Tipe-Tipe Mahasiswa UMN saat Kelas Online

Written by on April 26, 2020

Ultimafriends, pada 22 Maret 2020, Rektor UMN mengeluarkan surat keputusan yang berisi pemberitahuan tentang pelaksanaan kegiatan perkuliahan secara online. Langkah ini diambil guna menekan angka penyebaran Covid-19, terutama di lingkungan UMN. Perkuliahan online rencananya akan dilakukan hingga akhir semester genap tahun akademik 2019/2020!

Umumnya, perkuliahan online ini dilakukan secara tatap muka bersama dosen melalui aplikasi video conference. Proses berjalannya kegiatan belajar-mengajar dalam kelas online sebenarnya hampir mirip dengan kelas reguler. Bedanya, selama kelas online, kamu bisa menemukan berbagai kelakuan mahasiswa yang jarang kamu lihat ketika kelas biasa di kampus.

Dalam artikel kali ini, tim reporter sudah merangkum tipe-tipe mahasiswa UMN selama kelas onlineLet’s check it out, Ultimafriends!

1. Pengabdi Konten

“Nah kita lagi kelas online nih, guys. Kapan lagi kan kelas pake video conference?

Kelas online menjadi bahan untuk konten Instagram Story mahasiswa (Foto: Muhammad Zukhruf)

Kamu mungkin udah nggak asing lagi dengan tipe mahasiswa seperti ini, Ultimafriends. Bisa jadi, kamu atau bahkan tim reporter juga termasuk dalam kategori ini. Biasanya mahasiswa pengabdi konten nggak akan lupa untuk mengabadikan momen-momen yang nggak biasa melalui Instagram Story. Meskipun sudah berlangsung selama kurang lebih sebulan, kelas online yang dilakukan setiap hari masih tergolong hal yang baru bagi mahasiswa. Alhasil, dosen ngomel=konten, teman mangap gara-gara nge-lag=konten. Nggak salah, sih Ultimafriends, tapi jangan sampai kamu ketinggalan materi yang dipaparkan dosen karena terlalu asyik bikin konten, ya!

2. Pengabdi Kasur

“Asyik, bisa rebahan di kasur nih, kalo kuliah online”

Mengikuti kelas online di atas kasur sangat rawan membuat Ultimafriends tertidur (Foto: Freepik)

Berdiam diri di rumah setiap hari, terutama buat kamu yang anak rantau, biasanya akan kental dengan suasana liburan. Hal ini membuat sebagian besar mahasiswa jadi enggan meninggalkan kasur selama work from home, termasuk saat kelas online. Namun sebenarnya, rebahan di kasur itu nggak boleh, Ultimafriends! Dikutip dari Surat Keputusan Rektor UMN No. 232/SK-R/X/2017 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) di UMN yang disebarkan melalui e-mail student, Ultimafriends diwajibkan mengikuti kuliah online dengan posisi duduk seperti di kelas biasa dan tidak diperbolehkan untuk duduk di atas tempat yang tidak layak, salah satunya kasur. Akan tetapi nampaknya masih ada beberapa mahasiswa yang belum bisa move-on dari kasur saat kelas online. Belum lagi adanya peraturan baru yang memperbolehkan mahasiswa terkendala kuota untuk mematikan kamera ketika dosen memaparkan materi dengan metode share screen. Kesempatan rebahan nampaknya jadi semakin terbuka lebar. Kalau kamu termasuk dalam tipe ini, yuk jangan diterusin, Ultimafriends! Selain karena itu melanggar peraturan, sayang juga duit SKS kalau hanya terpakai buat rebahan:(

3. Tim Ganti Background

“Wah bisa ganti background, nih. Pake background gambar keren, ahhh.”

Mahasiswa yang mengganti latar belakangnya dengan wajah sosok ternama di Indonesia (Foto: Muhammad Zukhruf

Ultimafriends, mungkin kamu dan hampir semua mahasiswa UMN lainnya sudah sadar kalau dalam aplikasi video conference yang digunakan selama kelas online ini, terdapat fitur pengubah background. Fitur ini memungkinkan kamu untuk mengganti latar gambar sesuai keinginan kamu. Biasanya fitur ini dimanfaatkan mahasiswa untuk mengusir rasa jenuh, saling menghibur, atau sekadar membuat tampilan latar belakangnya terlihat lebih menarik. Nggak jarang, bapak/ibu dosen juga ikut mengganti background mereka selama mengajar. Kamu boleh banget ikut ambil bagian dalam “tim ganti background” dengan memanfaatkan fitur ini, Ultimafriends. Akan tetapi, jangan pasang gambar yang aneh-aneh, apalagi yang berbau SARA, ya!

4. Tim Nggak Bisa Jauh dari Makanan

“Asik kelas online bisa makan durian atau makan nasi padang, soalnya kalo kelas biasa nggak bisa makan itu gara-gara bau.”

Kelas online memungkinkan kamu untuk makan sambil belajar, tapi jangan makan makanan berat, ya, Ultimafriends (Foto: Muhammad Zukhruf)

Kamu mungkin akan berpikir dua kali ketika akan makan di dalam kelas, Ultimafriends. Namun rasa-rasanya kelas online membuat beberapa dari kamu semakin tidak bisa dipisahkan dari makanan ringan. Selama pembelajaran online, tak sedikit mahasiswa yang sesekali mengunyah makanan ringan untuk mengusir kantuk atau sekadar menjaga perut agar tidak keroncongan. Makanan yang menjadi pilihan mahasiswa pun lebih bervariasi. Kalau biasanya kamu akan menimbang-nimbang jenis makanan yang kamu bawa ke kelas karena takut aromanya menarik perhatian, di kelas online kamu tidak akan memiliki kekhawatiran serupa. Alasannya tentu saja karena dosen dan teman-teman kamu tidak akan bisa mencium aroma makanan kamu melalui aplikasi video conference HEHEHE. Akan tetapi, Ultimafriends, masih dikutip dari Surat Keputusan Rektor UMN No. 232/SK-R/X/2017 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Elektronik (E-Learning) di UMN, kamu tetap tidak diperkenankan makan makanan berat selama pembelajaran elektronik berlangsung.

Nah, itu dia beberapa tipe mahasiswa UMN saat kelas online, Ultimafriends! Dari tipe-tipe yang udah tim reporter paparkan, kira-kira kamu termasuk tipe yang mana, Ultimafriends?

Editor: Theresia Melinda Indrasari


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST