Nostalgia Crowd Penonton di The Sounds Project Virtual Experience

Written by on August 6, 2020

Siapa yang sudah kangen nonton konser musik secara langsung? Beberapa dari Ultimafriends, termasuk tim reporter, mungkin sudah rindu menghadiri konser musik secara offline. As we know, Ultimafriends, pandemi Covid-19 telah menyebabkan sebagian besar kegiatan yang melibatkan massa harus ditunda. Namun nyatanya, tak sedikit pula penyelenggara acara yang mulai mencari solusi untuk tetap menghadirkan hiburan di tengah pandemi. Hal tersebut juga dilakukan oleh The Sounds Project dengan menyuguhkan The Sounds Project Virtual Experience.

The Sounds Project Virtual Experience ditampilkan secara live streaming melalui website KiosTix. Acara ini memuat siaran ulang dari sejumlah penampil di The Sounds Project Vol. 4. Konser yang diadakan selama dua hari, mulai dari 3 hingga 4 Agustus 2020 ini, nampaknya menjadi obat bagi rasa rindu para pecinta musik Tanah Air akan kehadiran konser musik. Adapun, The Sounds Project Virtual Experience hari pertama diisi oleh penampilan Fourtwnty, Jason Ranti, dan The Upstairs. Sedangkan, pelaksanaan event hari kedua dimeriahkan oleh Sisitipsi, Danilla, dan NDX A.K.A.

Meski dilaksanakan secara virtual, The Sounds Project Virtual Experience menyuguhan atmosfer yang mendekati konser musik offline. Ditambah lagi dengan kehadiran subtitle berisi lirik lagu yang dibawakan musisi penampil, penonton semakin diajak untuk sing along seperti ketika berada di tengah konser musik offline. Tak hanya itu, penonton juga diberi ruang interaksi melalui KiosTix Live Chat.

Menariknya, Ultimafriends, kolom live chat ini menjadi wadah nostalgia bagi beberapa penonton. Mereka seolah membayangkan sedang berada di venue konser musik bersama sejumlah penonton lainnya. Ada penonton yang ikut sing along dengan menuliskan lirik lagu. Ada pula komentar yang menirukan suara pedagang minuman keliling di tengah kerumunan penonton, seperti “Kak mijon-nya, Kak.” Selain itu, yang paling unik menurut tim reporter adalah komentar penonton yang menyuruh penonton lain untuk bergeser seolah merasa sempit, serta komentar yang meminta penonton lain untuk berhati-hati di tengah kerumunan. Berikut komentar-komentar penonton The Sounds Project Virtual Experience yang berhasil di-capture oleh tim reporter.

Komentar penonton yang meminta penonton lain untuk bergeser, seolah-olah merasa sempit akibat berada di tengah kerumunan. (Foto: Muhammad Zukhruf Tamzidillah)
Komentar penonton yang meminta penonton lain untuk berhati-hati di tengah kerumunan. (Foto: Muhammad Zukhruf Tamzidillah)

Selain komentar-komentar tersebut, ada juga komentar yang sepertinya mewakili perasaan sebagian besar Ultimafriends, yaitu komentar berupa doa supaya pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga para pecinta musik dapat kembali menyaksikan konser secara langsung.

Komentar berupa doa penonton agar pandemi Covid-19 segera berakhir. (Foto: Muhammad Zukhruf Tamzidillah)

Meski dilakukan secara virtual, The Sounds Project Virtual Experience ternyata berhasil mengajak penonton untuk bernostalgia ke suasana konser musik sebelum pandemi. Berkaca dari pelaksanaan The Sounds Project Virtual Experience ini, konser online nampaknya bisa menjadi alternatif hiburan dan pengobat rindu bagi para pecinta musik di tengah pandemi.

Selain rangkaian The Sounds Project Virtual Experience, The Sounds Project masih akan hadir dengan The Sounds Project Vol. 5 pada 21-22 November mendatang. Semoga saat itu, kamu dan tim reporter sudah bisa bertemu secara langsung di venue dan bukan hanya di kolom chat, ya!

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST