NASIDA RIA: KAMI SENANG BISA MENGHIBUR PENGGEMAR DENGAN EMPAT LAGU

Written by on October 14, 2018

“Kerja lembur bagai kuda, sampai lupa orang tua.”

Ultimafriends, pasti kamu udah nggak asing lagi kan dengan lirik tersebut?

Iklan sebuah pusat perbelanjaan yang sempat viral beberapa waktu lalu itu emang sangat menyita perhatian masyarakat. Apalagi, dengan munculnya grup kasidah sebagai pemeran utamanya.

Hal ini membuat grup kasidah Nasida Ria menjadi sosok yang ditunggu–tunggu penampilannya oleh para penonton Synchronize Fest 2018 hari ketiga. Eits, tapi Ultimafriends tau nggak nih, kalo iklan tersebut sebenarnya nggak dibintangi oleh Nasida Ria? Tenang, kamu nggak sendiri! Karena masih banyak kok yang nggak tahu tentang hal itu. Namun, Dimas Djay selaku sutradara iklan tersebut mengaku kalau iklan itu memang terinspirasi dari Nasida Ria. Sampe-sampe nama grup kasidah dalam iklan itu diplesetin jadi ‘Qasidah Dia’.

Balik lagi ke Synchronize Fest, di tahun ketiganya ini, Synchronize emang banyak memberikan kejutan dari pengadaan fasilitasnya seperti ada movie area, penambahan stage baru yaitu XYZ stage, serta ruangan bermain bagi anak. Tapi nggak cuma dari fasilitas aja, melainkan line up-nya yang keren-keren dan unexpected banget. Salah satunya Nasida Ria ini.

Kalau di hari-hari sebelumnya Dynamic Stage baru ramai sehabis break maghrib, tapi kali ini, ketika Nasida Ria naik ke atas panggung sekitar pukul 17.30, penonton sudah berkumpul dan siap buat goyang bareng. Dan nggak cuma orang tua aja nih Ultimafriends yang enjoy sama penampilannya. Gak disangka ternyata para remaja dan anak kecil juga ikut larut dalam alunan lagu yang dimainkan oleh grup kasidah asal Semarang itu.

Tapi sayang banget nih Ultimafriends, lagi enak-enak goyang sana goyang sini tiba-tiba Nasida Ria udah selesai aja manggungnya dan mengucapkan kata-kata terakhir setelah memainkan lagu Wajah Ayu Untuk Siapa. Kalau dihitung–hitung, mereka hanya menyanyikan empat lagu. Kebayang kan se- sebentar apa?

Mendengar hal itu, penonton langsung berteriak,

“lagi..lagi…lagi..lagi!”

Salah satu teriakan itu muncul dari Vina, mahasiswi semester tiga yang masih ingin tetap joget bersama ketiga temannya. Menurutnya, durasi manggung Nasida Ria terlalu cepat.

“Enjoy banget sih nonton Nasida Ria. Kebetulan juga banyak banget yang nonton dan ikutan joget juga. Itu seru banget sih, kayak kita tuh yang nonton kesini pasti beda-beda genre kesukaannya, tapi pas nonton ini (Nasida Ria) yaudah dijogetin aja di blend-in aja semuanya. Tapi emang cepet banget sih mainnya, sampe tadi kita semua teriak lagi..lagi..lagi,” ucap Vina, salah satu penonton  yang setia menonton dari awal hingga akhir performance Nasida Ria.

Menjawab hal tersebut, tim reporter berhasil mewawancarai salah satu personil Nasida Ria, yaitu Hj. Rien Jamain. Ia berkata, bahwa dirinya dan teman-teman Nasida Ria lainnya tetap senang walaupun hanya bermain sebentar saja. Intinya, mereka senang kalau penggemarnya juga senang.

Anggota dari generasi pertama Nasida Ria yang masih bertahan hingga saat ini, Hj.Rien Jamain. (instagram @nasidariasemarang)

“Alhamdulillah kita senang, yang penting kita bisa menyenangkan penggemar. Kita kangen sama penggemar, penggemar juga kangen sama kita, cuma mereka kecewa katanya waktunya cuma sedikit, tapi kita terima aja karena kita tamu disini,” ucap Rien.

Wah, tapi tim reporter juga setuju sih Ultimafriends, walau hanya menyanyikan empat lagu saja, kita sudah terhibur dengan lantunan-lantunan kasidahnya yang mungkin selama ini cuma kita denger lewat YouTube saja. Well, good job buat Synchronize Fest 2018 karena sudah berhasil konsisten melintasi genre dan generasi. Semoga dengan adanya event seperti ini, kita tetap mencintai musik di negeri sendiri ya Ultimafriends!

Editor: Vania Evan

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST