REKOMENDASI BAHAN MAKANAN YANG PERLU DISIAPKAN SEBELUM AKHIR BULAN

Written by on November 10, 2019

Tanggal tua menjadi momok yang paling menyeramkan bagi sebagian anak kost. Masih di pertengahan bulan aja udah makan mie instan, apalagi akhir bulan?! Kalo bisa bayar mie instan pakai CC, pakai CC deh~ (YA WALAUPUN BELUM PUNYA JUGA)

Aelah.

Lebay lu, mie instan doang

YA GIMANA BAMBANG???? BELUM BAYAR UANG KAS, BELOM BAYAR JATAH YANG NGGA ADA RASANYA, TERUS HARUS GIMANA AKUTU?

Lah jadi berantem.

Yaudah, daripada berantem,  kali ini tim reporter akan memberikan Ultimafriends rekomendasi bahan makanan yang perlu kamu siapkan sebelum akhir bulan supaya lemari makanan kamu isinya nggak cuma mie instan! (INSYAALLAH INI SEMUA HALAL DAN TIDAK MEROGOH KOCEK ULTIMAFRIENDS!)

Telur

Calon anak dari ayam ini adalar salah satu bahan makanan yang murah dan mudah untuk diolah jadi apa aja. Nah, sebagai orang Indonesia, rasanya kurang lengkap kalau makan nggak pakai nasi, ya daripada karbohidrat plus karbohidrat (kalo makannya sama mie instan), lebih baik padukan nasi kamu dengan telur goreng! Tim reporter menyarankan kamu untuk beli telur sekilo atau yang dijual dalam kemasan berisi 10 butir supaya kalau dalam keadaan ‘darurat’ bisa langsung dimasak. Nah, biar ada sedikit variasi rasanya—karena harga kornet agak cenderung mahal dibanding kecap, lebih baik Ultimafriends beli kecap manis aja. Kecapnya nggak cuma bisa dituang di atas telur yang udah digoreng lho, kamu juga bisa masak telurnya bareng dengan kecap, kayak nasi telur Ayong yang hits itu. Nih, tim reporter kasih resepnya dari channel Youtube-nya William Gozali biar telur goreng kamu bervariasi~

Kalau menurut kamu harga kecap masih mahal, yaudah, ketuk pintu kamar sebelah dan coba buat minta kecap. Kalau nggak punya telur buat digoreng juga? Lakukan hal yang sama 🙂

Tempe

Rendang tempe yang nggak kalah lezat dari rendang daging~

Sama seperti telur, tempe juga tergolong bahan makanan yang mudah didapatkan di pasar, supermarket, atau wrung sayur-mayur di pinggir jalan. Kalau belum naik, kisaran harganya sekitar empat sampai lima ribu rupiah, Ultimafriends. Nah, untuk olahannya, kamu bisa masak dengan bumbu kuning atau rendang instan yang dijual di warung, minimarket, dan supermarket terdekat. Harganya juga nggak mahal kok, sekitar lima ribu rupiah aja. Kalau rendangnya mau sedikit mewah, kamu bisa tambahkan sisa telur yang dibeli untuk digoreng tadi atau tempenya juga bisa kamu oseng dengan kecap. Jadi bervariasi kan makanannya! Xixixi~

Beras

Image result for beras

Beras yang siap mengenyangkan perut Ultimafriends

Nah, makanan pokok orang Indonesia yang akan dimasak jadi nasi ini kudu-harus-wajib ada di lemari makanan kamu.

Kenapa?

Ya, kenapa nggak?

Nggak, nggak gitu, Ultimafriends. Kalau kamu punya beras dan tentunya rice cooker, kamu bisa saving uang lebih banyak karena nggak perlu bolak-balik ke warteg atau Student Cafe untuk beli sebungkus nasi yang harganya lima sampai enam ribu rupiah. Memang kamu harus lebih bersabar saat nunggu nasinya matang, tapi demi menyimpan pundi-pundi rupiah, kenapa nggak, Ultimafriends?

Untuk olahannya, kamu pasti udah tahu dong mau bikin apa dan gimana caranya?

Yak, tak lain tak bukan adalah nasi goreng! Tinggal ditambah bumbu instan yang penuh micyiiiiiin, sedikit garam, dan sisa telur yang sebelumnya kamu beli, menu makan siang/malam kamu jadi mewah! Kalau mau menu olahan nasi yang lain, kamu bisa masak nasi gila, Ultimafriends. Hanya saja, kamu perlu membeli bumbu instan sambal terasi, sosis dengan merk terkenal yang dijual satuan dan bisa kamu beli dengan harga delapan sampai sepuluh ribu rupiah, kol dan sawi yang harganya di bawah sepuluh ribu, dan yang nggak boleh ketinggalan adalah telur mata sapi. Sedap kan, Ultimafriends?

Lezatnya nasi goreng yang dilengkapi telur mata sapi

*eits gambar di atas cuma referensi, kalau hasilnya mau kayak di gambar ya budget di luar kendali reporter~

Cream soup

Cream soup, makanan praktis yang hangat di kantong dan perut

Mungkin sebagian Ultimafriends bertanya-tanya, “Kok rekomendasinya cream soup?”. 

Nah, sekarang udah banyak cream soup instan yang dijual di pasaran, Ultimafriends. Variasinya pun nggak cuma satu, ada sup jagung, asparagus, hingga jamur. Rasanya juga sebelas-dua belas sama cream soup di restoran ayam cepat saji yang berlogo kakek-kakek itu~

Harganya berapa?

Eits, jangan khawatirkan harga, apalagi sampai cemas. Tim reporter yakin kamu masih bisa beli karena harganya sekitar tujuh sampai delapan ribu rupiah aja. Kalau mau agak mewah, bisa kamu tambahkan crouton, alias potongan roti tawar yang diolesi mentega dan disangrai di atas wajan. Satu hal yang perlu kamu perhatikan pas masak cream soup, komposisi air dan bubuk cream soup-nya harus seimbang ya Ultimafriends karena kalau airnya kurang, rasa gurihnya bakal terasa banget dan bisa bikin kamu enek.

Makan di Warjo

Salah satu menu di Warjo yang bisa dinikmati

Tadi kan bahas bahan makanan, kok tiba-tiba Warjo?

Alasan tim reporter menaruh Warjo di pilihan terakhir karena makanan yang dijual di warung makan ini adalar makanan yang paling pamungkas bagi sebagian anak-anak UMN. Kamu nggak perlu ke supermarket atau pasar untuk beli bahan makanan, makin kelaperan akibat ribet masak, belum lagi harus cuci piring, pokoknya tinggal…MAKAN DI WARJO!!!

Itulah beberapa bahan makanan setengah instan selain indomie yang bisa kamu makan di kala saldo rekening kamu berteriak. Sebaiknya kamu siapkan dari sekarang mumpung masih awal bulan dan bisa dibeli. Nah kamu pilih menyimpan bahan makanan untuk akhir bulan atau langsung pergi ke Warjo, Ultimafriends?

Foto: Berbagai sumber
Editor : Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST