TERNYATA INI LETAK PERBEDAAN ES KRIM, GELATO, DAN SORBET

Written by on May 3, 2018

Ultimafriends, nyadar nggak sih kalo di akhir tahun 2017 kemarin banyak gerai es krim gelato yang bermunculan? Apalagi di daerah sekitar kampus kita yaitu Gading Serpong. Mulai dari Legato Gelato, Il Vero, serta yang beberapa bulan lalu menjadi spot foto andalan beberapa selebgram dan Ultimafriends tentunya, Firenze Gelateria.

Ngomongin soal es krim dan gelato, Ultimafriends tau nggak sih kalo ternyata kedua hal tersebut berbeda? Lho?! Terus kok tadi d iatas nulisnya es krim gelato? Katanya beda? Eitsss, santai Ultimafriends! Ternyata, saat gelato disebut es krim itu juga nggak salah kok! Karena dalam bahasa Italia, gelato berarti es krim.

Selain es krim dan gelato, ada satu lagi nih Ultimafriends yang terlihat sama namun ternyata memiliki perbedaan! Sebut saja dia ‘sorbet’. Sekilas secara fisik es krim, gelato, maupun sorbet memang terlihat serupa. Namun, ternyata menurut para ahli (chef) sebenernya ketiganya memiliki karakteristik tersendiri loh!

Lantas, apa sih yang membedakan  es krim, gelato dan juga sorbet?

 

1.Es Krim

Es krim, sesuai namanya, umumnya mengandung unsur krim yang lebih dominan. Selain krim, bahan dasar lainnya ada susu, gula, serta campuran perasa. Secara rasa, es krim lebih kuat rasa krimnya. Teksturnya juga lebih lembut dan mudah hancur, akibat tingginya kandungan gelembung udara yang dihasilkan.

Selain itu, es krim didinginkan dengan suhu minus 20 hingga minus 12 derajat celcius. Waah ternyata ini toh yang menyebabkan es krim terasa tajam di lidah! Btw, selain vanila, coklat dan stroberi, apa nih rasa es krim andalan kamu?

2.Gelato

 

Gelato memiliki tekstur yang lebih halus dibanding es krim. Bahan dasar yang digunakan sama dengan es krim. Bedanya, gelato dibuat dengan menambahkan soft mix dan soft ice. Serta dibuat dengan lebih banyak susu dibanding krim. Berbeda dengan es krim, gelato butuh suhu lebih dingin yakni -20 sampai -25 derajat celcius. Kreasi rasa untuk gelato juga dapat lebih beragam, dan rasanya juga lebih kuat dari es krim.

Wah pantas aja ya Ultimafriends kalau kita ke gerai- gerai gelato, rasa yang ditawarkan lebih beragam, mulai rasa yang absurd seperti Antangin, tempe, ketoprak sampai rasa yang yummy seperti regal, thai tea, serta coklat Ferrero.

 

3.Sorbet

Meski bentuknya menyerupai es krim, ternyata sorbet tidak mengandung susu atau pun krim loh Ultimafriends! Sorbet terkenal dengan rasa buahnya yang dominan. Buat kamu yang takut gendut karena suka mengonsumsi es krim, nggak usah khawatir, karena sorbet bisa menjadi solusi untuk kamu! Sorbet diracik tanpa produk hewani, jadi aman untuk Ultimafriends yang ingin menjadikan sorbet sebagai hidangan pencuci mulut di tengah menjalani diet rendah lemak.

Dalam sejarahnya, sorbet merupakan makanan yang dibuat dari salju. Sehingga teksturnya sangar mirip seperti serbuk es. Sorbet biasanya dibuat dengan jus buah atau sari buah. Atau kalo Ultimafriends ingin membuat sendiri, bisa menggunakan bahan baku yang sederhana yaitu dengan buah, air dan gula saja! Untuk rasa, biasanya sorbet memiliki cita rasa buah yang segar, seperti stroberi, mangga dan lemon.

Setelah melihat perbedaannya, kamu bakal memilih makan yang mana nih Ultimafriends?

Referensi: kompas.com
Foto: berbagai sumber
Editor: Vania Evan

Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST