HIGHLIGHT

Mengenal Pali-Pali, Budaya Gerak Cepat Asal Korea Selatan yang Buat Kamu Jadi Anti Mager

todayMarch 7, 2022 204 2 5

Background
share close

Ultimafriends, siapa nih yang baru pertama kali mendengar kata Pali-Pali?

Well, Bagi Ultimafriends yang gemar dengan hal-hal berbau Korea Selatan mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata Pali-pali yang nyatanya adalah sebuah budaya asal negara penghasil drama-drama kesukaan reporter hihi…

Namun, bagi Ultimafriends yang belum tahu mengenai budaya Pali-Pali ini, do not worry, because we’re going to talk about that.

Sebenarnya apa sih budaya Pali-Pali itu?

Kata “Ppalli-Ppalli” atau yang dibaca “Pali-Pali” diambil dari bahasa Korea yang berarti “Cepat-Cepat” jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Mudahnya dapat dikatakan bahwa budaya Pali-Pali merupakan kebiasaan dari warga negara Korea Selatan untuk melakukan segala sesuatu dengan cepat.

Mulai dari berjalan dengan cepat, makan dengan cepat, belajar hal baru dengan cepat, beradaptasi dengan cepat, dan semua yang kamu lakukan harus cepat deh pokoknya.

Ppalli, Ppalli! Waktu tidak menunggumu! (Sumber: Unsplash)

 

Lantas, kenapa sih budaya Pali-Pali ini jadi salah satu habit yang cocok untuk ditanamkan dan diterapkan oleh mahasiswa?

Alasannya simple, Ultimafriends….

Sebut saja untuk menghindari kebiasaan seperti menunda pekerjaan atau yang lebih dikenal dengan prokrastinasi, alias budaya alon-alonan yang mengerjakan segala sesuatu dengan perlahan-lahan, akhirnya semua yang dikerjakan mepet dengan deadline.

Nah loh! Siapa tuh yang masih alon-alonan buat ngerjain tugas?

Tanpa Ultimafriends sadari, budaya dan sikap kurang baik yang reporter sebutkan telah memengaruhi kinerja kerja kita. Dampak dari menerapkan budaya dan sikap kurang baik ini sendiri dapat dilihat dari hasil kerja kita yang jadi kurang optimal, loh!

Sebaliknya, apabila kita mengerjakan tugas atau pekerjaan yang dimiliki sesegera mungkin setelah kita mendapatkan tugas tersebut, kita mempunyai lebih banyak waktu untuk mengerjakan tugas yang ada serta mengeceknya kembali. Oleh karena itu, output yang dihasilkan pun akan jauh lebih optimal apabila dibandingkan dengan hasil kerja yang dikerjakan dalam waktu yang mepet, atau lebih parahnya dalam waktu kebut semalam.

Tentunya mengerjakan tugas atau pekerjaan dengan cepat bukan berarti kita dapat mengerjakannya dengan asal-asalan ya, Ultimafriends!

Kita harus tetap memperhatikan kualitas dari hasil kerja kita dan memastikan bahwa apa yang kita kerjakan sudah sesuai dengan apa yang diminta dan kita telah memberikan yang terbaik untuk tugas ataupun pekerjaan tersebut.

Hal ini seturut dengan pernyataan salah satu dosen komunikasi di Universitas Korea Selatan, Kim Dae Joong, yang menyatakan bahwa orang Korea memang senang bekerja cepat, bahkan cenderung terburu-buru. Namun, hasilnya tetap harus sempurna.

Enggak heran deh, kenapa banyak banget produksi asal Korea Selatan yang kini menguasai pasar global.

 

Reaksi Ultimafriends ketika mengetahui sisi positif dari menerapkan budaya Pali-Pali. (Sumber: Giphy)

 

A little reminder, budaya Pali-Pali ini sangat berbeda dengan hustle culture ya Ultimafriends! Apabila hustle culture merupakan gaya hidup yang mengutamakan pekerjaan sebagai prioritas utama dalam hidupnya dan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bekerja bahkan di hari libur sekalipun, budaya Pali-Pali adalah budaya yang berarti melakukan segala aktivitas dengan cepat dan enggak pake nunda-nunda.

Dengan kata lain, budaya Pali-Pali ini bukan berarti gila kerja, melainkan gerak cepat atau kerap kita sebut sebagai gercep.

Nah, sekarang ngaku siapa nih yang masih suka alon-alonan waktu ngerjain tugas kuliah? Kalau Ultimafriends salah satunya, enggak ada salahnya loh untuk mencoba budaya Pali-pali ini!

Featured Image: Unsplash

Editor: Stephanie Risyana

Written by: Adeline Kimline

Rate it

Previous post

ENTERTAINMENT

Absen Selama 2 Tahun, TheOvertunes Sambut Era Baru dengan “Write Me Another Song”

Setelah istirahat sejenak dari industri musik, TheOvertunes akhirnya kembali dengan single baru loh, Ultimafriends! Tepat pada 28 Januari 2022 mendatang, TheOvertunes akan merilis single terbaru setelah absen kurang lebih dua tahun dari industri musik Indonesia. Grup musik yang terdiri atas tiga bersaudara, yakni Mada Emmanuelle Brahmantyo, Reuben Nathaniel Brahmantyo, dan Mikha Angelo Brahmantyo akan kembali dengan single baru berjudul “Write Me Another Song”. Single yang akan rilis Jumat mendatang berkisah […]

todayJanuary 27, 2022 22 4 2

Post comments (0)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


0%