TVONAIR 6.0 Siapkan Generasi Muda Hadapi Revolusi Media dan Era Digital

Written by on April 20, 2021

Ultimafriends, TVONAIR 6.0 telah menggelar sesi diskusi pada Rabu dan Jumat, 14 dan 16 April 2021 lalu. Acara tersebut diselenggarakan secara daring dan menghadirkan sejumlah narasumber ternama. Adapun, sesi diskusi pertama mengusung tema Developing Media in Digital Technology. Panel diskusi tersebut menghadirkan News Anchor Azizah Hanum, Managing Editor Detik.com Ahmad Toriq, dan Co-Founder Magdalene.co Hera Diani sebagai narasumber.

Mengambil tema besar konvergensi media, sesi diskusi pada 14 April tersebut berupaya memberi pengetahuan bagi generasi muda mengenai perkembangan media massa dalam era digital. Pada kesempatan tersebut, para narasumber juga diberi ruang untuk berbagi pengetahuan dan pengalamannya seputar tema yang diangkat, loh Ultimafriends.

Azizah Hanum sempat mengisahkan pengalamannya ketika melakukan siaran berita dari rumah akibat pandemi Covid-19. Melalui pengalaman tersebut, Azizah menyadari bahwa Indonesia ternyata masih belum memiliki teknologi yang memungkinkan news anchor dapat bekerja dengan nyaman dan leluasa dari rumah.

Di sisi lain, Ahmad Toriq menggarisbawahi perlunya antisipasi jurnalis terhadap kasus cyber bullying yang akhir-akhir ini kerap menimpa jurnalis. Menurutnya, pemberitaan isu yang kontroversial membuat jurnalis rentan akan serangan warganet. Oleh sebab itu, Ahmad Toriq menilai perlu adanya kebijakan-kebijakan khusus yang mampu melindungi jurnalis dari tindakan cyber bullying.

Hera Diani juga turut memberi pandangannya terkait hal-hal yang perlu dilakukan media massa dalam era pandemi. Menurut Hera, media perlu meningkatkan kualitas konten dan interaksi di media sosial dengan menampilkan isu-isu besar yang ramai dibahas selama pandemi.

Sementara itu, sesi diskusi kedua berfokus membahas revolusi media di era 5.0 dan mengusung tema utama Utilizing Media 5.0 Revolution for a Positive Media Trend. For your information nih Ultimafriends, ajang sharing and discussion pada Jumat, 16 April lalu ini mengundang 21 TV kampus dari seluruh Indonesia sekaligus menghadirkan Amanda Valani selaku Content Manager Narasi TV dan Sasmito Madrim sebagai Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Suasana sharing and discussion dalam rangkaian acara TVONAIR 6.0 pada Jumat (16/04/2021). (Foto: Dok. TVONAIR 6.0)

Sejalan dengan tema yang diangkat, Sasmito menyebutkan bahwa saat ini konten pemberitaan dapat diciptakan semenarik mungkin menggunakan handphone. Tanpa menurunkan kualitas, konten yang diproduksi dengan handphone ternyata membutuhkan biaya yang lebih rendah. Sebagai jawaban atas tren mobile journalism yang berkembang, Sasmito juga mengaku bahwa AJI berupaya menghadirkan sejumlah pelatihan terkait hal ini.

Di samping itu, dari sisi audiens, Amanda Valani menilai audiens perlu dibekali kemampuan critical thinking dalam mengonsumsi konten pada era revolusi digital. Pasalnya, dalam era ini, tiap-tiap orang memiliki kemampuan untuk memproduksi konten sendiri. Oleh sebab itu, media perlu menciptakan tren positif di tengah disrupsi digital.

Sejalan dengan pendapat Amanda, Sasmito menambahkan bahwa menjadi media yang positif bukan berarti menjadi media yang hanya ingin memberitakan hal positif terus-menerus dan mengabaikan peristiwa penting lainnya. Menjadi media yang positif berarti mampu mencari solusi dari suatu persoalan sekaligus menghadirkan edukasi bagi masyarakat.

Nah, Ultimafriends, selain bertujuan memberikan edukasi, dua sesi diskusi di atas sejatinya merupakan bagian dari rangkaian acara TVONAIR 6.0 dalam rangka memperingati hari jadi UMN TV yang ke-6. Sharing and discussion pada 16 April lalu menjadi penutup kegiatan TVONAIR 6.0 yang sudah berlangsung sejak 5 April 2021. Selain menutup acara dengan diskusi, TVONAIR 6.0 juga memberi suguhan penampilan stand up comedy dari Iqbal Baiquni.

Featured images: Dokumentasi TV ONAIR 6.0
Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST