi gimana Ultimafriends, still willing to work to fulfill someone else’s dreams, or encouraged to follow your own and build your own empire?

Editor: Vania Evan

Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST