The Sounds Project Vol. 4 Suguhkan Edukasi Untuk Generasi Muda Aktif Berkreasi

Written by on March 9, 2019

Ultimafriends, apakah kamu masuk dalam golongan anak muda pecinta musik? Eits, jangan terlalu pede dulu buat ngaku-ngaku sebagai anak kekinian pecinta musik kalau nggak tahu apa itu The Sounds Project.

Yap, The Sounds Project adalah festival musik alternatif garapan anak muda Indonesia. Anak-anak muda yang tergabung sebagai panitia dalam festival musik ini rata-rata masih mahasiswa dan lulusan baru, lho! Hebatnya, Ultimafriends, The Sounds Project kini telah memasuki tahun keempat dan akan kembali membawa kejutan bagi generasi muda pecinta musik di tanah air melalui The Sounds Project Vol. 4 yang mengusung tagline “Music Over Matter”.

Di tahun keempat penyelenggaraan festival, The Sounds Project Vol. 4 telah melakukan ekspansi yang luar biasa dari segi line up dan waktu penyelenggaraan. Tahun ini, 27 musisi berkualitas tanah air beserta 2 musisi mancanegara akan mengguncang panggung The Sounds Project Vol. 4. Sementara itu, waktu penyelenggaraan yang semula hanya satu hari, kini ditambah menjadi 2 hari, yakni 22 dan 23 Maret 2019.

Tapi Ultimafriends tahu nggak, sih, apa yang bikin The Sounds Project Vol. 4 ini beda dari festival-festival musik lain dan cocok banget ditonton sama anak muda?

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, festival ini memang merupakan festival yang dibuat oleh anak muda dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan musik anak muda Indonesia. Dalam press conference yang diselenggarakan di Qubicle Center Gatot Subroto, Rabu 6 Maret lalu, Project Director The Sounds Project Vol. 4, Gerhana Banyubiru mengungkapkan bahwa festival musik ini hadir sebagai inspirasi bagi anak muda untuk berkarya. Melalui The Sounds Project vol. 4, Ghana bersama timnya membuktikan bahwa selama ada usaha dan kreativitas tanpa henti, membuat event musik yang berkelas bukanlah hal mustahil.

“Kalau emang lo konsisten dan punya passion, nggak cuma nonton, bikin event musik pun possible,” ungkap Ghana.

“Gue bisa bilang kalau The Sounds Project ini berkembang banget, dari yang awalnya cuma ngundang 4 artis, tahun kedua jadi 2 panggung dan berhasil ngundang 12 artis, di tahun ketiga pindah ke Kuningan City dan line up berkembang menjadi 16 artis. Sekarang udah bisa ngundang 29 artis dan ada artis internasional juga,” tambah Ghana. Ia juga mengakui bahwa di tahun-tahun awal pengadaan The Sounds Project, banyak hal yang harus dikorbankan, mulai dari biaya, waktu, hingga tenaga. Tapi ternyata pengorbanan itu lho, Ultimafriends, yang bisa mengantar Ghana bersama teman-temannya mengembangkan The Sounds Project Vol. 4 sampai sejauh ini. Keren nggak, tuh!

Panitia The Sounds Project Vol. 4 bersama line up dalam press conference di Qubicle Center, Rabu (6/3)

Nggak hanya menyajikan konten musik dari sederet musisi berkualitas, The Sounds Project Vol. 4 juga hadir mengedukasi dan mendorong generasi muda untuk berkreasi. Nah, ini yang juga menjadi latar belakang diadakannya talkshow dalam The Sounds Project Vol. 4! Melalui program Music Talks bersama para pelaku aktif di industri musik, kamu bisa memperoleh banyak ilmu dalam festival ini.

Salah satu sesi dalam talkshow yang bakal sayang jika dilewatkan adalah Akal-Akalan Promotor Muda di hari pertama. Sesi ini menghadirkan pembicara dari Lokatara, Noisewhore, Music Gallery ke-9, serta Magical Feeling. For your information, mereka adalah promotor-promotor festival musik ternama. Kamu bisa saling sharing dan bertukar pikiran tentang gimana caranya anak muda bikin festival. Selain itu, kamu juga bisa menjadikan mereka inspirasi bahwa anak muda juga bisa menjadi promotor. Terbukti dari pembicara yang bakal hadir, semuanya masih dari kalangan anak muda. Sesi-sesi lainnya yang gak kalah edukatif adalah sesi Muda-Mudi Pemburu Momen yang juga diselenggarakan pada hari pertama serta Membanggakan Scene Musik Lokal Sejak Dini di hari kedua. Kurang nikmat apa coba, Ultimafriends, udah bisa nonton musisi-musisi berkualitas, dapat ilmu pula!

Konsistensi The Sounds Project untuk mengedukasi generasi muda dan menjadi wadah kreativitas bagi generasi muda ternyata juga mendatangkan berkah, lho. Hal ini yang ternyata juga menjadi alasan bergabungnya Autheticity sebagai main sponsor dalam The Sounds Project Vol. 4. Marketing Communication Authenticity, Anes Rembes mengungkapkan, pihaknya akan siap mendukung anak-anak muda selama mereka memiliki kreativitas.

Gimana Ultimafriends, ada rencana buat menikmati musik sekaligus memperoleh ilmu di The Sounds Project Vol. 4 nggak nih?

Foto: Theresia Melinda
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST