PUNYA GENG DI KAMPUS, MASLAHAT ATAU MUSLIHAT?

Written by on May 8, 2019

Ultimafriends, pernah dengar kata ‘geng’ kan? Iya, benar, geng yang itu, kelompok pertemanan yang hampir selalu main bareng dan umumnya para anggotanya memiliki beberapa kesamaan. Mungkin sebagian besar dari kamu pernah atau sedang berada dalam sebuah geng, meskipun geng itu nggak dinamain kayak di sinetron. Nah, Ultimafriends, kamu pernah nggak memikirkan dampak berada di sebuah geng ? Apakah menurut kamu geng itu bermanfaat dan membawa kebaikan? Atau justru merupakan hal yang menjebak dan menjerumuskan?

Nggak bisa dimungkiri, Ultimafriends, banyak stigma yang berkembang di masyarakat soal geng. Ada yang mengasosiasikan geng sebagai kumpulan anak-anak berandal yang hobinya tawuran, ada yang memandang bahwa punya geng cuma menghabiskan uang gara-gara bikin orang jadi hangout terus, dan nggak sedikit pula pihak yang menilai bahwa geng membuat orang-orang yang berada di dalamnya menjadi eksklusif, suka ngomongin orang lain, sampai nggak peduli dengan orang-orang di sekitarnya selama itu nggak berhubungan dengan geng atau kelompoknya. Memang sih, banyak geng yang merepresentasikan pandangan-pandangan negatif tersebut di masyarakat. Meski demikian, geng nyatanya nggak selalu berdampak buruk buat kamu, lho, Ultimafriends. Sebaliknya, ada pula manfaat yang kamu peroleh dari memiliki geng.

Yuk simak apa aja kemaslahatannya!

Membuatmu tidak kesepian

Kehadiran teman-teman terdekat as known as geng bakal bikin hari-hari kamu di kampus jadi lebih berwarna. Dengan adanya mereka, kamu bisa melepaskan kepenatan setelah belajar di kelas, memperoleh penguatan saat dilanda masalah, atau menjadi teman kamu untuk sekadar berbagi cerita sambil makan dan nungguin kelas berikutnya. Intinya, hari-hari kamu nggak bakal cloudy dan sepi kalau ada mereka.

Asal ada mereka, nggak bakal ada kata ‘sepi’ di kamus kamu

Menjadi reminder sekaligus motivator

Ultimafriends pernah nggak dengar quote soal teman yang baik bakal berusaha ngingetin temannya? Nah, itu salah satu manfaat dari punya geng. Teman-temanmu bisa jadi pengingat di saat mulai ogah-ogahan kelas padahal jatah absen sisa satu, sementara masih ada setengah semester lagi yang harus dilewati. Mereka juga bakal jadi orang yang panik telpon ketika jam udah menunjukkan pukul 08.14 WIB, tapi batang hidungmu belum terlihat di kelas. Selain jadi reminder, mereka juga bisa jadi motivator buat datang ke kampus karena kamu tahu ketika bersama mereka, kamu bisa ngobrol dan ketawa-ketiwi meskipun hal yang diobrolin nggak penting.

Teman geng bakal sibuk neleponin kamu kalau belum hadir di kelas

Menjadi teman belajar

Selain jadi teman nongkrong, teman-teman satu gengmu pun bisa jadi kelompok belajar, Ultimafriends. Apalagi kalau sekelas dengan teman-teman geng, kamu bisa share catatan, saling tanya tugas, atau berbagi ilmu menjelang ujian. Eits, kamu juga perlu hati-hati Ultimafriends karena geng seperti inilah yang rawan dengan groupthink dan eksklusivisme. Akibat terlalu sering melakukan segala hal bersama, kamu bisa berpikir kalau geng kamu yang paling oke. Parahnya, gengmu bisa menolak untuk disatukan dalam satu kelompok di mata kuliah tertentu dengan teman-teman kelas lainnya. Nah, jangan sampai kamu punya gejala-gejala seperti ini ya, Ultimafriends.

Geng kamu bisa menjadi teman yang membantu kamu dalam belajar

Mengajarkan toleransi dan kesetiaan

Ultimafriends, setiap hubungan nggak akan luput dari masalah, termasuk hubungan pertemanan. Berada dalam sebuah geng akan mengajarkan bahwa nggak semua orang bisa sesuai dengan ekspetasimu, nggak terkecuali anggota geng sendiri. Oleh sebab itu, menghargai dan menghormati perbedaan perspektif antara kamu dan teman-teman geng yang lain diperlukan. Kalau kamu lulus ujian ini dan tetap bisa bertahan dalam geng itu, maka kamu juga udah belajar untuk setia.

Perbedaan dalam geng kamu akan membuat kamu belajar soal toleransi dan kesetiaan

Membangun rasa percaya diri

Sadar atau tidak, punya geng bisa bikin self-confident meningkat karena kamu merasa ada orang yang mendukung serta siap menjulurkan tangannya untuk membantu ketika kamu jatuh. Asique.

Geng bakal senantiasa memberi dukungan dan semangat buat kamu

Ultimafriends, walaupun punya geng memang nggak selamanya buruk, kamu juga perlu waspada karena geng bisa berubah menjadi toxic ketika kamu atau pun orang-orang di dalamnya nggak punya iktikad baik. Nah karena itu jangan sampai kamu punya geng hanya sebagai siasat mendapat contekan tugas atau sekadar taktik bertahan hidup di akhir bulan dengan cara jadiin geng kamu tempat minta makan atau minjem duit arena mereka bukan bank atau kantin. Sebaliknya, jadikan geng kamu sebagai saudara dan keluarga serta hidupkan geng kamu dengan melakukan hal-hal positif bersama. Menjerumuskan atau tidaknya sebuah geng tergantung dari orang-orang yang ada di dalamnya. Jadi, pilihan geng itu bermanfaat atau malah menjebak ada di tanganmu dan teman-teman gengmu~

Foto: Giphy
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST