Pro dan Kontra Lulus Lebih Cepat Versi UMN Radio

Written by on March 22, 2021

Ultimafriends, jika kamu mengatakan bahwa kamu ingin lulus lebih cepat, biasanya kamu akan disambut oleh reaksi yang positif. Terlebih lagi jika mereka adalah orang tuamu.

Bagi beberapa mahasiswa, lulus lebih cepat dari teman angkatannya biasanya sudah direncanakan sejak awal mereka duduk di bangku perkuliahan. Entah karena permintaan orang tua atau keinginan diri sendiri. Banyak juga yang ingin lulus cepat karena sudah enggak sabar untuk segera melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Intinya, lulus kuliah lebih cepat terdengar sangat menggiurkan.

Although interesting, you may want to consider the fact that like almost all things, graduating early also has its pros and cons. Inilah beberapa poin baik dan buruknya lulus lebih cepat.

Pro: Kamu akan menghemat biaya

We know what you’re thinking: duh. Apalah arti membahas baik-buruk dari lulus lebih cepat tanpa membahas tentang keuntungan dari segi finansial. Lulus lebih cepat artinya kamu akan memotong biaya kuliah yang tentunya tidak sedikit. Inilah yang biasanya menjadi motivasi utama mahasiswa yang ingin mempercepat waktu studinya.

Tak hanya biaya kuliah, tentunya kamu bisa menghemat biaya akomodasi dan transportasi, terutama bagi mahasiswa yang merantau.

All in all, it sounds like a good deal, right? One more burden off your parents’ shoulders.

Con: Jadwal kuliah yang lebih padat atau libur yang lebih singkat

Jika kamu ingin lulus lebih cepat, maka kamu harus siap untuk memiliki jadwal kuliah yang lebih padat atau masa liburan yang lebih singkat. Biasanya, kamu diizinkan untuk mengambil mata kuliah pada semester depan lebih awal. Tentunya ini akan membuat jadwalmu lebih padat dibandingkan dengan teman-teman angkatanmu yang lain.

Pengorbanan seorang mahasiswa yang ingin lulus lebih cepat.
(Source: Spongebob Squarepants)

Beberapa program studi juga menyediakan mata kuliah yang bisa kamu ambil pada semester antara. Walau biasanya mahasiswa melakukan semester antara untuk mengulang mata kuliah yang enggak lulus, banyak juga yang mengikuti semester antara untuk mempercepat waktu studi. Semester antara biasanya dilaksanakan ketika libur dari semester ganjil ke genap. Maka dari itu, kamu harus siap untuk menghabiskan waktu liburanmu untuk tetap berkuliah.

Pro: Kamu bisa mulai bekerja lebih cepat

Semakin cepat kamu lulus, maka semakin cepat pula kesempatanmu untuk mencari pekerjaan. Bagi kamu yang sudah enggak sabar untuk mendapatkan slip gaji pertamamu (No, gaji yang kamu dapatkan saat kamu membantu orang tua membersihkan rumah bukan termasuk gaji yang sebenarnya, ya, Ultimafriends), maka tentunya lulus lebih cepat akan terdengar menggiurkan.

Con: Jadwal yang padat bisa menghambatmu untuk mengasah soft skill-mu

Walau enggak bisa disamaratakan bagi seluruh mahasiswa, biasanya para pengejar lulus cepat akan lebih mementingkan prestasi akademik dibandingkan non-akademik atau kegiatan kampus lainnya seperti kepanitiaan atau organisasi. Nilai IP tentunya dapat menunjukkan kemampuan akademis seseorang, namun nyatanya enggak semua perusahaan hanya melihat dari rekor akademis seseorang saja.

Meme di atas merupakan hal yang kerap terjadi bagi fresh graduates.
Source: Reddit

Pengalaman bekerja di organisasi dan kepanitiaan juga merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate. Menyeimbangkan prestasi akademik dan pengalaman bekerja tentunya akan menunjukkan kepada perusahaan bahwa hard skill dan soft skill-mu terasah dengan baik.

Also, having a long list of work experience on your CV is most definitely a plus.

Jika kamu hanya mengejar prestasi akademik saja, mungkin kesempatan bekerjamu akan lebih kecil dibanding fresh graduate lainnya yang sudah memiliki banyak pengalaman bekerja semasa kuliahnya.

Pro: Your parents will surely brag about you at every chance they get!

Nah, ini dia. Pernah enggak Ultimafriends menghadiri sebuah acara keluarga atau semacamnya dan ada orang tua yang membanggakan anaknya karena berhasil lulus lebih cepat?

Well, that might be you in a few years time!

Siapa sih yang enggak ingin membanggakan orang tuanya? Walau mungkin kamu akan merasa sedikit malu, tentunya kamu akan senang ketika melihat orang tuamu begitu bangga padamu. Pada saat itu, semua rasa lelah dan perjuanganmu selama kuliah akan terbayarkan.

Con: Kamu mungkin akan menjadi bahan perbandingan anak orang tua lain

Saat kamu sedang berada di sebuah pesta atau acara keluarga dan seorang ibu memperkenalkan kamu dengan anaknya, kamu lebih baik berharap si ibu enggak akan mengatakan sesuatu seperti: “Tuh, lihat tuh si [nama kamu]! Dia aja bisa lulus cepat, kenapa kamu enggak bisa?!”

Noooooooooo, there it is, a line that every child hates to hear! You feel bad for the kid and now things are awkward between you two.

Anyways, reporter sudah menjabarkan beberapa poin penting yang harus kamu pertimbangkan saat ingin mempercepat studimu dan lulus lebih cepat. Kesimpulannya adalah kamu harus menyiapkan diri secara fisik dan mental untuk bisa menempuh perjuangan yang tentunya enggak semudah itu.

Walau mungkin terdengar menguntungkan, tentunya yang paling penting adalah lulus tepat waktu dan jangan sampai melebihi waktu lulus yang telah ditentukan. Nikmatilah masa kuliahmu dan jadikan ini kesempatan untuk mengeksplor kemampuanmu lebih dalam lagi!

Kira-kira bagaimana, Ultimafriends? Apakah kamu masih ingin lulus lebih cepat?

Featured image source: Pinterest

Editor: Elizabeth Chiquita Tuedestin P.

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST