PARA CAMABA, SIAP-SIAP HADAPI KEJUTAN INI

Written by on August 7, 2019

Seperti bayi-bayi baru lahir ke dunia yang pasti menangis karena tidak terbiasa dengan lingkungan barunya, kamu yang akan memasuki dunia perkuliahan yang belum pernah kamu jalani juga butuh adaptasi. Meski sensasi kejut dirasa menantang bagi segelintir orang, we guess it’s better be prepared than surprised.

Nah, daripada kamu ‘terkejut’ saat menghadapi realita kehidupan mahasiswa selama beberapa bulan pertama, lebih baik simak rangkuman dari tim reporter berikut ini biar kamu nggak kena culture shock dengan kehidupan di Gading Serpong dan sekitarnya~

 

Ketemu sama orang individualis

Kalo waktu di SMA kamu punya teman sepermainan yang solid banget, selalu bergerombol dan selalu mementingkan kesejahteraan bersama, jangan harap teman-teman mahasiswa akan berperilaku yang sama. Good for you if you find some friends that you can really count on, tapi rata-rata mahasiswa sudah mulai memikirkan dirinya sendiri, Ultimafriends.

Bukan karena egois, memang kurikulum di perkuliahan secara tidak langsung mencetak mahasiswa untuk jadi individualis. Di bangku kuliah, kelas yang kamu dan temanmu ambil saja belum tentu sama, belum lagi kalau kamu dan temanmu mengambil peminatan yang berbeda meski awalnya satu jurusan, beda kegiatan setelah perkuliahan, dan perbedaan-perbedaan lainnya. Lebih baik mulai biasakan bertahan hidup sendiri tanpa mengandalkan siapa-siapa ya.

Bingung nyari tempat makan dengan harga terjangkau

Poin yang satu ini mungkin terasa banget sama Ultimafriends yang bermigrasi dari Jawa Tengah atau Jawa Timur ke Jabodetabek. Jika biasanya di Solo hanya perlu membayar tiga ribu rupiah untuk sarapan soto ayam lengkap dengan nasi putih, di sini bahkan masih kurang seribu rupiah untuk bisa beli air mineral di kantin UMN. Nggak susah kok nyari tempat makan yang bisa memuaskan perut sekaligus menyelamatkan pundi-pundi rupiah dalam dompet, asal Ultimafriends rela berkelana sebentar di bawah terik matahari, kamu bisa makan siang dengan kenyang, nikmat, juga dengan harga terjangkau.

Logat daerah yang nempel di bibir

Aksen mendayu-dayu, keunikan orang Batak dalam melafalkan huruf E, hingga medok dan ngapak akan kamu temukan di bangku perkuliahan. Keberagaman logat yang menempel di bibir akan memudahkan dalam menebak daerah asal teman-temanmu. Nggak cuma logat, kata-kata yang merupakan bahasa daerah juga secara nggak sengaja ikut terucap dan belum tentu dimengerti semua orang sehingga kamu akan terpaksa meminta temanmu untuk mengulanginya. Walaupun demikian, logat ini malah jadi ciri khas yang bisa menunjukkan karakter seseorang dan nggak harus dihilangkan hanya karena logat bicaramu berbeda dengan yang lain. Seiring menjalani kehidupan di Gading Serpong juga akan hilang dengan sendirinya kok, Ultimafriends. Lagipula, berbeda tidak selalu berarti aneh kan?

Gaya hidup bebas

Ultimafriends yang biasanya punya jam malam—kewajiban harus kembali ke rumah sebelum waktu yang ditentukan orang tua—akan sedikit shock dengan kehidupan sebagai anak kos yang memegang prinsip ‘my life my rules’. Nggak ada yang bakal teriakin kamu untuk beres-beres rumah jam 7 pagi, suruh makan tepat jam 12 siang, dan bikin kopi jam 4 sore. Kamu yang terbiasa hidup teratur akan tahu rasanya tidur pagi karena nongkrong bareng temen-temen atau Netflix and chill di kosan, bangun tidur pas matahari tepat di atas atap kosan, dan makan siang jam 4 sore biar bisa sekalian makan malam demi keamanan dompet di akhir bulan.

Pokoknya nggak ada yang ngatur-tur-tur! Semuanya suka-suka kamu because your life your rules, Ultimafriends! Eits, tapi jangan sampe kebablasan ya. A public service announcement, kebebasan tetaplah harus bertanggungjawab.

Ragu mau berteman dengan mahasiswa dari kota lain

Ultimafriends, mungkin kamu salah satu yang minder pas mau kenalan sama mahasiswa yang berasal dari ibu kota atau kota-kota besar lainnya. Cara berpakaian anak ibu kota yang misalnya lebih menonjol karena mengenakan barang-barang bermerk, cara menghabiskan waktu yang berbeda, atau pemikiran bahwa mereka tidak mau berteman dengan orang dari daerah lain. Minder yang muncul saat berada di lingkungan baru ini wajar adanya, tapi kalau terlalu lama nggak punya teman karena kurang percaya diri juga nggak enak lho, Ultimafriends. Untuk mengatasinya, kamu bisa berteman dengan mahasiswa yang berasal dari daerah yang sama denganmu sambil berusaha berkenalan dengan mahasiswa yang berasal dari kota-kota lain.

Pada akhirnya, some people are scary, but only if you think they are. Try to engage in a conversation and be surprised, ternyata tidak semua orang se-menyeramkan seperti yang kamu kira.

 

Nah, Ultimafriends semoga rangkuman dari tim reporter tentang hal-hal yang akan kamu alami di perkuliahan ini bisa membantumu mempersiapkan diri dan tidak perlu mengalami culture shock di Gading Serpong dan sekitarnya ya~

 

Foto: UMN Radio
Editor: Vania Evan

 


Continue reading

Previous post

FRIDAY


107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST