PLAYLIST UNTUK PEKAN TERAKHIR BULAN SUCI RAMADAN

Written by on May 29, 2019

Ultimafriends, saatnya hitung mundur ke Hari Raya Idul Fitri yang udah di depan mata! Walaupun tinggal menghitung hari, mungkin kamu udah memasuki waktu Indonesia bagian puasa mulai nggak niat. Benar atau benar? Semoga bisa ditahan ya, Ultimafriends karena tim reporter dan music director-nya UMN Radio membuat playlist spesial untuk kamu yang lagi struggle di minggu terakhir puasa. Ada playlist buat sahur, melewati jam kritis, buka puasa, dan Lebaran nantinya. Eits, tenang Ultimafriends, nggak ada rekomendasi lagu jayus yang bunyinya, Ramadan tiba, Ramadan tiba, tiba-tiba Ramadan~”.

Playlist untuk sahur

1. Jeremy Zucker – Comethru

Lagu pertama yang cocok didengerin saat sahur ini punya sepenggal lirik yang pas banget buat Ultimafriends yang lagi merasa penat sama per-UAS-an ini, It’s alright to not be fine on your own. Sedikit catatan, lagu ini jangan dinyanyikan keras-keras karena masih subuh dan takutnya yang comethru malah tante kunti 🙁

2. NIKI – Lowkey

Musisi Tanah Air satu ini memang punya suara yang adem untuk didengar, Ultimafriends. Kalau dilihat dari judulnya, cocok banget diputar pas sahur. Lowkey sendiri merupakan slang word yang artinya keeping something on the own low─diam-diam menikmati sesuatu alias makan sambil merem karena masih ngantuk. Gapapa ya Ultimafriends, daripada telat sahur?

3. Hindia – Evaluasi

Salah satu frontman idola kaum hawa ini udah melahirkan dua single dari solo project-nya. Salah satunya “Evaluasi”. Selain mengingatkan untuk evaluasi diri di bulan suci ini, ada liriknya yang juga pas banget buat dilakukan setelah sahur, yaitu “bilas muka, gosok gigi, tidur lagi evaluasi~”

4. Zayn, Zhavia Ward – A Whole New World

Lagu ini memang legend banget di dunia per-Disney-an, apalagi film Aladdin masih hangat-hangatnya di box office. Suara Zayn yang ganteng dan suara Zhavia yang cantik menjadi pengantar tidur yang sempurna setelah sahur.

5. Oslo Ibrahim – Yes I’m The Man You’re Looking For

Lagu terakhir di playlist sahur ini kembali datang dari musisi Tanah Air. “My baby” yang ditujukan pada lagu ini kayaknya lebih relevan kalau ditujukan untuk kasur kesayangan kamu, setuju Ultimafriends?

Playlist untuk jam kritis

1. Timeflies – I Choose You

Rata-rata jam kritis saat puasa itu ketika jarum jam menyentuh angka 3. Beberapa jam menuju buka puasa kok ya tiap 1 jamnya berasa nambah 10 menit 🙁 . Lagu ini bisa jadi penyemangatmu karena musiknya yang menggebu-gebu dan cocok untuk karaokean. Selain itu juga ada bagian rap yang bisa dihafal Ultimafriends kalau lagi iseng.

2. Afgan – Heaven (feat. Isyana Sarasvati, Rendy Pandugo)

Lagu kedua yang datang dari musisi dalam negeri ini cocok karena menceritakan indahnya masa cinta remaja, seindah membayangkan risol mayones dan es buah yang akan disantap saat buka nanti.

3. BTS – Boy With Luv (Feat. Halsey)

Salah satu grup musik terbaik di Asia ini berhasil membawa genre K-POP untuk didengar warga dunia. Lagu ini cocok jadi teman ngabuburit karena lirik yang hampir 90% berbahasa Korea ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar bahasa asing sambil nunggu adzan magrib. Konon katanya practice makes perfect~

Nih coba Ultimafriends artikan ke bahasa Indonesia (jangan pake Google translate ya!)

널 알게 된 이후 ya 내 삶은 온통 너 ya

사소한 게 사소하지 않게 만들어버린 너라는 별

(Oh yeah) 하나부터 열까지 ay ay 모든 게 특별하지 ay ay

너의 관심사 걸음걸이 말투와

사소한 작은 습관들까지 (oh ah)

4. Ed Sheeran – I Don’t Care (Feat. Justin Bieber)

Lagu yang sempat jadi rahasia-rahasian Ed dan JB, jadi lagu keempat yang ada di playlist ini. Lagu ini bisa menjadi semacam kultum untuk sebaiknya mencari seseorang yang dapat membuat kita merasa dicintai, menjadi lebih baik, dan hal positif lainnya! Eits, tapi seseorang ini nggak harus pacar ya, Ultimafriends.

5. Tompi – Ramadhan Datang

Jam kritis yang mulai memasuki jam anak indie (read: senja dan kopi) mengingatkan kita bahwa #RamadhanIsComing dan yang paling penting adalah bedug akan segera berkumandang. Coba dong yang ngaku anak indie sekali-kali dengerin suara dokter Tompi dengan lagunya Ramadhan Datang, mumpung momennya lagi pas.

Playlist untuk buka puasa

1. Adhitia Sofyan – Sesuatu di Jogja

Laki-laki berkacamata yang berkaya sejak 2009 ini mengaku bahwa Jogja seperti magis, ada sesuatu yang sulit terjelaskan hingga akhirnya Adhitia membuat lagu ini. Lagu dari Adhitia Sofyan ini emang bikin mood jadi adem, tapi jangan Ultimafriends ganti jadi Ada Sesuatu di Balik Tudung Saji lho~

2. Iron & Wine – Flightless Bird, American Mouth

Alunan musik yang bikin suasana sendu dengan iringan gitar ini bisa buat buka puasa kamu terkesan romantis dengan menu apapun, dari pasta sampai nasi padang. Lirik yang cukup puitis dengan bahasa Inggris permainan kata-kata ini cukup buat pusing untuk dipahami. Nah, daripada dipikirin, mending didengerin sambil makan, Ultimafriends.

3. Marion Jola – Tak Pisah Lagi (feat. Rizky Febian)

Suara manis perpaduan dari finalis Indonesian Idol dan anak komedian ini (emang nggak nyambung) membuat kolak pisang, es buah, slurpee Sevel—yang udah tutup tokonya—semakin manis. Bila kembali tak ingin pisah lagi~ takjil-takjilku.

4. Phum Viphurit – Lover Boy

Musisi yang akan segera menyambangi Jakarta ini musiknya enak banget didengerin setelah makan sambil joget-joget, lumayan sekaligus bakar kalori, tapi jangan gede-gede ya, Ultimafriends, inget lo baru selesai makan.

5. Heidi – As Long As

The Girl With Hair got some point in this song, Ultimafriends! Coba dengar dan resapi liriknya sebagai teman untuk nunggu makanan yang baru ditelan turun ke perut. Biar makanannya cepat turun, kamu juga bisa sambil melakukan kegiatan yang berguna, seperti cuci piring atau siap-siap tarawih, supaya makin dapat berkah, Ultimafriends~

Playlist untuk hari raya

1. Justin Timberlake – Can’t Stop The Feeling

Lagu yang jadi soundtrack film Trolls ini cocok di situasi hari H Lebaran. Can’t stop the feeling karena dapet THR, kalau nanti nyanyi bareng sama saudara-saudara liriknya bisa diganti jadi “I got that sunshine money in my pocket” hehe~

2. GIGI – Hati yang Fitri

Dari judul, lirik, sampai alunan nadanya memang paling pas buat hari raya. Sebagai saran Ultimafriends, lagunya diputar pas halal bihalal, kalau mau di-loop juga sabi. Biar makin khusyuk.

3. Coldplay – Hymn for The Weekend

Lagu yang dibawakan Chris Martin ini cukup menenangkan ditengah gempita hari raya. Hymn for The Weekend THR~

4. Fatin – Bersyukurlah

Salah satu penyanyi Indonesia yang suaranya bikin adem hati. Selain suaranya lagunya juga buat #selfreminder untuk tetep bersyukur walaupun THR tahun ini akan habis buat jatah kepanitiaan xixixixi.

5. D’Masiv – Do’a  (feat. Shakira Jasmin)

Lagu terakhir di playlist terakhir menjadi pengantar harapan Ultimafriends untuk orang-orang sekitar agar bisa berjumpa lagi di bulan suci Ramadan tahun berikutnya.

 

So that’s all Ultimafriends, empat playlist yang dibuat untuk bulan penuh berkah ini! Walaupun UMN Radio lagi off air, playlist di atas dapat menjadi obat rindu Ultimafriends. Selain itu UMN Radio juga siaran di Arena.id setiap hari Rabu dan Jumat jam 18.00-19.00 lohhhh! Akhir kata, segenap tim reporter UMN Radio mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, mohon maaf lahir dan batin, Ultimafriends!

Foto: Sarah Sekar
Editor: Aurelia Gracia

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST