Restaurants of The Week: Mie Setan untuk Uji Ketahanan Pedas Lidahmu

Written by on January 27, 2021

Ultimafriends, berapa level maksimal kepedasan yang bisa kamu toleransi? Buat kamu pecinta makanan pedas, tim reporter punya satu rekomendasi tempat makan, yang nggak cuma mampu memberi sensasi pedas, tetapi juga ramah di kantong mahasiswa!

Kalau biasanya uang Rp12.000 cuma kamu gunakan untuk membayar parkir motor sebanyak enam kali di UMN, sekarang kamu juga bisa menggunakan uang Rp12.000 untuk mencoba Mie Setan yang terletak di Ruko Paramount Center, Gading Serpong. For your information, kata ‘setan’ dari Mie Setan rupanya menggambarkan ekspresi seseorang ketika menyantap mi yang sangat pedas. Saking pedasnya mi tersebut, banyak orang mengeluarkan sumpah serapah disertai kata ‘setan’.

Menu Mie Setan yang membakar lidah. (Foto: IDN Times)

Terdapat beberapa menu utama Mie Setan yang dapat kamu pilih. Pertama, Mie Setan (bukan nama outlet), merujuk pada mi rebus tanpa kuah dengan tingkat kepedasan level 1 (kurang pedas) hingga level 5 (sangat pedas) yang setara dengan 12, 25, 35, 45 dan 60 cabai. Kalau tim reporter sih sudah sangat kepedasan ketika mencoba level 3. Oleh sebab itu, sebelum memesan ada baiknya kamu mempertimbangkan kemampuanmu dalam menahan pedas! Jangan sampai rasa gurih mi tersebut jadi tidak bisa kamu nikmati akibat tertutup oleh rasa pedas.

Menu kedua adalah Mie Iblis, yakni mi yang direbus lalu digoreng bersama kecap manis dan diberi bumbu sehingga memiliki warna cokelat kemerahan. Rasa Mie Iblis lebih manis daripada menu-menu lainnya. Ketiga, Mie Tarik, mi dengan ciri khas kuah kaldu gurih serta topping daging sapi, ayam, dan jamur yang dapat kamu pilih sesuai selera. Ultimafriends juga dapat memilih level kepedasan untuk kedua menu ini yang terdiri dari level S (10 cabai), M (20 cabai), dan L (30 cabai).

Menu Mie Angel untukmu yang tidak tahan pedas. (Foto: Helen)

Kalau kamu adalah orang yang tidak tahan pedas, nggak perlu khawatir karena Mie Setan turut menawarkan menu Mie Angel! Seperti namanya, malaikat satu ini dapat kamu nikmati tanpa perlu menyiksa lidah dengan rasa pedas yang membakar. Sayangnya, ketika tim reporter mencoba Mie Angel, rasanya agak hambar dan terkesan kurang berwarna dibanding menu Mie Setan lainnya.

Nama menu minuman di Mie Setan juga tidak kalah unik. Ada Es Genderuwo, Es Tuyul, Es Sundel Bolong, Es Pocong, dan Es Kuntilanak yang siap membantumu mengusir rasa pedas usai menyantap mi. Terdapat pula makanan pendamping seperti siomai, sushi, hingga bakpao. Kalau tim reporter sih merekomendasikan kamu untuk mencoba menu favorit tim reporter, lumpia kulit tahu!

Harganya yang ekonomis memang menjadi daya tarik tersendiri bagi Mie Setan. Tanpa merogoh kocek terlalu dalam, kamu sudah bisa menikmati satu porsi menu Mie Setan, lengkap dengan pangsit goreng serta taburan daging. Sayangnya, di lantai satu kedai cabang Gading Serpong yang difasilitasi AC, hanya terdapat sedikit meja makan. Sebaliknya, lantai dua kedai menyediakan area makan lebih luas. Namun, tempat ini merupakan smoking area sehingga udaranya terasa panas.

Fun fact

Mulanya, Mie Setan berdiri di Malang. Saat tim reporter mengunjungi Malang dan menyantap Mie Setan pada 2019, harga menu mi di sana hanya berada di kisaran Rp10.000 loh! Kini, Mie Setan merupakan tempat makan yang cukup populer. Outlet-nya pun tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Gading Serpong.

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST