PARA WANITA MINTA DISETARAIN ATAU DIKASIHANIN?

Written by on April 28, 2018

Perayaan Hari Kartini setiap tahun vibes-nya makin membara ya Ultimafriends! Berasa nggak sih kamu? Bisa jadi karena perkembangan emansipasi wanita yang semakin baik, ditambah lagi beberapa bulan yang lalu isu-isu feminisme sedang marak-maraknya! That’s all good Ultimafriends, dimana cewek-cewek sekarang jadi lebih kuat, mandiri, dan tidak mau dipandang sebelah mata.

But in another way, Ultimafriends masih sering gak sih merasa kalo cewek-cewek bukan minta disetarain tapi minta ‘dikasihanin’ juga? Dikasihanin dalam arti mereka sebenernya bisa melakukan sesuatu hal tapi menuntut privilege lebih dengan beralasan, “gue kan cewek.” Kalau kamu masih belum kebayang, coba simak persoalan sehari-hari yang kadang bikin jengkel ini!

  • “Lu kan cowok, nih bawa dong barangnya!”

Wanita-wanita Kenya membawa berbagai barang di atas kepalanya (Pinterest)

Ultimafriends sering denger hal ini? Atau bahkan ngelakuin hal ini? Sebenernya ini bukan masalah yang besar kalau kamu minta tolong dengan sopan, pasti orang lain juga bersedia bantuin kamu dan nggak nyinyir dalam hati. Apalagi kalau kamu memang terlihat kesulitan. Kira-kira gimana ya pandangan Ultimafriends mengenai hal ini?

“Kalau ada beberapa barang dan barang itu ada yang berat yaa nggak harus gue angkat semua, tapi ada sebagian barang yang cewek bawa  juga. Jadi posisinya saling membantu, sama sama bawa barang. Intinya adil, tapi kalau ada cewek kayak gitu sangat nggak dewasa ya dan harusnya ngerasa nggak enak atas perkataannya itu.” –Aditya Driant (Jurnalistik 2016)

“Menurut gue selama barang itu bener-bener berat nggak ada salahnya minta tolong dengan ngomong yang baik dan itu akan jadi hal yang lumrah kalau barangnya berat beneran sampe lu sendiri nggak sanggup bawa. Minta tolong aja, gue yakin juga cowok mau bantu. Tapi ya kalo masih bisa bawa sendiri ya bawa sendiri dong.” –Nashya Tamara (Jurnalistik 2016)

Setuju kan Ultimafriends sama pendapat mereka? Meski memang wanita tidak diberkahi dengan hormon testosteron sebanyak laki-laki sehingga kadar otot wanita lebih sedikit terbentuk, tapi bukan berarti wanita nggak bisa angkat barang sama sekali kan? Bahkan, udah banyak atlet-atlet wanita yang prestasinya melebihi laki-laki. Jadi terbukti kan, meski cewek secara biologis nggak sekuat laki-laki, tapi cewek bisa menyamai bahkan melebihi laki-laki jika mereka mau.

 

  • “Masa gue yang nyetir? Kan lu cowok, harusnya lu dong.”

Google

Mungkin wanita-wanita ini lagi males nyetir kali ya Ultimafriends? Mungkin cowok mau aja nyetirin kamu, tapi kalau kamu ngomongnya kayak gitu apa mendingan dikasih ongkos buat naik taksi aja ya? Hmm simak dulu pendapat Ultimafriends ini yuk!

“Cowok ya emang harus nyetir sih. Walaupun gue udah biasa nyetir sendiri tapi kalo disitu ada cowok mungkin dengan sendirinya cowok mengajukan diri tanpa diminta. Tapi kalo ga peka ya minta tolong dengan baik. Karena cowok kalo nyetir lebih hati-hati dan refleknya lebih bagus dibanding cewek.” –Yuliana Sugianto (Jurnalistik 2015)

“Mungkin kalo emang cewek minta itu karena si cowok berasa lebih dipercaya. Bikin kesepakatan dari awal untuk gantian nyetirnya mungkin akan terasa adil dan harusnya juga cowok nggak masalah disetirin cewek. Tapi ya emang cowok dengan sendirinya ngerasa lebih terhormat kalo bisa membantu si cewek.” –Rakadetyo (Teknik Informatika 2014)

Yap bener tuh Ultimafriends, cowok memang punya kecerdasan spasial yang lebih baik dibanding cewek sehingga cenderung dapat menyetir dengan lebih baik dan tanggap, kamu nggak salah kok kalo minta tolong disetirin. Tapi sebaiknya tetep buat kesepakatan ya di antara kamu dan teman laki-lakimu biar adil. Atau kalau emang si cowok nggak keberatan, ya sah-sah aja.

  • “Ihh kok nggak ada ladies parking sih? Kan susah terus jauh jalannya.”

iStock

Mall-mall jaman sekarang kebanyakan emang menyediakan fasilitas untuk ladies parking. Tapi nggak jarang juga tempat-tempat yang belum menyediakan fasilitas ini dan kadang buat wanita-wanita kesusahan cari parkir. Kalau dipikir-pikir emang kenapa ya harus ada ladies parking?

“Menurut gue ada atau nggak ya sama aja, tapi mungkin cewek lebih ngerasa aman karena sama-sama cewek dikiri kanannya. Tapi ya kalo nggak ada gausah memaksa, toh harusnya udah bisa parkir juga, hati-hati aja.” –Fiona (Strategic Communication 2017)

“Yaa kadang emang ngerasa nggak adil sih, bingung juga harusnya kalo bisa nyetir, juga bisa parkir dong. Kalau misalnya mau enak dan nggak ribet ya valet parking aja atau minta tolong sama yang lain, jangan ngeluhnya yang gede.” –Dhamma Joti (Teknik Informatika 2017)

Ladies parking emang fasilitas untuk cewek, tapi bukan berarti kamu jadi tergantung dengan adanya fasilitas itu kan?

  • “Bantuin gue nyebrang dong, nggak gentle deh.”
Pinterest

Apakah gender ada hubungannya dengan kemampuan menyeberang jalan?

Coba kira-kira Ultimafriends nanngepin soal ini gimana ya?

“Kalau menurut gue sebenernya nggak ada yang salah kalau minta tolong dengan baik. Kalau gue pribadi nyeberangin cewek lebih ke arah persoalan manners aja sebagai cowok. Kalau minta tolong ya pasti gue akan nyeberangin” –Laurentius Setiawan (Jurnalistik 2016)

“Emang banyak cewek minta diseberangin karena nggak bisa nyeberang sendiri. Bisa minta tolong sama siapa aja, nggak mesti cowok. Kalo bawa-bawa gender nggak nyambung aja. Ada juga kok cowok nggak bisa nyeberang.” – Lusia Auliana Purnama (Jurnalistik 2016)

  • “Kok malah dia yang duduk sih, bukannya kasih cewek duduk!”

Dailymail

Nah kalo soal yang terakhir ini sering banget tim reporter temuin di kendaraan umum, entah itu KRL atau Transjakarta. Ini pendapat Ultimafriends mengenai hal ini.

“Kursi prioritas itu emang ada sendiri, tapi kalau lu nggak termasuk di antaranya, yaa nggak usah nyinyir sama cowok yang duduk. Kan sama-sama punya hak, malah jadi pertanyaan kalau cewek emang nggak punya tenaga buat brediri? Dan terkesan jadi manja, dan terlihat lemah. Dari sisi lain juga, kita kan nggak tau kenapa cowok itu duduk. Kalau emang lu butuh bilang aja permisi, karena lebih etis daripada harus nyinyir terus curhat di sosmed.” –Afkar (Jurnalistik 2016)

“Yaa suka kesel kalau ngeliat cewek yang minta diprioritaskan di kendaraan umum, padahal baik-baik aja. Menurut gue itu nggak banget, karena cewek bukan gender yang lemah atau inferior sehingga harus diprioritaskan. Jangan jadiin gender itu sendiri sebgai alasan untuk lo ngerasa enak. Secara nggak langsung kalau ada yang berpikir dan bertindak seperti itu berarti dia mencap dirinya sebagai orang yang lemah.” – Victoria Trifena (Strategic Communication 2016)

Nah itu dia Ultimafriends, persoalan sehari-hari yang kadang bikin keki orang-orang sekitar bahkan sesama wanita, yuk mulai sekarang jangan berkoar-koar soal kesetaraan kalau dalam keseharian kamu aja masih minta dikasihanin~

Editor: Vania Evan


Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST