TIDUR SAAT BERPUASA, NGGAK SELAMANYA BURUK!

Written by on May 19, 2019

Kurang lebih udah dua minggu menjalani bulan Ramadan. Gimana, Ultimafriends? Apakah kamu yang menjalankannya merasa kurang tidur?

Selama berpuasa, kamu harus bangun lebih awal untuk sahur dan pola makan juga berubah. Kalau biasanya bisa barbar jajan di Samen tiap siang, sekarang kalau mau batalin puasa juga udah nggak bisa karena pedagang samennya nggak jualan sementara waktu kita harus senantiasa menjaga nafsu supaya ibadah puasa di bulan Ramadan ini tetap lancar!

Nah, dengan berubahnya jam tidur serta jam makan, hal itu membuat metabolisme tubuh berubah. Inilah sebabnya kamu yang sedang menjalankan puasa terkadang mengantuk. Eits, tapi tenang aja, Ultimafriends! Ternyata tidur saat puasa itu nggak selamanya buruk, lho. Ada manfaat lain dari tidur saat berpuasa.

EH JANGAN SENENG DULU! Ada catatan untuk tidur siang kali ini, yaitu nggak boleh lebih dari 30 menit ya, Ultimafriends! Inget!

Here we go~

Manfaat yang pertama, yaitu menjaga fokus. Saat beraktivitas, kondisi tubuh yang lelah bikin nggak fokus melakukan apa pun. Boro-boro perhatiin dosen, nonton orang masak di Youtube aja udah nggak mood. Nah, kalau begitu sudah tahu dong harus ngapain? Yap! Kamu harus tidur. Walaupun hanya 20-30 menit, hal itu bisa membantu untuk mengembalikan fokusmu. Nah, kalau udah fokus, kamu akan lebih mudah untuk memahami dan mempelajari suatu hal sekaligus mengingatnya di kelas.

Kedua, mengurangi stres. Saat mengantuk, kadar hormon kartisol akan meningkat. Iya iya. Gue jelasin hormon ini tuh maksudnya apa. Jadi hormon ini punya fungsi untuk mengatur respon tubuh terhadap hal yang menegangkan, termasuk stres. Apalagi kalau saat puasa tetap banyak hal yang haris dikerjakan, kamu makin buat drama yang kira kira seperti ini:

“Huft. stres nih puasa-puasa malah disuruh ini itu. Padahal gue kan pengen fokus ibadah

Maka dari itu untuk menurunkan hormon tersebut, kamu bisa melakukan cara ampuh yang paling disenangi, yaitu…

 

TIDUR!

 

Ketiga, mengontrol rasa lapar. Saat puasa udah jelas banget kamu nggak melakukan aktivitas makan & minum sampai azan magrib. Namun, terkadang pas nunggu azan magrib itu malah terasa lama kalau lagi nggak ada yang bisa dilakukan alias gabut, udah nonton semua episodenya Black Mirror, tapi kok masih belum buka puasa? Apa jangan-jangan kamu lagi puasa di Islandia yang 22 jam? Oh, ternyata kamu cuma kelaperan aja, Ultimafriends. Kalau gitu untuk mengontrol rasa lapar, kamu bisa melakukan alternatif yang sangat mulia yang tak lain tak bukan adalah tidur siang! Nah, pertanyaan yang satu ini suka muncul: kenapa sih kalau tidur, rasa lapar akan hilang? Ini jawabannya, Ultimafriends: saat tidur, tubuh dapat membatasi hormon ghrelin dan meningkatkan hormon leptin, yaitu hormon yang mengatur rasa lapar dan nafsu makan. Sssst, tapi jangan sampai kebablasan tidur dan lupa menjalankan salatnya ya!

Keempat, meningkatkan mood. Kurang tidur tanpa disadari bisa merusak mood kamu. Udah lemas karena puasa, eh jadi gampang marah sama hal-hal yang nggak penting. Ternyata hal itu terjadi karena hormon neuroendokrin yang nggak seimbang. Oleh karena itu, tidur siang saat puasa bisa jadi solusi untuk mengembalikan sistem tubuh serta hormon neuroendokrin agar kembali normal. So, biar nggak moody lebih baik tidur, Ultimafriends, daripada energi kamu makin habis akibat marah-marah dan bikin orang lain ikutan bete karena kamu marahi. Lumayan lho, nanti pas bangun tidur jadi lebih syeger kayak minum es teh manis di bulan puasa siang bolong.

Kelima, meningkatkan kesehatan kulit. Karena kurang cairan saat puasa, kamu harus minum pocari sweat.

Eh salah. Ini bukan iklan.

Karena kurang cairan di dalam tubuh saat berpuasa, hal tersebut membuat kondisi kulit kamu kering atau bibir yang menjadi pecah-pecah. Nah, selain harus tetap menjaga asupan cairan dalam tubuh saat berbuka hingga sahur, ada cara lain yang dapat membantu kulitmu tetap lembap nih, Ultimafriends! Lagi-lagi dengan tidur siang karena aktivitas itu membantu memperpanjang regenerasi kulit dan jaringan sehingga membantu kulit tetap lembap dan terlihat lebih segar.

 

Udah ya, lima manfaat aja, Ultimafriends. Kalau banyak-banyak nanti tidur siang malah jadi alibi kamu buat males-malesan saat puasa! Eh nggak, nggak bercanda.

Tim reporter cuma mau mengingatkan kembali kalau tidur siang yang berkualitas itu kurang lebih 30 menit ya, Ultimafriends! Kalau tidurnya setelah sahur sampai buka puasa nggak bangun-bangun namanya…

Apa hayo?

 

Foto: Giphy
Sumber: Hello Sehat
Editor : Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST