TIPE-TIPE BOOTH DI MALAM PUNCAK MAXIMA 2019

Written by on September 1, 2019

Ultimafriends, Sabtu (31/08), Maxima—as known as Malam Ekspresi Mahasiswa—diselenggarakan di Universitas Multimedia Nusantara. Dalam acara ini, seluruh UKM, komunitas, himpunan dan organisasi, media kampus, sera lembaga-lembaga semi otonom (LSO) turut meramaikan booth masing-masing yang tertata rapi di lapangan parkir UMN.

Selama Malam Puncak Maxima, mahasiswa baru dapat berkeliling melihat booth dari berbagai organisasi hingga komunitas yang ada di UMN sekaligus mendaftar sebagai anggota organisasi yang sedang open recruitment. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari UKM sains dan budaya di atas panggung Maxima, hingga performa spesial dari bintang tamu Maxima 2019, Isyana Sarasvati!

Ngomong-ngomong soal booth, udah jadi tradisi di Malam Puncak Maxima para anggota UKM, organisasi, media kampus, dan LSO akan mengerahkan tenaga untuk mendekor booth sekaligus menunjukkan keseruan dan kekompakkan dalam rangka menggaet perhatian maba. Udah menjadi hal yang wajar kalau kamu mendengar teriakan semangat dan ajakan untuk mengunjungi booth saat berjalan melewati setiap booth. Kalau ditanya booth mana yang paling kece, tim reporter bingung nih, Ultimafriends karena setiap booth berusaha semaksimal mungkin untuk menunjukkan performa terbaiknya. Nah, kalau kamu penasaran dengan booth yang tergolong unik di Maxima, tim reporter udah merangkumnya dalam tulisan ini. Let’s check these out!

Booth yang jadi gudang foto

Tipe booth ini hampir seluruh dekorasinya terdiri dari foto-foto kegiatan komunitas. Ornamen-ornamen lain tentu disertakan di sekitar foto untuk mempercantik tampilan. Eits, jangan salah Ultimafriends, booth dengan tipe seperti ini nyatanya mampu memberi gambaran detail kepada mahasiswa baru mengenai rangkaian kegiatan mereka. Salah satu booth yang masuk dalam tipe ini adalah milik UKM Rencang. Menurut pernyataan Chrisvianny Yap selaku anggota UKM Rencang, foto-foto tersebut merupakan foto-foto aktivitas yang mewakili program kegiatan UKM ini. Booth ini ternyata berhasil menarik perhatian mahasiswa baru untuk datang berkunjung, terbukti dari banyaknya mahasiswa yang antre untuk melihat foto-foto kegiatan sekaligus mendaftarkan nama mereka sebagai calon anggota baru UKM Rencang yang memang sedang open recruitment.

Booth UKM Rencang yang dihiasi dengan ‘segudang’ foto kegiatan dan diramaikan oleh para pendaftar

Booth dengan properti ter-proper

Booth yang masuk dalam kategori ini pastinya punya properti super niat dan paling menggambarkan komunitas yang menjadi pemilik booth. Nah, yang termasuk dalam tipe ini adalah booth milik Ikatan Bikers UMN (IBU). Selain punya foto-foto kegiatan, di dalam booth ini juga terdapat properti berupa motor lengkap dengan helmnya. Eh, motornya asli lho, Ultimafriends. Motor ini menjadi ciri paling kentara yang bisa menggambarkan komunitas ini. Selain itu, terdapat pula anggota IBU yang berdiri di depan booth dengan mengenakan helm, sarung tangan, dan jaket. Anak motor banget deh, Ultimafriends, kayak Dilan dan geng motornya~

Nanda, selaku ketua IBU mengatakan bahwa pemilihan properti ini memang dilakukan dalam rangka memberikan gambaran nyata mengenai komunitasnya. Selain diajak melihat isi booth, mahasiswa baru yang datang ke sini juga akan diajak berbincang mengenai kegiatan dan tujuan komunitas ini. “Tujuannya untuk membangun rasa nyaman serta mengubah stigma mahasiswa mengenai komunitas motor. Komunitas motor itu nggak selalu yang seram-seram kok,” ujar Nanda menambahkan. Selama penyelenggaraan Malam Puncak Maxima, kurang lebih 30 mahasiswa telah mendaftar untuk bergabung bersama IBU. Wah, banyak juga ya, Ultimafriends. Kamu termasuk dalam 30 pendaftar itu nggak?

