PENTAS TEATER ROBIN OF THE SHERWOOD JADI TAMPARAN BAGI KONDISI POLITIK INDONESIA

Written by on May 16, 2018

Ultimafriends! Masih inget cerita rakyat asal Inggris yang berjudul Robin Hood? Itu loh Ultimafriends, cerita tentang seorang penjahat yang mencuri dari orang kaya dan memberikan hasil curiannya kepada orang yang kurang mampu.

Dengan membuat remake dari cerita Robin Hood, teater KataK mampu memecahkan tawa penonton di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) lewat  pementasannya yang ke-54 yakni Robin of Sherwood. Aksi memukau para pemain di panggung GKJ tidak hanya menuai tawa, tetapi juga memberi hawa romansa percintaan dan sensasi ‘deg deg-an’.

Loxely berjuang melawan Sheeriff (Michael Josua)

Tidak hanya itu, pementasan yang berlangsung selama tiga hari (11-13 Mei 2018) ini juga menggambarkan pemerintahan yang kejam, pajak yang tinggi, kesenjangan status sosial, dan kelemahan masyarakat kecil yang terpampang nyata. Hal ini memicu rakyat untuk menginginkan adanya suatu revolusi.

Menurut pemeran Loxely I, Ardianus Edoardo, cerita Robin of Sherwood juga ‘ngena banget’ karena sesuai dengan keadaan bangsa kita tercinta, bangsa Indonesia.

Ia melanjutkan, “harusnya di zaman ini masyarakat kecil itu dirangkul, tapi justru dibuang oleh para pemerintah. Dan bentar lagi kan ada pemilihan presiden,  temanya pas, timing-nya juga pas banget, jadi bisa juga memberi makna lebih agar pemerintah lebih memperhatikan masyarakat dan kita juga bisa saling membantu.”

The Robins, sekelompok penjahat dalam pementasan Robin of The Sherwood memberi semangat kepada rakyat jelata (Michael Josua)

Sedangkan menurut penulis naskah Robin of Sherwood, Vladimir Ivan, pementasan ini ingin menanamkan nilai perjuangan. “Sama kayak Loxely (pemimpin pasukan Robin) ketika dia memiliki suatu tujuan. Dia dengan gila-gilaan berjuang untuk mewujudkannya, dan berhasil,” tutur Vladimir Ivan.

Gimana Ultimafriends, menurut kamu pementasan ini ‘ngena’ nggak?

Semoga nilai-nilai baik yang ditanamkan oleh penulis naskah dan segenap crew yang terlibat dapat tersampaikan dengan baik ke penontonnya ya!

Editor: Vania Evan

Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST