Mitos dan Fakta Seputar Dunia Perkuliahan Versi UMN Radio

Written by on August 19, 2020

Ultimafriends, kalau ngomongin masa-masa jelang kuliah, kamu akan sering mendengar pernyataan-pernyataan yang berkaitan dengan dunia perkuliahan. Ada yang bilang kuliah lebih asyik dan santai. Ada juga yang menganggap kuliah bikin bokek akibat banyaknya pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan perkuliahan. Apakah benar demikian? Nyatanya nggak jarang pernyataan tersebut hanyalah mitos belaka. Kali ini, tim reporter sudah merangkum mitos dan fakta tentang dunia perkuliahan yang kami melalui pengalaman dan hasil observasi. Penasaran? Let’s check this out!

“Kayaknya kuliah asyik, deh! Balik-balik, bisa langsung nongkrong atau nge-mall bareng teman.”

Nongkrong bareng teman adalah hal yang cocok dilakukan untuk melepas penat pasca kuliah. Tetapi, apakah kamu benar-benar punya waktu untuk nongkrong? (Foto: Richard C.)

Pemikiran tersebut sepertinya dimiliki oleh cukup banyak mahasiswa baru, termasuk tim reporter saat baru memasuki dunia perkuliahan. Sebenarnya sah-sah saja kalau kamu memelihara pemikiran demikian, asalkan kamu adalah orang yang jago menyusun jadwal! Pasalnya, Ultimafriends, ketika kamu memasuki dunia perkuliahan, kamu akan dihadapkan dengan begitu banyak kewajiban dan tanggung jawab, mulai dari tugas kuliah hingga kegiatan organisasi atau kepanitiaan. So, kalau kamu nggak mau say goodbye dengan bayangan indah soal nongkrong dengan teman-teman kampus, nampaknya kamu perlu mulai menyusun jadwal harian dan skala prioritas. Dengan begitu, kamu bisa mengalokasikan waktu khusus untuk pengerjaan tugas, kegiatan organisasi, hingga refreshing dan nongkrong bareng teman~

“Kuliah itu enak, soalnya bisa pakai baju bebas dan dandan kayak gimana aja tanpa khawatir diliatin orang-orang!”

Kuliah adalah saat yang tepat bagi kamu untuk mengekspresikan diri melalui gaya berpakaian karena kamu nggak perlu lagi pakai seragam! (Foto: Richard C.)

Pernyataan ini memang nggak salah sih, Ultimafriends. Saat pergi ke kampus, kamu memang bisa pakai baju bebas, styling rambut sesukanya, bahkan pakai make up yang hampir nggak bisa kamu gunakan saat pergi ke sekolah dulu. Tapi, akan tiba hari ketika kamu bingung mau pakai baju apa lagi. Nggak mustahil juga baju favorit kamu mendapat komentar “itu-itu lagi” dari teman-teman terdekatmu. Soal ini, solusinya ada di diri kamu sendiri, Ultimafriends. Kamu perlu belajar untuk mengambil sisi positif dari setiap komentar dan tidak terlalu memedulikan pandangan orang lain. Yang paling penting, kamu merasa nyaman dengan penampilan kamu!

Selain itu, Ultimafriends, UMN juga melarang mahasiswanya untuk mengenakan pakaian yang tidak sesuai, seperti ripped jeans, atau pakaian tanpa lengan. Oleh sebab itu, meskipun kamu pakai baju bebas, bukan berarti kamu bisa pakai baju apa saja, ya! Kamu bebas mengekspresikan diri melalui fashion dan penampilan, namun harus sesuai dengan koridor yang ditetapkan oleh pihak universitas.

“Kuliah bikin bokek!”

Dompet kosong nggak jarang menjadi permasalahan mahasiswa. (Foto: Richard C.)

Kali ini dengan berat hati harus tim reporter katakan bahwa pernyataan di atas ada benarnya. Kuliah memang membuat duit kamu terkuras untuk memenuhi kebutuhan tugas kuliah, seperti: cetak makalah, pembelian alat-alat gambar, hingga uang transportasi liputan di sana-sini. Belum lagi kalau kepanitiaan yang kamu ikuti mewajibkan kamu untuk membayar uang kas atau mengambil jatahan. Bisa-bisa duit jajan kamu terpakai semua untuk kebutuhan-kebutuhan tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Ultimafriends, kamu bisa mencari uang jajan tambahan dengan part time job atau menjadi freelancer. Tapi, jangan sampai kamu mengabaikan kewajiban untuk berkuliah gara-gara terlalu asyik menambah uang jajan ya, Ultimafriends!

“Kuliah lebih santai dari SMA, ya?”

Meskipun nggak memulai kelas sepagi anak SMA, bukan berarti anak kuliahan belajarnya lebih santai dibanding anak SMA. (Foto: Richard C.)

Perbedaan jadwal mahasiswa dan siswa SMA memang sering kali membuat calon mahasiswa berpikir demikian. Jadwal mahasiswa bisa saja baru dimulai pukul 10 pagi dan selesai pada pukul 2 siang. Sementara itu, anak-anak SMA setiap hari harus memulai pembelajaran sejak pukul 7 pagi hingga 3 sore. Pernyataan tentang gaya belajar di perkuliahan ini sebenarnya bisa masuk ke kategori fakta dan juga mitos.

Dalam perkuliahan, mahasiswa memang memiliki waktu belajar yang lebih fleksibel. Namun, mahasiswa juga dituntut untuk mendalami betul bidang studi yang mereka pelajari, sehingga tugas yang diberikan bisa menyita waktu lebih banyak. Belum lagi, adanya kegiatan organisasi atau kepanitiaan di luar jam kampus yang tak jarang membuat mahasiswa harus pulang larut malam.

Living the College Romance Movie Life

Kuliah bisa menjadi tempat yang tepat buatmu untuk menjalin hubungan, baik pertemanan maupun cinta. (Foto: Richard C.)

Berbicara mengenai hubungan cinta di kampus, kamu mungkin akan ingat dengan serial atau film romantis, seperti Pupus, Weightlifting Fairy Kim Bok-Joo, atau Kuch Kuch Hota Hai, yang mengambil latar belakang dunia perkuliahan. Tontonan tersebut tak jarang menghadirkan bayangan akan kampus yang penuh dengan kisah cinta. Akibatnya, tak sedikit mahasiswa yang berharap akan menemukan kisah cinta bak film romantisnya sendiri di kampus.

Berbeda dengan sekolah yang cakupan pertemanannya sering kali terbatas pada satu wilayah, kampus akan menjadi tempat bagi kamu untuk bisa saling bertemu atau berkenalan dengan orang dari berbagai daerah dan latar belakang. Kamu akan menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan sifat atau kepribadian denganmu. Tak jarang, kamu juga bisa cocok dengan orang yang berbeda kepribadian 180 derajat darimu hanya karena sama-sama gemar makan mi ayam tanpa ayamnya.

Satu hal yang pasti, kampus akan menjadi tempat bagi Ultimafriends untuk dapat menjalin hubungan, entah sekadar pertemanan atau cinta, dengan orang-orang yang belum pernah atau bahkan tidak kamu sangka dapat dipertemukan. It’s gonna be full of surprises! Eh, tapi, jangan merasa sedih atau gagal loh ya, apabila kamu tidak menemukan sosok pacar di bangku kuliah. Sebab, bukan cinta namanya kalau menjadi sebuah tuntutan.

Nah Ultimafriends, itu dia mitos dan fakta seputar dunia perkuliahan yang berhasil dirangkum oleh tim reporter UMN Radio. Dari sejumlah mitos dan fakta yang disebutkan di atas, pernyataan mana yang paling sering kamu dengar?

Editor: Theresia Melinda Indrasari

107.7 FM UMN Radio

Current track
TITLE
ARTIST