CAMPUS TALK

Pro Kontra Wisuda Online UMN 2021

todayDecember 11, 2021 35

Background
share close

Ultimafriends, sebentar lagi para mahasiswa UMN akan segera melaksanakan wisuda, sebagai tanda bagi mahasiswa tersebut menyelesaikan studi mereka di Universitas Multimedia Nusantara.

Melalui email atau surel mahasiswa, pihak universitas sebelumnya memberikan dua pilihan calon wisudawan, yakni secara online dan offline. Hal ini menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan kesan dan pesan terakhir yang menarik bagi kampus tercinta mereka selama 3,5 tahun serta 4 tahun dengan memilih wisuda secara offline.

Namun, pada 23 November lalu, melalui postingan Instagram resmi UMN, pihak kampus memberikan pernyataan bahwa secara resmi mereka akan melaksanakan wisuda secara online pada 18 Desember mendatang melalui aplikasi Zoom.

Sontak hal tersebut menimbulkan berbagai pro dan kontra dari para calon wisudawan yang akan melaksanakan wisuda pada 18 Desember mendatang. Beberapa dari mereka mempertanyakan hasil voting, serta mempertanyakan, bagaimana bisa kampus melakukan berbagai kegiatan kampus, tetapi kesulitan untuk mengadakan wisuda offline.

Laura, salah satu mahasiswi Strategic Communication 2017, memikirkan wisuda merupakan momen sekali dalam seumur hidupnya yang menjalani perkuliahan selama empat tahun.

Lempar topi bersama teman ketika wisuda terbayang sangat seru, ya! (Sumber: Unsplash)

Ia sangat menyayangkan pihak kampus yang akan melakukan wisuda secara daring pada 18 Desember mendatang, ia menjelaskan bahwa situasi yang terjadi saat ini justru sudah cukup membaik dan sangat bisa untuk melakukan wisuda secara offline, menurutnya kepada salah satu reporter UMN Radio.

Namun, beberapa mahasiswa juga masih turut ikut memilih online, salah satunya Yohana yang merupakan mahasiswi Jurnalistik UMN 2017. Dirinya beranggapan bahwa melakukan wisuda melalui daring, membuat dirinya lebih simple karena tidak perlu melakukan swab test, serta mencari penginapan untuk orang tuanya yang berada diluar kota.

Menurut Yohana, ia lebih mementingkan keselamatan dirinya dan keluarganya, serta mengesampingkan momen serta situasi yang terjadi saat ini.

Meski hanya bisa lewat layar, wisuda online sempat menjadi pilihan dari berbagai universitas. (Sumber: Unsplash).

Selain pro dan kontra wisuda kembali dilaksanakan secara daring, Erick yang merupakan mahasiswa yang jurusan Film 2017, memiliki pandangan yang cukup netral terhadap keputusan kampus tersebut. “Saya tidak mempedulikan wisuda secara online maupun offline, karena sebenarnya bagi saya tidak ada ruginya bagi saya untuk memilih salah satu dari keduanya. Karena yang terpenting dari saya, saat ini saya harus mampu bertahan hidup jadi apapun kelulusan saya, saya sudah tidak memikirkan dan mengenang masa – masa saya untuk kumpul terakhir kali atau membuat hal itu menjadi best memory in my life,” jelasnya.

Ultimafriends, kalau kamu sendiri lebih pilih wisuda offline atau online, nih?

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.

Written by: Risditiya Anugerah Pratama

Rate it

Previous post

HIGHLIGHT

UMN Radio Try: Weekly Planner, Solusi Jaga Produktivitas Kerjamu

Ultimafriends, pernah enggak sih kamu mikir, “Kenapa hari ini gue nyantai banget, ya?” Padahal, masih ada laporan magang yang menunggu buat dilanjutkan, proposal penelitian yang menanti buat direvisi, serta proyek-proyek Ujian Akhir Semester (UAS) yang merengek minta dikerjakan. Meski sadar, rasanya badan ini terlalu malas buat bangkit dari tempat tidur. Kemudian di hari lain, kamu bisa jadi excessively productive. Semua tugas dilibas habis, termasuk yang deadline pengumpulannya masih dua minggu. […]

todayNovember 26, 2021 49


0%