Anggota IBU yang mempromosikan komunitasnya pada Malam Puncak Maxima UMN 2019

Properti booth berupa motor asli sebagai representasi paling nyata tentang IBU

Booth ter-hacep

Kategori booth ter-hacep adalah booth yang berhasil bikin pengunjungnya jadi joget dan nyanyi bareng. Lah kok bisa? Soalnya booth tersebut menampilkan lagu-lagu populer dalam bentuk live music. Pokoknya kalau kamu mengunjungi booth ini, kamu bakal merasa nonton live music jalanan yang asyik kayak di luar negeri. Ultimafriends yang kemarin datang ke Malam Puncak Maxima pasti tahu dong, booth apa yang masuk ke dalam kategori ini? Yap, jawabannya adalah Multimedia Face of Music (Mufomic). UKM band ini berhasil bikin booth keren yang berhiaskan lampu neon bertuliskan “Mufomic”. Selain itu, daya tarik booth ini juga semakin besar akibat kehadiran live music yang diselenggarakan para anggota Mufomic di depan booth. Rasa-rasanya yang ikut bergoyang dan bersenandung bukan cuma pengunjung booth-nya aja, Ultimafriends, yang jaga booth komunitas sebelah juga bisa ikutan tuh~

Live music oleh anggota Mufomic yang dilakukan di depan booth pada Malam Puncak Maxima 2019

Booth paling realistis

Pemilik booth yang masuk dalam kategori ini berhasil merancang booth yang menggambarkan suasana lokasi seperti sedang melaksanakan kegiatan. Sebagai satu-satunya booth yang membuat gapura alias pintu masuk di depannya, booth ini berhasil meraih penghargaan ‘Booth Terheboh’ dalam Malam Puncak Maxima 2019. Wah, kalau dikasih clue begini, kayaknya kamu tahu nih, Ultimafriends. Booth yang masuk dalam kategori ini adalah milik Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) yang didekor dengan gapura berwarna cokelat, lengkap dengan hiasan dedaunan dan terdapat tenda di dalamnya.

Muhamad Mahar, selaku anggota divisi panjat tebing, mengatakan bahwa gapura tersebut melambangkan pintu gua. Sementara tenda di dalamnya melambangkan kegiatan kemah seperti yang biasa dilakukan oleh anggota Mapala. Wah, main ke boothnya aja bisa bikin kamu ngerasa lagi ikut kegiatan bareng anak Mapala, Ultimafriends. Belum lagi terdapat monitor yang menampilkan video kegiatan Mapala di dekat pintu masuk booth, jadi kayak nonton acara trip-trip-adventure yang ada di TV nih. Nicholas Frederico, salah satu pengunjung booth, mengatakan kalau booth milik Mapala menjadi super unik karena dekorasinya sangat realistis dengan menghadirkan ‘gua’ dan langsung mendaftarkan diri jadi calon anggota baru Mapala. Selama pelaksanaan Malam Puncak Maxima, pihak Mapala mencatat kurang lebih ada 50 mahasiswa yang mendaftar menjadi calon anggota baru. Wah, usaha menarik minat mahasiswanya nggak sia-sia ya, Ultimafriends!

Booth Mapala yang didekorasi dengan gapura di bagian depannya sebagai pintu masuk

Nah Ultimafriends, setiap komunitas di UMN punya karakteristiknya masing-masing dalam mendekor booth. Semuanya super unik dan heboh sehingga berhasil menarik perhatian mahasiswa untuk berkunjungDi antara booth yang tim reporter rangkum, booth mana yang kamu kunjungi? Atau komunitasmu termasuk salah satu di antara tipe di atas?

Foto: Tim Reporter UMN Radio
Editor: Aurelia Gracia

Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST