TIPS-TIPS IKUT WAWANCARA KEPANITIAAN, ORGANISASI, DAN KOMUNITAS ALA UMN RADIO

Written by on February 25, 2019

Ultimafriends, di UMN lagi musim open recruitment untuk berbagai kepanitiaan nih. Ada kepanitiaan OMB dan Commfest yang oprec-nya berakhir 15 Februari lalu. Ada pula Maxima, Starlight, Ufest, Bank Sampah, dan Mentoring yang pendaftarannya baru berakhir 22 Februari kemarin. Ultimafriends juga daftar salah satu dari berbagai kepanitiaan ini, kan? Nggak heran, selain menawarkan SKKM—yang jadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa UMN, ikut serta dalam berbagai kepanitiaan juga menambah relasi, pengalaman, dan wawasan kamu sebagai mahasiswa.

Mahasiswa dapat menambah relasi dan pengalaman dengan mendaftarkan diri ke kepanitiaan

Umumnya, setelah melalui seleksi tahap awal berupa formulir, kamu akan memasuki tahap interview alias wawancara. Tahap ini yang biasanya bikin para pendaftar gugup dan berpikir dua kali untuk ikut serta dalam kepanitiaan. Ada juga para pendaftar bermental baja yang udah datang satu jam sebelum wawancara biar bisa nulis namanya di urutan pertama sehingga bisa cepat masuk ke ruang wawancara. Dengan begitu, ia bisa menghela napas lebih cepat karena udah selesai diwawancara. Seperti pernyataan Leony, mahasiswa prodi Jurnalistik 2018, yang mengaku sangat gugup kalau mau ikut wawancara. “Gue kan jarang wawancara ya, jadi sekalinya wawancara tuh takut banget. Pengennya cepet masuk biar cepet keluar,” tutur Leony.

Buat kamu yang masih sering gugup bahkan ragu-ragu setiap memasuki tahap wawancara, simak yuk beberapa tips berikut dalam menghadapi wawancara versi Reporter UMN Radio!

1. Istirahat yang Cukup

Sebelum menghadapi hari wawancara, pastikan kamu meluangkan waktu untuk istirahat yang cukup. Istirahat ini penting untuk menjaga stamina sepanjang hari. Apalagi kalau dari pagi sampai sore ada kelas dan setelah itu harus langsung wawancara, kamu akan membutuhkan tubuh yang fit agar bisa mengakomodasi kesibukan ini. Jangan pernah anggap remeh istirahat ya, Ultimafriends. Meskipun wawancara nggak mengharuskan kamu melakukan kerja fisik, tapi tubuh yang segar akan membantu kamu menjaga mood dan konsentrasi selama wawancara. Kebayang dong kalau ngantuk dan kurang istirahat menjelang wawancara? Nanti malah nggak fokus loh pas wawancara~

2. Makan Teratur

Ultimafriends pernah denger kan kalau sarapan sangat membantu untuk tetap segar dan berkonsentrasi selama melakukan aktivitas? So, jangan sampai skip sarapan ya, mau itu hari wawancara atau kuliah seperti biasa. Nggak cuma sarapan, makan siang juga nggak boleh dilewatkan. Nggak mau dong kalau kehilangan konsentrasi akibat perut keroncongan? Belum lagi kalau kamu juga sakit mag, bisa gawat urusannya kalau sampai melewatkan makan di hari wawancara. Selain itu, minum air putih yang cukup juga nggak kalah penting, supaya tubuh kamu nggak kekurangan cairan.

3. Persiapkan Jawaban Seputar Diri Kamu

Ketika mengikuti wawancara, pewawancara tentu ingin tahu lebih dalam soal diri kamu. Nggak heran jika mereka akan bertanya seputar kelebihan dan kekurangan kamu. Oleh sebab itu, persiapkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sejujur-jujurnya. Jaga kepercayaan diri biar nggak kelihatan sombong maupun rendah diri dan pikirkan juga alasan kamu daftar kepanitiaan tersebut karena hal-hal itu membantu si pewawancara memberi gambaran tentang dirimu. Kalau kesan diri yang baik terbangun, pihak pewawancara dan kamu sendiri akan merasa lebih nyaman selama menjalani proses wawancara, maupun setelahnya. Siapa tahu kamu langsung jadi salah satu kandidat yang terpilih~

4. Pelajari Hal-Hal Dasar Seputar Kepanitiaan, Organisasi, atau Komunitas

Menunjukkan tekad dan niat yang besar untuk bergabung bersama sebuah kepanitiaan itu penting loh, Ultimafriends. Salah satunya lewat tahap wawancara ini. Maka dari itu, kamu perlu mempelajari hal-hal mendasar tentang organisasi yang akan diikuti. Misalnya tema acara, tagline, logo, struktur kepengurusan, ruangan tempat mereka beroperasi, dan lagu mars organisasinya kalau memang mereka punya.

5. Attitude

Last but not least adalah attitude. Kamu perlu memperhatikan sikap dan perilaku saat mengikuti wawancara. Beri salam ke pewawancara saat masuk ruangan dan duduk dengan sopan (baca: jangan duduk kayak lagi Netflix and chill di rumah). Kasih senyuman termanis kamu, Ultimafriends, jangan pasang muka bete walaupun mood lagi hancur gara-gara bolos kelas padahal jatah absen udah habis. Dengarkan pertanyaan baik-baik, jawab pertanyaan dengan jelas dan seperlunya—inget mereka nggak lagi buka sesi curhat, dan jangan memotong pembicaraan mereka sebelum selesai. Tatap mata pewawancara, bukan jam dinding—ini bisa memberi isyarat bahwa kamu tidak nyaman mengikuti proses wawancara dan ingin segera berakhir. Nah, pas wawancara udah selesai, ucapkan terima kasih sebelum meninggalkan ruangan ya, Ultimafriends!

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan ketika akan menghadapi wawancara. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kamu mempersiapkan wawancara-wawancara yang akan datang ya!

 
Foto: Theresia Melinda
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST