Pentingnya Atensi dalam Orientasi

Written by on August 18, 2020

Ultimafriends, bulan Agustus udah mau mendekati akhir. Itu tandanya, rutinitasmu sebagai mahasiswa akan kembali berjalan. Namun ternyata bukan hanya kamu loh, yang bersiap memulai semester baru. Teman-teman mahasiswa baru juga akan segera membuka lembaran baru dengan predikat  mahasiswa.

Setiap tahunnya, mahasiswa baru akan disambut dengan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memperkenalkan dunia perkuliahan. Kegiatan ini biasa disebut sebagai masa orientasi. Namun, pandemi Covid-19 membuat masa orientasi mahasiswa di banyak universitas, termasuk di Universitas Multimedia Nusantara ini, harus dilaksanakan secara online.

Mungkin kamu bertanya-tanya, ‘Emang harus banget ya ada OMB online?’, ‘Emang penting ya sampai OMB tetap harus diadakan buat teman-teman mahasiswa baru?’ Kali ini, tim reporter akan share alasan-alasan pentingnya masa orientasi tetap dirasakan oleh mahasiswa baru sebelum masuk ke dunia perkuliahan.

Pelaksanaan OMB UMN 2020 yang berbasis virtual pada Selasa (18/08/2020). (Foto: Gregorius Amadeo)

Masa Orientasi adalah Permulaan Penyesuaian bagi Mahasiswa

Setiap orang yang masuk ke lingkungan baru butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, mulai dari hal sederhana seperti lokasi setiap ruangan, hingga dinamika pergaulan di dalamnya. Semua individu memang perlu memahami lingkungan yang akan jadi dari bagian hidup mereka.

Nah, masa orientasi ini adalah waktu yang diberikan kepada mahasiswa baru untuk memulai penyesuaian mereka dengan kehidupan sebagai ‘mahasiswa’. Mereka yang menghabiskan 12 tahun di bangku sekolah kemungkinan besar akan merasakan perbedaan signifikan dalam dirinya ketika menginjak dunia perkuliahan. Oleh sebab itu, masa orientasi menjadi awal penyesuaian yang baik bagi setiap individu.

Menurut Psikolog Personal Growth Gracia Ivonika, setiap orang yang masuk ke dalam lingkungan baru, khususnya universitas perlu mengikuti rangkaian masa orientasi semaksimal mungkin. Sebab, mahasiswa baru itu masih tergolong remaja akhir yang belum bisa sepenuhnya dibiarkan hidup mandiri. Masa orientasi menjadi panduan mereka untuk menentukan cara mereka menjalani kehidupan perkuliahan.

Hal ini yang juga dirasakan oleh salah satu mahasiswa UMN Angkatan 2016, Geofanni Nerissa atau yang akrab disapa Fanni, Ultimafriends. Namun berbeda dengan OMB tahun ini, Fanni mengikuti rangkaian kegiatan OMB on site yang berjalan selama tiga hari, lengkap dengan penugasan yang harus diselesaikan dalam waktu satu minggu.

“Setelah briefing, ada waktu seminggu dengan tugas yang banyak. Saat itu, kita juga dipaksa kenal dan kerja dengan orang-orang baru,” ungkap Fanni ketika mengingat tentang kegiatan OMB yang ia jalani.

Namun kegiatan orientasi yang menguras tenaga ini mengajarkannya untuk tidak mudah mengeluh. Rangkaian kegiatan dan tugas-tugas yang ia jalani selama OMB ternyata memberinya gambaran tentang kehidupan akademis perkuliahan serta membantunya untuk memilih metode untuk berproses selama empat tahun ke depan.

Orientasi Online Sama Pentingnya dengan Orientasi On Site

Mungkin pengalaman yang dirasakan oleh Fanni akan berbeda dengan teman-teman mahasiswa baru di OMB 2020. Akan tetapi, setiap individu perlu banget untuk mengikuti rangkaian kegiatannya dengan atensi penuh.

“Meski orientasinya online memang tetap harus diadain. Kalau nggak ada masa orientasi, justru mahasiswa akan semakin bingung. Apalagi di masa pandemi, mahasiswa juga perlu mengenal sistem kuliah online,” jelas Gracia Ivonika ketika membahas tentang orientasi yang dilakukan secara daring ini.

Bagi Gracia, efektivitas orientasi online untuk mahasiswa baru terletak pada tiga hal, yakni: konten yang diberikan, cara menyampaikan informasi, serta seluruh panitia yang terlibat. First impression matters karena mahasiswa senior yang terlibat menjadi panitia adalah orang-orang pertama yang dikenal oleh mahasiswa baru tentang dinamika calon kampus mereka.

“Masa orientasi adalah whole package bagi setiap mahasiswa di lingkungan baru mereka,” ungkap Gracia.

Mahasiswa Baru Tetap Perlu Starter Kit di Masa Perkuliahan

Meski OMB telah hadir untuk memfasilitasi mahasiswa memasuki dunia perkuliahan, setiap individu masih perlu starter kit supaya informasi dan kegiatan yang dijalankan selama OMB bisa maksimal. Nah, tim reporter akan membagikan skill set yang bisa Ultimafriends pakai menjelang masuknya kuliah dan semester baru:

  •         BE PROACTIVE

Ketika kamu hanya diberikan waktu beberapa jam untuk lebih mengenal kehidupan kuliah yang akan kamu jalani selama empat tahun ini, beranikanlah diri kamu! Beranikan buat apa? Beranikan untuk mencari tahu lebih banyak tentang kehidupan mahasiswa, mengenal teman-teman di jurusan lain dalam kelompok OMB, membangun koneksi dengan senior, dan bahkan bertanya banyak hal yang bisa bikin kamu lebih paham dalam menentukan kiblat kamu sebagai mahasiswa.

  •         BE INDEPENDENT

Jadikan masa orientasi dan awal kuliah sebagai cara kamu membangun kemandirian. Kamu lagi ada di masa transisi, loh. Dari yang siswa menjadi mahasiswa, dari yang biasanya pakai seragam menjadi pakai baju sesuka hati tapi tetap sopan dan rapi, serta berbagai keputusan yang harus kamu buat setiap harinya. Nah, kemandirian memerlukan proses yang tidak harus kamu lakukan sendirian. Gracia juga mengungkapkan pentingnya peran pembimbing akademik untuk membantu kamu bila kamu mengalami kesulitan dalam menjalani masa perkuliahan.

  •         BE RESILIENT

Resilient adalah cara kita untuk bangkit dari situasi sulit atau hal-hal yang membuat kita kecewa maupun stres,” ungkap Gracia. Resilient adalah hal terakhir dan terpenting, Ultimafriends. Di masa perkuliahan, kamu tidak jarang akan menemukan kesulitan, baik dalam akademis maupun dalam hal-hal yang sifatnya pribadi. Oleh sebab itu, kamu perlu banget mencari cara mengembalikan semangat untuk keluar dari situasi sulit yang kamu alami.

Nah Ultimafriends, mau online ataupun on site, masa orientasi itu jadi masa penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal dinamika dunia perkuliahan serta menentukan pola kehidupan kampus selama empat tahun ke depan. So, tidak ada alasan bagi kamu untuk meragukan pentingnya pelaksanaan orientasi berbasis online. Buat teman-teman mahasiswa baru 2020, selamat mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru 2020! Jangan lupa untuk selalu memberikan atensimu selama masa orientasi ini!

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST