TIPE-TIPE ANAK PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MULTIMEDIA NUSANTARA

Written by on September 27, 2018

Ultimafriends, ketika mendengar kata perpustakaan, kebanyakan dari kamu mungkin terbersit pikiran tentang ruangan yang penuh dengan buku, kumpulan orang-orang kutu buku, atau ruangan yang bikin ngantuk dan membosankan. Buat kamu civitas akademika Universitas Multimedia Nusantara, lebih baik segera hilangkan pemikiran tersebut dalam benak kamu.

Kenapa? Sesuai dengan nama tengah kampus kita tercinta, yaitu multimedia, dalam meningkatkan kualitas infrastruktur, UMN selalu berusaha memberikan fasilitas ICT dan juga fasilitas lain yang mampu menunjang pendidikan dan kenyamanan bagi mahasiswa. Salah satunya dengan renovasi fasilitas dan penambahan layanan perpustakaan kampus.  Perpustakaan di UMN diupayakan bukan hanya menjadi tempat untuk membaca namun juga bisa menjadi workspace yang nyaman bagi mahasiswa.

Terhitung sejak 2 September 2018, perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara sudah kembali beroperasi dengan layanan dan fasilitas yang baru, setelah dilakukan renovasi sejak Oktober 2017.

Nah Ultimafriends, yuk intip fasilitas layanan perpustakaan kampus yang dapat digunakan mahasiswa setelah renovasi lewat tipe-tipe anak perpustakaan di bawah ini. Kira-kira kamu masuk tipe mahasiswa yang mana nih kalo datang ke perpustakaan?

Sewajarnya aja

 

 

 

 

Koleksi buku dan reading area perpustakaan lantai 1

Untuk kalangan mahasiswa, mencari buku untuk referensi merupakan hal yang wajar dan perlu ya Ultimafriends. Kalau kamu datang ke perpus cuma buat cari buku referensi yang diminta dosen, kamu bisa nih masuk ke dalam tipe ini. Kamu ga bakal datang ke perpus meskipun badai gabut melanda. Kamu hanya akan menjadikan perpustakaan sahabatmu di waktu-waktu tertentu aja, yaitu di saat kamu diberi tugas yang mengharuskan kamu menggunakan buku referensi.

Nah, ada kabar gembira nih buat kamu yang masuk ke dalam tipe ini. Sekarang, perpustakaan UMN terdiri dari dua lantai. Lantai pertama menyediakan koleksi buku fiksi maupun non-fiksi, majalah, serta koran yang cukup lengkap. Di lantai ini juga kamu bisa melakukan proses peminjaman dan pengembalian buku, baik secara self-loan dengan alat peminjaman buku mandiri atau dengan bantuan petugas. Tidak hanya itu, di lantai satu juga terdapat reading area yang lebih luas dari sebelumnya, belum lagi ditambah di lantai dua. Jadi, jangan khawatir tidak mendapat tempat untuk membaca ya.

Hobi numpang

 

Fasilitas iMac yang bisa digunakan dengan cuma-cuma

Buat kamu yang suka ngerjain tugas di kampus tapi males bawa-bawa laptop dari rumah atau kos, here’s another good news for you. Kini, perpustakaan UMN menyediakan beberapa iMac yang sudah tersambung ke internet dan bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Selain itu, untuk kamu angkatan tua yang ingin segera menyelesaikan tuntutan skripsi dan membutuhkan layanan referensi, perpustakaan UMN menyediakan layanan referensi di lantai dua yang tentunya semakin memudahkan kamu untuk meraih gelar sarjana.  Dengan desain interior lantai dua yang memberi kesan mewah, niscaya membuat kamu semakin nyaman dan fokus ketika mengerjakan tugas nih Ultimafriends.

Tidak hanya terdapat layanan reference,  perpus juga menambah discussion room disertai alat penunjang presentasi di lantai dua yang menggunakan berbagai rumah adat di Indonesia sebagai nama ruangannya. Untuk dapat menggunakannya, kamu harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Selain menambah fasilitas iMac, perpus juga memperpanjang waktu operasi dari pukul 08.00 hingga 19.00 loh Ultimafriends. Jadi kamu bisa fleksibel mau kerjain tugas, mencari referensi skripsi, ataupun diskusi dengan kelompok tanpa harus terburu-buru waktu. Tapi jangan kaget kalau misalkan kamu tidak kebagian PC ya, karena cukup banyak mahasiswa yang antusias dan merasa terbantu karena adanya penambahan fasilitas iMac ini.

Gabut selalu, selalu gabut

 

Reading area yang nyaman dan tenang

Bagi kamu yang tergolong tipe ini, tiada hari tanpa mengunjungi perpus nih. Perpus adalah tujuanmu dikala gabut, nunggu jam kelas atau bahkan sekedar nongkrong karena kamu nggak tau mau ngapain. Dengan desain interior yang mewah, luas, dan rapi menjadikan perpustakaan semakin menjadi pilihan tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu. Di lantai dua, perpus juga menyediakan reading area dengan fasilitas meja kursi dan colokan melimpah yang bisa kamu gunakan untuk menghabiskan waktu luang dengan membaca, bersantai dalam ketenangan, mencari informasi, dan  streaming tanpa takut baterai laptop atau handphone kamu habis.  Kalau kamu masuk tipe ini, kamu bener-bener ga mau rugi ya Ultimafriends, memanfaatkan fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin.

 

Menarik kan Ultimafriends, sekarang perpustakaan UMN bukan menjadi tempat yang membosankan melainkan mampu menjadi tempat andalan yang nyaman bagi  mahasiswa sesuai dengan kebutuhannya. Eits, kamu udah menginjakkan kakimu di sana belum?

Foto: Debora Anggi Nathania
Editor: Vania Evan


107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST