HIGHLIGHT

TVONAIR 7.0 BEKALI GENERASI MUDA UNTUK MEMBUAT OWNED MEDIA

todayApril 15, 2022 27 4 5

Background
share close

Ultimafriends! TVONAIR 7.0 kembali hadir dengan sesi panel discussion pada Rabu, 13 April 2022 lalu, nih.

Sesi panel discussion yang diselenggarakan ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara TVONAIR 7.0 dalam memperingati hari jadi UMN TV yang ke-7, loh!

Dengan mengusung tema The key to be remarkable: Branding your owned media with creativity, panitia TVONAIR 7.0 berharap agar nantinya audiens dapat membentuk branding media ataupun branding diri sendiri dengan kreativitas yang dimiliki.

“Jadi tema ini dipilih dengan harapan setiap kita, baik peserta maupun panitia, semua bisa membentuk branding media ataupun branding diri kita sendiri dengan kreativitas yang kita punya,” tutur Adeline Frederica Simatupang, ketua TVONAIR 7.0.

Meskipun masih diselenggarakan secara daring, hal ini tidak mengurangi keseruan acara tersebut loh, Ultimafriends!

Sesi diskusi pada 13 April ini berupaya memberi pengetahuan bagi audiens mengenai cara membangun sebuah owned media dengan modal kreativitas.

Pada panel diskusi ini, TVONAIR 7.0 menghadirkan dua narasumber ternama, yakni Founder dan CEO Cretivox, Lukman Benjamin Mulia, serta Co-founder dan the brain of Menjadi Manusia, Rhaka Ghanisatria.

Para narasumber diundang untuk melakukan sharing mengenai awal mula terbentuknya Cretivox dan Menjadi Manusia, serta hal-hal lainnya seputar branding owned media.

Panel discussion dalam rangkaian acara TVONAIR 7.0. (Foto: Adeline Grace Kimline)

Sebagai contoh, salah satu topik yang dibahas adalah mengenai lahirnya ide-ide untuk konten dan bagaimana cara mendapatkan referensi untuk konten yang akan dibuat.

Menariknya, Rhaka selaku narasumber menyampaikan bahwa referensi selalu ia dapatkan dengan tindakan yang sangat simpel, yaitu dengan melakukan research terhadap hal-hal yang ingin diketahui.

“Sebenarnya simpel, sih. Spesifik aja search apa yang pengen lo tau. Kayak misalnya ketika saya ingin coba membuat konten kesehatan mental yang di Indonesia. Mungkin bisa dibilang kita yang pertama kali nih membicarakan kesehatan mental dengan cara yang cukup ringan. Saya specifically search, kok, di Youtube gitu. Mental health social experiment. That is simple. Sehingga saya menemukan channel luar yang saya enggak pernah tau sebelumnya dan saya lihat elemen apa yang bisa diambil dari videonya,” ujar Rhaka.

Selain itu, narasumber juga membahas apa yang membuat pribadi mereka tidak menyerah dan tetap melanjutkan media yang dimiliki di tengah banyaknya tantangan.

Bagi Rhaka, memang ada saat di mana ia menyerah di kala awal merintis media Menjadi Manusia. Namun, ia menanamkan mindset bahwa semua tantangan merupakan hal yang harus terus ia perjuangkan

Lukman selaku narasumber sekaligus founder of Creativox juga turut menambahkan bahwa media yang digarapnya bisa menjadi besar berkat keberanian dirinya dalam menghadapi tantangan.

“Jadi apapun yang against kita, anything, apapun, as long as itu mengancam mimpi kita, mengancam tujuan kita, pasti akan kita lawan,” ujarnya.

Hal yang tidak kalah penting adalah ketika kedua narasumber juga memberikan pesan dan semangat kepada para audiens loh, Ultimafriends! Khususnya kepada audiens yang sedang ingin ataupun tertarik untuk membangun owned media.

Rhaka once said—  failure is an option, alias bukan hal yang pasti. Hal ini karena kita sedang dalam proses belajar dan life is about learning and keep going. Maka, ketika menghadapi kegagalan, gunakan kesempatan tersebut untuk menganalisis kegagalan untuk berkembang menjadi lebih baik ke depannya. Kegagalan merupakan batu loncatan untuk naik kelas dan pasti selalu ada pembelajaran dibalik apa yang terjadi.

Intinya, it’s okay banget untuk gagal loh, Ultimafriends! Karena gagal merupakan proses dari pembelajaran yang akan mengantar kamu menuju sebuah kesuksesan.

Lukman also said, kegagalan yang sebenarnya adalah ketika kita tidak mau menghadapi dan menyelesaikan masalah saat sedang menghadapi sebuah masalah. Dengan kata lain, Lukman menegaskan bahwa output yang kurang baik bukan berarti kita gagal, melainkan itu adalah sebuah pengalaman yang dapat dijadikan acuan agar kedepannya menjadi lebih baik lagi. Lukman juga menegaskan bahwa setiap orang harus merasakan dan melalui tahap gagal agar dapat tumbuh menjadi sosok yang lebih baik lagi. Apabila kita takut gagal, hal ini secara tidak langsung mengartikan bahwa kita sudah gagal.

Insightful banget kan panel discussion-nya, Ultimafriends?

Enggak hanya acara ini saja, TVONAIR 7.0 sendiri juga mempunyai rangkaian acara lain, tepatnya sesi sharing and discussion dengan tema “Once Upon a Journey: Media Collaboration for Business Opportunities” yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 16 April 2022 mendatang.

Oleh karena itu, yuk tandain kalender dan jangan sampai ketinggalan acara keren ini ya, Ultimafriends!

 

Editor: Stephanie Risyana

Featured Image: Dokumentasi TVONAIR 7.0

Written by: Adeline Kimline

Rate it

Previous post

UMN Info

Restaurant of the Month: Interior Cozy dengan Cita Rasa Bintang Lima di Bintaro

Another month, another series of ROTM! Ultimafriends pernah bosen enggak sih ngerjain tugas di dalam kamar terus? Atau mau hangout bersama teman tapi bingung pilih tempat yang enak dan nyaman di mana? Well, tenang aja, Ultimafriends. Reporter di sini siap beri kamu rekomendasi! Kali ini, Reporter bakal ajak kamu ke sebuah cafe di daerah Sektor 9, Bintaro. Daerah Sektor 9 ini emang terkenal banget nih akan beragam cafe-nya yang punya keunikan masing-masing. […]

todayApril 12, 2022 14 3

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%