PAHAMI ATURAN SEBELUM BERKUNJUNG KE MUSEUM MACAN

Written by on May 15, 2018

Ultimafriends, apa feeds dan explore Instagram kamu lagi dibanjiri dengan foto background kuning dan polkadot hitam? Atau background putih dengan polkadot warna-warni?

Kedua hal itu bisa kamu temukan di Museum MACAN yang bertemakan Yayoi Kusama: Life is The Heart of A Rainbow yang diselenggarakan pada 12 Mei sampai 9 September mendatang.

Eits, tunggu dulu, Ultimafriends. Sebelum pergi ke Museum MACAN Yayoi Kusama, ada beberapa peraturan yang harus kamu ikuti. Ingin tahu peraturan apa aja yang berlaku? Simak beberapa di antaranya di artikel ini yuk!

Tinggalkan kamera di rumah

Foto: Instagram @museummacan

Buat kamu yang udah menyiapkan kamera dengan lensa terbaik supaya bisa menghasilkan gambar-gambar yang ciamik, sepertinya kamu harus mengurungkan niat karena dalam pameran kali ini, kamu hanya diperbolehkan untuk mengabadikan momen dengan kamera ponsel tanpa flashlight.

Yah, kok nggak boleh bawa kamera, sih?

Dilansir dari IDN Times, alasannya adalah untuk tetap menjaga kenyamanan pengunjung lain saat melihat karya seni. Kalau kamu memotret dengan kamera, tentu akan memakan waktu lebih lama karena harus mengatur mode kamera terlebih dulu dan memastikan kalau settings-nya pas. Belum lagi kalau kamu harus retake beberapa kali karena hasil foto yang kurang memuaskan. Nggak hanya itu, kamu juga akan menutupi spot yang pastinya juga ingin dilihat oleh orang lain.

Kecilkan suara ketika berbicara

Walaupun beberapa di antara pengunjung art museum itu datang karena ingin memperbaiki feeds Instagram, menghargai sesama pengunjung itu penting lho, Ultimafriends. Kamu harus ingat kalau nggak semua orang yang datang ke museum itu tujuannnya mau foto di beberapa titik yang instagramable. Ada juga pengunjung yang benar-benar ingin menikmati sebuah karya seni. Dan kebanyakan orang baru bisa menikmati karya seni ketika berada di suasana yang tenang.

Ubah ponsel ke mode silent

Kalau ngobrol aja bisa mengganggu kenyamanan pengunjung lain, gimana dengan suara ponsel yang bunyi terus-menerus?

Bunyi dari ponsel akan mengganggu konsentrasi seseorang saat menikmati karya seni. Kalau ponsel kamu sebentar-sebentar mengeluarkan suara, yang ada kamu menerima death glare dari orang-orang di sekelilingmu. Bahkan petugas keamanan bisa memintamu untuk keluar dari area pameran.

Selain itu, usahakan untuk nggak mengangkat telepon yang masuk. Lebih baik berkomunikasi lewat chat ya, Ultimafriends, kecuali kalau udah ditelepon mama papa berkali-kali.

Membawa barang-barang yang diperlukan

 Nah, yang satu ini nggak kalah penting, Ultimafriends. Ketika ingin pergi ke Museum MACAN, kamu cukup bawa barang-barang yang memang dibutuhkan, seperti dompet dan ponsel supaya kamu bisa membawa tas berukuran kecil.

Nggak ada larangan untuk membawa barang-barang dengan ukuran besar, tapi kamu harus menyimpannya di tempat penitipan barang selama berada di area pameran karena dikhawatirkan akan merusak atau menyenggol karya yang ada di dalam galeri. Lagipula kamu nggak bisa foto dengan leluasa kan, kalau bawa barang dengan ukuran besar?

Sekarang kamu bisa mengunjungi Museum MACAN karena udah tahu beberapa aturan yang harus diikuti. Mau foto-foto yang instagramable boleh, tapi jangan sampai mengganggu dan merugikan orang lain ya, Ultimafriends!

 

Tiket masuk pameran Yayoi Kusama: Life is the Heart of a Rainbow ini kamu dipatok harga Rp100.000,- untuk dewasa, Rp90.000,- untuk lansia dan pelajar serta Rp80.000,- untuk anak-anak. Selain itu kamu juga bisa membeli tiket per group loh Ultimafriends! Untuk ketentuan lainnya kamu bisa langsung membuka websitenya di http://www.museummacan.org

Gimana? Apakah kamu tertarik untuk datang kesini? Nanti juga bakal ada tour guide selama pameran ini berlangsung dan lewat tour guide ini kamu juga bisa tau kenapa ya kira-kira Yayoi Kusama sangat obsessed sama polkadot.

 

Editor: Vania Evan

107.7 UMN Radio [CT]

Current track
TITLE
ARTIST