TIPS JITU MENGHADAPI PERTANYAAN MEMOJOKKAN SAAT LEBARAN

Written by on June 5, 2019

Lebaran sebentaaar lagi~

Eh malah udah lebaran ya, Ultimafriends?

Selamat, Ultimafriends, kamu udah berhasil bertarung melawan rasa lapar, haus, hasrat ingin julid, dan rasa yang masih ada ingin marah tiap baca komen netizen yang bandel dan nggak kritis.

Sayangnya, masih ada satu perasaan nggak enak yang harus kamu hadapi saat lebaran: kebingungan saat ditanyakan beberapa pertanyaan basa-basi untuk nyari topik yang bakal sering kamu temui di acara-acara keluarga.

Masalahnya, pertanyaan-pertanyaan ini tuh layaknya Ujian Akhir Semester, terjadwal tapi bentuk pertanyaannya nggak bisa diprediksi. Mungkin kamu udah menyiapkan jawaban atas pertanyaan “kapan lulus?”, tapi saat ditanya “habis kuliah mau ngapain?” seketika mulut terasa kering. Eits, tenang dulu Ultimafriends karena orang bijak berkata tidak ada pertanyaan yang tidak ada jawabannya.

So, untuk menghindari kebingungan saat dilempar pertanyaan maut oleh om atau tante, yuk simak berberapa bentuk pertanyaan dan cara menghadapinya.

Oh iya, tips ini nggak berlaku untuk Ultimafriends yang udah punya pasangan atau masih ngurus skripsi, tapi yang perlu direvisi hanya bagian daftar pustaka aja.

1. Senyum

Senyum yang sesungguhnya menyimpan banyak kepahitan di dalamnya.

Jurus ini paling ampuh kalau menghadapi pertanyaan semacam “Kok kamu gendutan ya?” atau pernyataan yang merujuk ke membandingkan penampilan lainnya. Walaupun hati rasanya kayak diremas, kamu cukup beri senyuman sambil ketawa kecil aja, Ultimafriends dan coba berpikir positif, mungkin terakhir kali kamu ketemu si penanya itu lebaran 5 tahun lalu saat badan kamu masih seukuran piyik alias anak burung~

2. Jawaban ngawur tapi diplomatis

Terkadang lebih baik menjawab pertanyaan mereka dengan jawaban yang sebenarnya nggak ada arti pasti.

Misalnya pertanyaan “Kapan lulus?” atau “Udah punya pacar belum?”. Gimana bisa jawab pertanyaannya kalau kamu sendiri nggak tahu kapan jodoh datang dan kapan bisa ngerasain wisuda kalau ada banyak mata kuliah yang haras diulang perlu diambil karena jumlah sks bertambah? Maka dari itu, jawab aja dengan jawaban diplomatis yang merangkap kedua pertanyaan:

“Oh iya tante, kata Sang Pencipta, jodohnya masih disimpan soalnya harus jadi sarjana dulu. Penginnya cepat sidang, tapi dosen penguji lagi lebaran di kampung.” Terus kamu ke meja makan buat ngambil opor ayam ronde kedua deh, pasti nggak ditanya lagi~

3. “Iya, nih”

Masih seputar pertanyaan kenapa belum bawa pasangan saat lebaran dan kenapa nggak pernah main ke rumah tante. Ada rumus jitu yang singkat dan padat untuk mejawab pertanyaan memojokkan macam ini: “Iya nih + alasan.” Boleh juga dicampur dengan tips nomor 2.

Contohnya:
Tante: “Eh, pacar kamu kok nggak dikenalin sih? Si X aja udah bawa calonnya.”
Kamu: “Hehehe, iya nih, tante. Bingung milih pacar mana yang harus dibawa.”
Tante: “Kamu juga jarang banget main ke rumah tante.”
Lo: “Aduh, iya maaf ya tante. Kemarin aku sibuk banget bantu ngurusin kucing tetangga yang lahiran.”

Pokoknya, iyain aja biar cepat selesai, terus kamu ngeloyor lagi ke meja makan buat ngambil opor ayam ronde ketiga~

4. Minta doa

Tips terakhir adalah minta doa setelah dilontarkan pertanyaan-pertanyaan yang menjebak. Siapa tau beneran didoain. Lagi-lagi, lebih baik jika ditambah tips 1, 2, dan 3.

Om: “Kamu sebentar lagi kan lulus, rencana mau kerja di mana?”

Kamu: *senyum dan sedikit menelan saliva* “Iya, nih, om. Doain ya supaya skripsi sampai wisudanya lancar. Abis itu bisa kerja di perusahaan besar, ketemu jodoh dan lebaran tahun depan bisa bawa calon. Boleh banget lho om kalau mau bantu aku dengan kasih rekomendasi perusahaan, atau kalau ada kenalan yang kerja di sana.” *tutup lagi dengan senyuman* 🙂

Nanti gantian jadi si om yang senyum-senyum, nggak tau harus balas apa.

Anyway, lebaran adalah momen indah di mana kamu bisa berkumpul dengan sanak saudara, makan opor ayam, dan ditutup dengan acara yang paling ditunggu, yaitu bagi-bagi THR. Ditanya pertanyaan mematikan hanya bagian kecil dari acara kok, Ultimafriends, jadi nggak perlu terlalu dipikirkan. Anggap aja biar lebaran kamu semakin berwarna~

Semoga lebaran tahun ini menyenangkan dan penuh berkah ya, Ultimafriends! Segenap crew UMN Radio mengucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin 🙂

 

Sumber foto: Google Image, Nurphoto
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST