TIGA MODA TRANSPORTASI YANG BISA KAMU GUNAKAN DARI DORMITORY MENUJU UMN VERSI UMN RADIO

Written by on March 10, 2020

Ultimafriends, kata orang ada banyak cara untuk pergi ke Roma. Demikian halnya dengan pergi ke kampus, terdapat pula berbagai pilihan cara yang bisa kamu gunakan untuk tiba di UMN. Buat para perantau yang tinggal di indekos maupun Dormitory UMN, biasanya kamu akan dihadapkan dengan berbagai pilihan cara untuk pergi ke kampus. Pilihan yang tersedia mulai dari menggunakan kendaraan pribadi, berjalan kaki (tapi jalannya dua jam sebelum kelas, ya, Ultimafriends, biar nggak telat) hingga menggunakan moda transportasi umum yang tersedia.

Umumnya mahasiswa yang tidak memiliki kendaraan pribadi atau tidak sanggup berangkat dua jam sebelum kelas akan memilih menggunakan ojek online untuk bepergian ke kampus. Selain mudah dicari, ojek online juga fleksibel dari segi waktu sehingga kamu bisa memesannya kapan saja, tanpa dibatasi oleh waktu tertentu. Namun, buat kamu para penghuni Dormitory UMN, nampaknya kamu bisa mulai mengamati lingkungan sekitar. Pasalnya, ojek online bukan menjadi satu-satuya moda transportasi yang bisa kamu pilih untuk melintasi jalanan Dormitory UMN menuju kampus UMN yang jaraknya lebih dari 1 km ini.

Lalu, sebenarnya moda transportasi apa sih yang paling cocok buat kamu gunakan, Ultimafriends? Kamu nggak perlu bingung karena kali ini tim reporter sudah merangkum tiga pilihan moda transportasi yang bisa kamu gunakan dari Dormitory UMN menuju kampus UMN, termasuk ojek online, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

1. Bus Kampus

Rute Perjalanan Bus UMN dari TangCity Mall menuju Kampus UMN (Foto: UMN)

Ultimafriends, kalau kamu sering melihat bus biru putih yang berhenti di depan Dormitory UMN pada pagi maupun sore, percayalah bahwa bus ini adalah salah satu alat transportasi yang bisa mengantarmu pulang pergi dari dormitory menuju kampus. Bus ini sebenarnya merupakan fasilitas khusus yang disediakan UMN bagi mahasiswa yang tinggal di Tangerang atau BSD City.

Bus dengan rute Kampus UMN-TangCity Mall maupun UMN-Pasar Modern BSD merupakan bus yang akan menjemput kamu, para penghuni dormitory. Setiap pagi, bus ini akan berhenti di dormitory pukul 07.30 sebagai stop terakhir sebelum meluncur ke kampus. Sementara itu, pada siang dan sore hari, dormitory akan menjadi menjadi stop pertama dalam perjalanan bus ini, tepatnya setiap pukul 13.15 dan pukul 16.00.

Kalau kamu bertanya kelebihan bus ini dibanding moda transportasi lain, jawabannya adalah bus ini bersifat gratis alias tidak memungut biaya apapun. Jadi buat kamu yang pengin nabung untuk kebutuhan-kebutuhan pada masa mendatang, bus ini menjadi pilihan transportasi yang bisa membantu kamu untuk berhemat.

Akan tetapi Ultimafriends, seperti yang terlihat dalam jadwal di atas, bus ini hanya melayani pada waktu-waktu tertentu. Akibatnya, bagi kamu yang waktu keberangkatan dan kepulangannya di luar waktu-waktu di atas, kamu harus rela menunggu bus ini atau bahkan mencari moda transportasi lain.

Selain itu, bus kampus ini tiba sekitar pukul 07.45 setiap paginya, hanya berselang 15 menit dari waktu kelas dimulai. Oleh sebab itu, kalau kamu perlu tiba di kampus lebih awal untuk melakukan kewajiban-kewajiban tertentu, kurang disarankan naik bus ini, ya, Ultimafriends.

2. Ojek atau Taksi Online

Ojek online yang mudah dicari bisa menjadi pilihan transportasi yang bisa mengantar kamu menuju UMN (Foto: Shutterstock)

Moda transportasi berbasis aplikasi ini sepertinya udah nggak asing lagi di telinga kamu, Ultimafriends. Mulai dari memesan makanan hingga mengantar barang titipanmu, semuanya bisa dilakukan oleh aplikasi ini. Tak hanya itu, ojek atau taksi online juga menjadi salah satu pilihan moda tranportasi yang bisa mengantar kamu ke Kampus UMN.

Selain mudah dalam hal pemesanan, ojek atau taksi online ini tersedia setiap waktu. Kamu jadi nggak perlu khawatir ketika harus berangkat lebih pagi atau pulang lebih larut. Kamu hanya perlu membuka aplikasi, memasukkan alamat tujuanmu, dan menekan tombol pesan, maka ojek online pesananmu akan tiba dalam beberapa waktu.

Pembayaran moda transportasi ini dapat dilakukan dengan metode cash maupun cashless yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu. Biaya yang perlu kamu bayar juga akan tercantum setelah kamu memasukkan alamat tujuanmu. Biaya ini umumnya ditentukan berdasarkan jarak yang kamu tempuh.

Sayangnya Ultimafriends, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu akibat permintaan yang tinggi (high demand). Hal ini biasanya menyebabkan tarif ojek atau taksi online melejit serta sulit mencari driver yang bersedia mengambil pesananmu. Tak hanya itu, untuk para pengguna ojek online, kamu tidak bisa langsung naik atau turun tepat di depan dormitory. Kamu perlu berjalan sejauh beberapa meter untuk naik atau turun dari ojek online.

Tapi kenapa?

Alasannya, di sekitar dormitory terdapat pangkalan ojek sehingga menjadikan area ini sebagai zona merah bagi beroperasinya ojek online.

Yaudah, nggak apa-apa lah ya jalan dikit, Ultimafriends. Hitung-hitung olahraga~

3. Rental Sepeda Berbasis Aplikasi

Rental sepeda berbasis aplikasi yang tersedia di Gedung D Kampus UMN (Foto: Risditiya Anugerah)

Ultimafriends, pada 21 Februari 2020 lalu, sebuah rental sepeda online berbasis aplikasi baru saja resmi meluncurkan rentalnya di kampus UMN. Rental ini tersedia di beberapa titik, misalnya di Lobby Utama UMN serta Lobby Gedung D UMN. Selain tersedia di Kampus UMN, peminjaman sepeda berbasis aplikasi ini juga tersedia di Dormitory UMN, loh, Ultimafriends. Makanya moda transportasi ini menjadi pilihan ketiga yang tim reporter rekomendasikan untuk kamu gunakan dari dormitory menuju UMN dan sebaliknya.

For your information, Ultimafriends, sepeda yang tersedia di rental ini terdiri dari sepeda listrik dan sepeda biasa. Untuk melakukan peminjaman, kamu cukup mengunduh aplikasi dan mendaftarkan diri, lalu scan barcode yang terpasang di bagian belakang sepeda hingga kunci sepeda terbuka. Sepeda pun siap kamu gunakan. Jika penggunaan selesai, kamu cukup mengikuti petunjuk untuk menyelesaikan perjalanan seperti yang tertera dalam aplikasi serta mengunci kembali sepeda. Kuncinya terletak di bagian belakang sepeda, dekat roda, Ultimafriends.

Selain digunakan untuk peminjaman dan pengembalian sepeda, aplikasi rental sepeda dalam smartphone kamu juga bisa kamu gunakan untuk mencari tahu titik penyewaan di lokasi-lokasi lain. Sementara itu, biaya penyewaan sepeda ini bergantung pada durasi penggunaanmu. Biaya ini dapat kamu bayarkan secara cashless melalui aplikasi.

Lalu, apa saja keuntungan yang bisa kamu peroleh dari penggunaan moda transportasi ini, Ultimafriends?

Pertama, biaya sewa sepeda bergantung pada durasi dan bukan jarak. Artinya, sejauh apapun kamu menggunakan sepeda ini, selama durasinya singkat, maka biayanya akan lebih murah.

Kedua, kamu bisa turut serta mengurangi polusi udara sambil berolahraga. Sebagian besar dari kamu mungkin udah merasakan dampak dari polusi di sekitar kita saat ini. Salah satu penyebab polusi tersebut adalah asap dari kendaraan bermotor. Nah, dengan menggunakan sepeda, kamu bisa mengurangi polusi akibat penggunaan kendaraan bermotor. Tak hanya itu, kamu juga bisa berolahraga sambil berangkat ke kampus. Kalau begini jadinya menyelam sambil minum air, ya, Ultimafriends.

Namun minusnya, penggunaan sepeda ini belum dilengkapi dengan alat keamanan seperti helm, Ultimafriends. Padahal, jalan raya yang dilalui dari dormitory menuju kampus cukup ramai oleh kendaraan bermotor sehingga kamu harus extra hati-hati saat bersepeda melintasi jalan ini. Kalau tim reporter sih menganjurkan kamu untuk mengenakan helm dan pelindung lutut serta siku guna menjaga keamanan kamu selama bersepeda.

Nah Ultimafriends, itu dia tiga rekomendasi moda transportasi yang bisa kamu gunakan untuk pergi ke kampus dari Dormitory UMN maupun sebaliknya. Setiap moda transportasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kira-kira berdasarkan paparan dari tim reporter di atas, moda transportasi mana yang bakal kamu pilih untuk digunakan sehari-hari, Ultimafriends?

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST