Semenjak Internet: Usaha Petra Menyeimbangkan Konsistensi dan Keluarga

Written by on October 26, 2020

Ultimafriends, melihat musisi mengeluarkan album secara utuh sudah biasa. Tapi, gimana kalo albumnya “dicicil”? Wah, akan menjadi sebuah pengalaman segar di tengah kejenuhan hidup, nih! Petra Sihombing (kakaknya Ben Sihombing, (jangan terbalik ya, Ultimafriends) bersama label Dua Puluh Tiga secara konsisten mencicil album Semenjak Internet setiap tanggal 23 dalam bulan.

“Sesuatu yang surreal yang dijadikan sebuah gimmick,” ucap Petra sambil tertawa dalam konferensi pers virtual perilisan album Semenjak Internet pada Jumat, 23 Oktober 2020.

Kebetulan, Petra sering melihat angka 23 dan merasa angka tersebut memiliki makna yang baik. Oleh karena itu, diputuskan angka ini menjadi tanggal perilisan track setiap bulannya. Perjuangan Petra dan tim dalam mempertahankan konsistensi ini tidaklah mudah. Sebagai seorang ayah dan suami, ia tidak bisa melepaskan tanggung jawabnya. Bisa dibilang, Petra adalah super-dad lah, Ultimafriends!

Konsisten mengeluarkan lagu setiap bulan dan mengurus keluarga adalah dua hal yang sulit dikombinasikan. Petra merasakan perjuangan untuk tetap menjaga keseimbangan dalam bermusik sekaligus kehidupan personalnya. Hal-hal tidak terduga mewarnai keseharian Petra dalam menggarap album ini.

Oke bikin album, terus nyuapin Kiko (anaknya). Oke bikin album, terus nganterin Firrina,” curhat Petra.

Anya Anggarda, CEO Tap Projects yang menaungi Petra, mengungkapkan konsistensi ini tidak serta-merta dan tanpa tantangan. Diawali dengan mempelajari disiplin dan manajemen waktu, lama-kelamaan mereka mempunyai formula tersendiri untuk beradaptasi dengan konsistensi ini. Walaupun terkesan melelahkan, Petra dan tim tidak pernah menyesal melakukan pencicilan setiap bulan. Bahkan, “perilisan disiplin” ini direncanakan akan dilanjutkan hingga tahun depan. Jadi, ada teaser sedikit buat project Petra ke depannya nih, Ultimafriends!

Mengenai album Semenjak Internet, Petra mengatakan internet selama ini memang menjadi gurunya. Bagaimana pun dampaknya, baik atau buruk, semua bergantung dengan cara kita menggunakannya. Hal ini dituangkan dalam penggalan track yang berjudul Canggih, hasil kolaborasi Petra dengan Sal Priadi yang juga hadir dalam konferensi pers virtual.

Petra Sihombing dan Sal Priadi di konferensi pers virtual perilisan album Semenjak Internet
pada Jumat (23/10/2020). (Foto: Reporter UMN Radio)

Hidup memang harus canggih

Tapi pastikan kau yang pegang kendali

Salut, bisa dijadiin quotes buat unggahan Instagram kamu nih, Ultimafriends!

Untuk merayakan perilisan album ini, Petra akan menggelar konser virtual bertajuk “Pertunjukan Semenjak Pandemi”. Bersama IM3 Ooredoo, konser ini akan menghadirkan bintang tamu yang berkolaborasi dengan Petra, yaitu Sal Priadi dan Hindia. “Pertunjukan Semenjak Pandemi” akan diselenggarakan pada 7 November 2020 dan disiarkan di kanal Youtube IM3 Ooredoo, which means it’s totally free! So, jangan lupa untuk datang ya, Ultimafriends! Petra will be waiting!

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST