SIAPA SIH SEBENARNYA YANNY DAN LAUREL?

Written by on May 22, 2018

Ultimafriends, apakah kamu ngerasa gak asing denger kata ‘Yanny’ dan ‘Laurel’? Sebenarnya siapa sih Yanny dan Laurel? Kenapa banyak orang ngomongin Yanny dan Laurel hingga mereka jadi viral?

Ternyata, Yanny dan Laurel bukanlah seorang manusia nyata nih Ultimafriends, melainkan rekaman suara yang banyak diperdebatkan oleh banyak orang.

Perdebatan ini dimulai dari sebuah rekaman yang menyebutkan kata Yanny dan Laurel. Lalu apa yang membuat rekaman sesederhana menyebutkan nama bisa membuat hal ini viral? Faktanya, sebagian orang mendengarkan kata “Laurel” dan sebagian orang lagi mendengarkan kata “Yanny”.

Mengenai asal usulnya, seperti dikutip dari New York Times, orang yang pertama kali mengunggah rekaman Yanny dan Laurel adalah Ronald Szabo. Remaja berumur delapan belas tahun ini mengunggahnya untuk memenuhi tugas sekolahnya. Ia mencari kata ‘Laurel’ dari situs kosa kata dan merekam audio tersebut. Namun anehnya, audio tersebut terdengar berbeda di telinga teman-temannya. Sebagian mendengar kata ‘Laurel’ dan ada juga sebagian yang mendengar kata ‘Yanny’. Hal ini membuat orang-orang penasaran dan mengunggah rekaman tersebut ke media sosial.

Katie Hatzel, anak baru di Flowery Branch High School mengatakan hal yang sama dan mengunggahnya ke Instagram Story. Tak lama kemudian, rekaman tersebut viral hingga ke belahan dunia.

Ultimafriends, jadi sudah jelas ya jawabannya, bahwa rekaman tersebut sebenarnya menyebutkan kata ‘Laurel’. Tapi jika kamu mendengar kata ‘Yanny’ dalam rekaman tersebut, tidak perlu takut ada masalah di pendengaran kamu.

Pemilik akun twitter @MBoffin mengatakan jika kamu mendengarkan dengan frekuensi tinggi maka kamu akan mendengar kata ‘Yanny’, begitupun sebaliknya, jika kamu mendengarkan dengan frekuensi rendah, maka kamu akan mendengarkan kata ‘Laurel’.

Kesimpulannya Ultimafriends, tidak perlu khawatir apakah itu Yanny atau Laurel. Kedua kata tersebut memang ada dalam satu rekaman.

Editor: Vania Evan

Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST