UMN Info

Restaurant of The Month: Cobain Mangkokku yang Jadi Mangkok Sultan di Sarinah!

todayOctober 24, 2022 13 5

Background
share close
Outlet dine in Mangkokku di Sarinah, Jakarta Pusat. Foto: Darlene Verica Angel.

Ultimafriends pasti gak asing kan sama rebranding bangunan Sarinah yang iconic itu? Sekarang bangunannya sudah kece abis, loh!

Eitsss, tapi bukan cuma bangunannya yang semakin kece, ada salah satu local brand f&b yang juga memiliki keunikan baru di outlet-nya.

Apa lagi kalau bukan Mangkokku milik Chef Arnold! Reporter yakin banyak juga dari Ultimafriends yang sudah pernah mencoba salah satu menu rice bowl dari Mangkokku ini. However, outlet Mangkokku yang berada di Sarinah ini berbeda dari outlet lainnya.

Desain restoran yang modern tetapi tetap menonjolkan sisi tradisional Indonesia. Foto: Darlene Verica Angel.

Bisa dilihat restoran ini cukup ramai dan padat. Bahkan, saat datang Reporter juga harus masuk dalam daftar tunggu. Padahal, Reporter datang kesana di hari biasa, bukan saat weekend. Wah, laris manis ya ternyata!

Nah, selain dari desain arsitektur outlet yang lebih modern dan quote-in-quote “aesthetic”, menu makanan yang disajikan di outlet Mangkokku Sarinah juga sedikit berbeda. Ada banyak menu baru dan gak pernah Reporter lihat juga sebelumnya.

Menu Mangkokku Sarinah yang berbeda dan unik dari outletnya yang lain. Foto: Darlene Verica Angel.

Bukan hanya rice bowls basic, Mangkokku Sarinah menghadirkan variasi seperti hidangan ala carte yang disebut “Nusantara Specials” dan juga appetizers. Variasi “Nusantara Specials” membawakan hidangan Indonesia yang elevated seperti Sate Buntel Bulgogi, Beef Maranggi with Salsa Fresca, dan Gulai Cauliflower with Urap, unik-unik banget ‘kan?

Udah, gak usah lama-lama ya Ultimafriends, langsung aja deh Reporter cobain makanannya.

Atas: Kulit Crispy, Bawah-kiri: Ayam Betutu, Bawah-kanan: Beef with Sambel Korek Bawang Bone Marrow. Foto: Darlene Verica Angel.

Berhubung lapar, Reporter cobain 2 rice bowl yang gak ada di outlet biasa. Pertama, ada rice bowl Ayam Betutu dan yang kedua adalah Beef with Sambel Korek Bawang Bone Marrow. Selain itu, Reporter juga memesan light bites yaitu Kulit Crispy.

Untuk menu Ayam Betutu cukup unik karena ini adalah hidangan khas Bali. Disini ayamnya cukup besar ya Ultimafriends, ada kremesan, dan dilengkapi dengan urap. Ayam Betutu disini sangat lembut, juicy, tidak kering, dan gurih. Kremesan nya juga menambah tekstur keseluruhannya supaya gak monoton, loh! Selain itu, mungkin Reporter berharap porsi urap sayur nya bisa lebih diperbanyak supaya rasa enaknya tuh pol gitu loh hehe…

Lanjut, rice bowl kedua itu basically adalah rice bowl daging sapi dan tulang sumsum, dilengkapi sambel korek bawang khas Mangkokku. Jujur, jujur, jujur, ini enak banget Ultimafriends! Beefnya super lembut, smoky, gurih, dan banyak. Plus, sumsum tulangnya itu loh, bener-bener bikin dish ini semakin creamy dan umami. Apalagi, dipakein sambel korek bawang yang gurih dan bikin melek itu. Wah, ini favorit Reporter sih! Tips sedikit, kalau gak tahan pedas kayak Reporter, minta sambelnya dipisah ya supaya bisa kamu atur sendiri.

Gak boleh ketinggalan si Kulit Crispy andalan Reporter, nih! Kalau yang ini Reporter udah sering pesen di aplikasi online. Emang andalan banget sih, dia itu garing, agak asin, dan kalau dimakan sama rice bowl dia tuh bikin makanannya semakin nampol.

Kondisi outlet Mangkokku Sarinah. Foto: Darlene Verica Angel.

Satu hal yang bikin Reporter agak kecewa adalah durasi menunggu makanan. Saat memesan, Reporter harus menunggu sekitar 20-25 menit untuk penyajian makanan di Mangkokku Sarinah. Padahal, meja-meja lain tidak semuanya terisi. 

Selain itu, konsep open kitchen yang ada memperbolehkan tamu untuk melihat para koki di dapur. Waktu itu, terlihat ada banyak staff di dapur. Namun, ada beberapa staff yang menganggur. Mungkin hal ini bisa jadi perhatian outlet kedepannya supaya memaksimalkan kinerja staff sembari memuaskan konsumen mereka.

But overall, ini worth to try banget Ultimafriends! Apalagi buat kamu yang penyuka makanan fusion daerah Indonesia. Jangan lupa siapin perut ya, karena menurut Reporter porsinya cukup mengenyangkan. Dari Reporter, bintang 4 deh buat Mangkokku Sarinah!

 

Featured Image: Darlene Verica Angel

Editor: Stephanie Risyana

Written by: Darlene Verica

Rate it

Previous post

UMN Info

A Little Guide to MBKM: Program Kampus Merdeka Bagi Mahasiswa

Hayooo Ultimafriends, coba sini absen dulu-- siapa yang udah tahu tentang MBKM? Well, mungkin program MBKM ini sendiri pernah dibahas di bimbingan akademik. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa ada Ultimafriends yang masih bingung atau merasa miss dengan informasi yang disampaikan karena banyaknya program yang ditawarkan. Maka dari itu, reporter comes to the rescue, Ultimafriends. Kali ini Reporter akan membahas lebih lanjut tentang MBKM. So-- buat kamu yang lagi overthinking soal […]

todayOctober 24, 2022 11 1


Similar posts

UMN Info

Demo Day Skystar Ventures UMN Sukses ajak Mahasiswa Kenalkan Ide Bisnis Kreatif

Sebanyak lima startup buatan mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara (UMN) berkesempatan mengenalkan ide bisnis mereka dalam acara Demo Day yang diselenggarakan oleh Skystar Ventures, Jumat (11/11/2022). Untuk informasi, Demo Day sendiri merupakan tahapan akhir dari Skystar Ventures Incubation Program. Tahun ini, Demo Day diselenggarakan bersamaan dengan penutupan rangkaian Level Up Program […]

todayNovember 12, 2022 3


0%