KANTIN LIBRO TINGKATKAN ESENSI SELF-SERVICE

Written by on March 16, 2018

Ultimafriends, kamu pasti sering makan di kantin dong kalau lagi nunggu kelas atau sekedar ngerumpi sama temen-temen karena masih terlalu pagi buat pulang ke rumah?

Buat kamu Ultimafriends yang belum tahu, Kantin Libro ini mengusung konsep pelayanan self-service. Dari namanya yang udah self-service, pastinya kamu harus melayani diri kamu sendiri. Mulai dari pesan makanan dan minuman, memilih tempat duduk – yang nggak cuma nyaman, terang, dan deket sama stop kontak, tapi juga paling bagus untuk curi-curi pandang ke arah gebetan, mengambil pesanan, hingga meletakkan piring kotor ke tempat yang udah disediakan.

Setelah observasi yang dilakukan oleh tim reporter terhadap mahasiswa mengenai self-service ini, ternyata tiga dari sepuluh di antaranya mengaku masih keberatan untuk meletakkan piring kotor miliknya sendiri, nih, Ultimafriends. Alasannya, tentu karena mereka malas gerak – alias mager – untuk berdiri dari tempat duduknya yang mungkin udah mencapai ‘posisi wuenakkk dan harus jalan beberapa langkah menuju tempat di mana piring kotor itu seharusnya berada. Padahal kan piringnya bisa sekalian dibawa ketika kamu beranjak dari kantin, atau mungkin pas kamu ingin beli makanan lain. Benar nggak, Ultimafriends?

Terkadang kamu asyik sendiri dalam obrolan yang lagi dibahas, sampai lupa kalau di depan mata masih ada piring kotor yang seharusnya diletakkan di tempat yang udah disediakan. Bahkan, petugas kebersihan yang harus memindahkan piring kotor itu dari hadapan kamu.

Menurut Mas Nurdin, salah satu petugas kebersihan di UMN, tingkat kepedulian mahasiswa terhadap kebersihan masih kurang, lho, Ultimafriends. Ia mengatakan, masih banyak mahasiswa yang meninggalkan piring kotor dan sisa makanan di meja begitu aja. Tak hanya itu, pria berusia 31 tahun yang menjabat sebagai team leader ini berharap agar ke depannya, mahasiswa dapat bekerja sama untuk ikut menjaga kebersihan.

Kamu sadar nggak, sih, Ultimafriends? Dengan meletakkan piring kotor ke tempat yang udah disediakan, artinya kamu meringankan pekerjaan petugas kebersihan, lho! Nggak cuma itu, teman-teman yang mau duduk di tempat kamu sebelumnya juga nggak perlu repot-repot memindahkan piring kotor – yang jelas bukan punya mereka – ke tempat di mana benda itu seharusnya diletakkan. Kamu juga pasti nggak mau kan datang ke meja yang dipenuhi piring kotor, kecuali seluruh meja di kantin udah terisi?

Nggak cuma Kantin Libro yang mengusung konsep self-service, kalau kamu liburan ke luar negeri, ada banyak tempat makan yang mengusung konsep yang sama terutama di tempat makan yang menyediakan menu cepat saji. Jadi, kalau kamu terbiasa melayani diri sendiri di kantin dengan baik, kamu juga akan melakukan hal yang sama ketika berkunjung ke tempat makan di luar negeri. Masa iya, ketika lagi di negeri orang, kamu mau meninggalkan piring dan sisa makanan kamu di meja gitu aja? Apa nggak malu, nih, Ultimafriends?

Nah, buat kamu yang udah melakukan hal ini, keep it up ya! Kalau perlu, ajak teman-teman kamu supaya ikut meletakkan piring kotor dan sisa makanan di tempat yang udah disediakan. Yuk, kita belajar untuk bertanggungj awab dan peka terhadap sekitar dimulai dari hal-hal kecil! Dengan melakukannya, secara nggak langsung kamu udah membantu orang lain lho!

Foto: Aurelia Gracia
Editor: Vania Evan
Tagged as

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST