EVENT

Pitch First 2020: Building Entrepreneurial Skill Through Ideas

todayOctober 1, 2020 28

Background
share close

Ultimafriends, dalam membangun sebuah usaha atau bisnis, ide menjadi langkah awal yang penting bagi setiap orang. Namun, ide hanya akan menjadi tambahan pikiran bila kamu tidak membagikannya kepada orang lain. Kamu mungkin bisa berbagi bersama anggota keluarga, teman, atau bahkan masyarakat yang lebih luas melalui forum dan kompetisi.

Sejalan dengan hal tersebut, Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan forum dan kompetisi bisnis bertajuk Pitch First. Acara ini terinspirasi dari kegiatan pitching, yakni upaya menyampaikan suatu ide atau gagasan yang dimiliki pelaku bisnis kepada orang lain atau komunitas yang lebih luas. Dalam perspektif bisnis, kegiatan pitching bertujuan untuk mengumpulkan dana yang akan membiayai kegiatan bisnis tersebut.

Pitching ide bisnis yang dilakukan oleh dua mahasiswa dari The University of British Columbia pada Sabtu (26/09/2020). (Sumber: Dokumentasi Penyelenggara)

Kompetisi Pitch First yang memasuki tahun keempat ini hadir dengan sentuhan berbeda. Pandemi Covid-19 membuat kompetisi ini harus diadakan secara daring. Dengan format pelaksanaan daring, Pitch First tidak hanya membuka kesempatan untuk mahasiswa Strata 1 di Indonesia, tetapi juga memberi peluang bagi mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri.

Setelah melalui babak penyisihan, sebanyak 13 universitas melaju ke babak semifinal. Beberapa di antaranya adalah Universitas Prasetiya Mulya, Universitas Parahyangan, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan University of British Columbia. Setiap tim menampilkan ide bisnis kreatif dan orisinal kepada tujuh juri ahli dalam berbagai bidang bisnis.

Pitching ide bisnis oleh peserta dari PPM School of Management pada Sabtu (26/09/2020). (Sumber: Dokumentasi Penyelenggara)

Kompetisi Pitch First diharapkan dapat menjadi ruang bagi mahasiswa untuk tidak hanya mengasah kreativitas dan pengetahuan terkait ide bisnis yang dimiliki, tetapi juga membangun karakter serta kemampuan entrepreneurial.

Setelah melalui tahap final, terdapat empat tim dari universitas berbeda yang keluar sebagai pemenang. Juara satu diraih oleh ACE FAM dari Universitas Prasetiya Mulya. Juara dua disabet oleh Très Bien dari IPMI International Business School. Juara tiga menjadi milik Nexus dari Universitas Indonesia. Sementara penghargaan Best Pitching Category berhasil diperoleh UBC dari The University of British Columbia.

Tim reporter mengucapkan selamat kepada para pemenang! Semoga ilmu yang didapat bisa dimanfaatkan untuk menciptakan perubahan positif bagi masyarakat luas.

Editor: Theresia Melinda Indrasari

Written by: Vanessa Masli

Rate it

Previous post

EVENT

Jelajah MAXIMA Daring 2020

Walau berada di tengah pandemi Covid-19, MAXIMA tetap memulai pengembaraannya melalui rangkaian acara HoME, STATE, dan ditutup dengan Malam Puncak yang diselenggarakan secara daring. Pelaksanaan daring ini ternyata merepresentasikan inovasi dan keunikan MAXIMA 2020 loh, Ultimafriends! MAXIMA 2020 mengusung tema mitologi Yunani, Odisseus (Odyssey) yang mengembara menggunakan kapal layar. Kisah Odyssey dimaknai oleh MAXIMA sebagai pertualangan panjang mahasiswa baru dalam mengembangkan minat dan bakatnya melalui organisasi dan sederet kegiatan menarik […]

todaySeptember 29, 2020 5


0%