The Actual Prize of Being UMN Representative, Mr. & Ms. UMN

Written by on November 10, 2019

Menjadi seorang representatif yang mengikuti sebuah pageant terlihat menyenangkan dan memiliki banyak nilai plus bagi sebagian orang. Cerdas, berpenampilan menarik, dan dipandang orang banyak. Namun, untuk mencapai ke titik itu tentunya mereka yang menjadi representatif telah melalui proses panjang dan tidak mudah, apalagi sebuah kontes ini diikuti bukan semata-mata untuk mendapatkan reward, melainkan juga program kerja yang akan dilakukan dalam tahun dedikasi. Cikal bakal pageant ini dimulai pada 1888 di Spa, Belgia dan di Indonesia diawali oleh Puteri Indonesia pada 1992.

Jika Puteri Indonesia menjadi salah satu cara untuk menjadi representatif Indonesia, Mr. & Ms. UMN yang diselenggarakan sejak 2014 tak hanya dapat dijadikan sebagai representasi, melainkan juga batu loncatan bagi mahasiswa UMN yang ingin mengembangkan dirinya dan menginspirasi orang lain melalui sebuah ajang. Pada tahun keenamnya, rangkaian acara dijalankan selama kurang lebih 8 bulan dan ditutup dengan Awarding Night Mr. & Ms. UMN 2019 yang diadakan 8 November lalu. Selama 8 bulan itulah para panitia dan pihak UMN memilih finalis yang temat untuk meneruskan tugas sebagai representasi UMN yang sebelumnya dipegang oleh Mr. Rex dan Ms. Febi.

Pemberian hadiah dan pengalungan gelar Mr. & Ms. UMN 2019 kepada Mr. Bjoren dan Ms. Latisha.

Bjoren Rizki dan Latisha Maura terpilih sebagai Mr. & Ms. UMN 2019 setelah melalui berbagai rangkaian dan memenuhi kriteria penilaian para juri. Juri yang menilai pun orang-orang yang kompeten dalam bidangnya, di antaranya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UMN Ika Yanuarti, 2nd Runner Up Mister Indonesia 2018 Yusuf Hendratno, Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina, Puteri Indonesia Pariwisata 2018 Wilda Octaviana, dan aktris Nikita Willy. Sebagai pemenang, keduanya mendapatkan reward berupa sejumlah uang tunai dan beasiswa penuh di UMN, tapi nggak cuma itu yang mereka dapatkan Ultimafriends.

Lalu apa lagi?

Ms. Nathasya Danniella menuturkan bahwa reward yang mereka dapatkan tak semata-mata hanya materi yang diterima saat awarding night. “The biggest prize is the opportunity to represent our beloved universities in events both outside and within our community to help further the cause of improving the quality of education in our community and country. And to gain a new family which supports each other despite the competitiveness,” ujar peraih 2nd Runner Up Ms. UMN 2019 ini. Wah, justly reward yang sifatnya bukan materi ini lebih berharga ya.

Pemberian hadiah dan pengalungan gelar 2nd Runner Up Mr. & Ms. UMN 2019 kepada Mr. Erick dan Ms. Nathasya

Ketika menyampaikan pidato terakhirnya, Ms. UMN 2018 Febriani Alexsin sempat berhenti bicara sejenak dengan air mata yang berlinang di pipi saat mengenang memori yang telah dibangun selama 1 tahun 9 bulan terakhir bersama Mr. & Ms. UMN Family. Sementara Mr. Rex menutup pidatonya dengan sebuah kalimat pamungkas. “A true winner is a person who rise up from the failure and try to succeed,” ucapnya.

Last speech dari Mr. &  Ms. UMN 2018, Mr. Rex dan Ms. Febi

Mr. & Ms. UMN 2019 mengangkat ‘Aatreya’ sebagai salah satu penilaian yang memiliki arti berlaku cerdas dan bijaksana. Pemilihan Aatreya ditujukan agar para finalis yang terpilih memiliki sikap yang cerdas dan bijaksana dalam aspek apapun karena sebagai finalis, mereka juga dipandang sebagai role model di UMN. Bukan hanya penampilan saja yang diperhatikan, tetapi juga kecerdasan, tingkah laku, dan kebijaksanaannya.

Konferensi Pers yang dihadiri oleh  Mr. & Ms. UMN, 1st Runner Up Mr. & Ms. UMN, dan 2nd  Runner Up Mr. & Ms. UMN beserta Ketua Pelaksana dan Supervisi Mr. & Ms. UMN dari BEM UMN

Sebagai penutup dalam sesi tanya jawab, Ms. Nathasya membahas tentang keinginannya untuk melibatkan media sosial dalam proses kerjanya sebagai representasi UMN nanti. “Media sosial merupakan buah dari perkembangan teknologi yang teramat pesat dan mempunyai unlimited potential untuk menjamah komunitas baik nasional maupun internasional,” tuturnya.

Foto: Anastasia Merlinda
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST